Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur dan Jaringan Tumbuhan

Authors

  • Silviyana Silaban Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Masni Veronika Situmorang
  • Winarto Silaban
  • Mastiur Verawaty Silalahi

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v2i1.273

Keywords:

Model pembelajaran , Process Oriented Guided Inquiry Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur dan Jaringan Tumbuhan  Kelas XI SMA Negeri 4 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pematangsiantar sebanyak 288 siswa. Teknik pengambilan sampel purposive sampling yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda, dengan jenis penelitian  Quasi Exsperimen dengan desain Pre-test and Post-test Control Group Design. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Hasil data siswa dibandingkan berdasarkan kriteria dan data hasil belajar dianalisis dengan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pematangsiantar pada mata pelajaran Biologi materi Struktur dan jaringan pada tumbuhan. Hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai karakteristik baik dan kelas kontrol hanya mencapai pada karakteristik cukup. Mean post-test kelompok eksperimen 70,29 dan mean post-test kelas kontrol 69,78. Hasil uji t (uji hipotesis) menunjukkan nilai pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Kesimpulan yang dapat diambil adalah model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa.

Kata Kunci: Model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning, Hasil Belajar

References

Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsismi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Brown. 2010. A Process Oriented Guided Inquiry Approach to Teaching Medicinalm Chemistry. American Journal of Pharmaceutical Education.

Hanson, David M. 2006. Instructor’s Guided to Process Oriented Guided Inquiry Learning. Stony Brook University: Suny.

Johnson. 2011. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Laili, Nur et al. 2018. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Dengan Process Oriented Guided Inquiry Learning Pada Hasil Belajar. Malang.

Manampiring, Gloria et al. 2019. Penerapan Metode POGIL Pada Materi Konsep Mol di Kelas X IPA SMA Negeri 2 Langowan. Minahasa.

Maulidiawati et al. 2014. Pengaruh POGIL Dan Verifikasi Serta Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Semarang.

Siregar, Syofian. 2014. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Jakarta: Rineka Cipta.

Straumanis. 2010. Classroom Implementation of Process Oriented Guided Inquiry Learning. A Practical Guided for Instructor. College of Charleston: Charleston.

Subarkah, Cucu Zenab. 2010. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis SiswaMelalui Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Jurnal Pengajaran MIPA.

Sudjana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah.

Wahab, Jufri. 2017. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Widyaningsih et.al. 2012. Model MFI dan POGIL Ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Inkuiri 1.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Silaban, S., Situmorang, M. V., Silaban, W., & Silalahi, M. V. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur dan Jaringan Tumbuhan . Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–40. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i1.273

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)