Penerapan Teori Pembelajaran Robert M.Gagne Pada Proses Belajar Matematika SMA

Authors

  • Dina Safira Hutabarat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Tua Halomoan Harahap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ellis Mardiana Panggabean Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v2i2.287

Keywords:

Robert M.Gagne's Learning, Theory, Learning Process

Abstract

Pembelajaran menggunakan teori Gagne dapat dilakukan dengan memanfaatkan sepenuhnya semua sumber informasi sebagai sumber pelajaran; memberikan pemahaman kepada siswa tentang keluasan dan keragaman sumber informasi yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran; mampu menggantikan aktivitas siswa dalam pembelajaran tradisional dengan pembelajaran matematika aktif; dapat meningkatkan motivasi belajar matematika; memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar matematika sesuai dengan kecepatan dan kemampuannya sendiri. Berbagai lingkungan ini akan menentukan apa yang akan dipelajari seseorang dan akan menentukan akan menjadi apa dia nantinya. Bagi Gagne, belajar tidak dapat didefinisikan dengan mudah karena belajar itu kompleks. Dalam pernyataan tersebut dinyatakan bahwa hasil belajar akan mengakibatkan perubahan pada diri seseorang berupa perubahan kemampuan, perubahan sikap, perubahan minat atau nilai pada diri seseorang. Perubahan ini bersifat permanen meskipun hanya sementara. Kedewasaan, menurut Gagne, bukanlah belajar karena perubahan tingkah laku yang terjadi merupakan hasil dari pertumbuhan struktur dan diri manusia itu sendiri.

 

Learning using Gagne's theory can be done by making full use of all sources of information as a source for lessons; giving students an understanding of the breadth and variety of sources of information that can be utilized for learning; able to replace student activities in traditional learning with active mathematics learning; can increase motivation to learn mathematics; provide opportunities for students to learn mathematics at their own pace and ability. These various environments will determine what a person will learn and will determine what he will become later. For Gagne, learning cannot be defined easily because learning is complex. In this statement, it is stated that learning outcomes will result in changes in a person in the form of changes in abilities, changes in attitudes, changes in interests or values in a person. These changes are permanent even if only temporarily. Maturity, according to Gagne, is not learning because changes in behavior that occur result from the growth of the structure and the human self itself.

References

Nurhikmayanti, dkk. 2019. Teori throndike dan implikasinya dalam pembelajaran matematika. FKIP UNMA

Warsita, B. (2008). Teori Belajar M.Gagne dan Implikasinya pada Pentingnya Pusat

Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, vol. XII, no.165.

Bell Gredler, Margaret E, Belajar dan Pembelajaran, Terjemahan Munandir,Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada bekerjasama dengan PAU-UT, 1994.

Gagne, Robert M., The Conditions of Learning, New York: Holt, Rinehart and Winston, 1977.

Gagne, Robert M., The Cognitive Psychology of School Learning, Boston Toronto: Little, Brown and Company, 1985

Miarso, Yusufhadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit Prenada Media, 2004.

Uno, Hamzah B., Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara, 2007.

Suciati, Irawan, Prasetya, Teori Belajar dan Motivasi, Jakarta: Depdiknas, Ditjen PT. PAUUT, 2001.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Hutabarat, D. S., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Penerapan Teori Pembelajaran Robert M.Gagne Pada Proses Belajar Matematika SMA. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 58–65. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i2.287

Issue

Section

Artikel