Penerapan Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus di Sekolah SMA Negeri 3 Medan

Authors

  • Mesayu Ardiningtyas Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Tua Halomoan Harahap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Elis Mardiana Panggabean Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v2i2.294

Keywords:

Piaget's theory, mathematics learning, senior high school, cognitive development stages, problem-solving

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih jauh teori perkembangan kognitif Jean Piaget tentang pembelajaran matematika menurut tingkat berpikir anak di tingkat SMA. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal, artikel, observasi kelas, dan wawancara guru. Teknik pengumpulan data adalah studi kepustakaan dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan kognitif anak pada tahap usia operasional formal (12 tahun – dewasa) dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika di SMA disesuaikan dengan tahapan usianya. Hal ini sesuai dengan penerapan teori perkembangan Jean Piaget. Mengacu pada bagaimana manusia tumbuh, beradaptasi, dan berubah sepanjang perjalanan hidupnya melalui perkembangan fisik, perkembangan kepribadian, perkembangan sosioemosional, perkembangan kognisi (berpikir), dan perkembangan bahasa. Selain itu tingkat pemahaman model dan metode serta penanganan yang digunakan juga berbeda-beda. Hasil penelitian dapat menjadi dasar pengajaran guru agar pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien dan tepat sasaran. Terutama untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional.

 

The purpose of this study is to examine further the theory of cognitive development by Jean Piaget on learning mathematics according to the level of thinking of children at the high school level. Sources of data used in this research are journals, articles, class observations, and teacher interviews. The data collection technique is library research and interviews. Data analysis uses content analysis. The results of this study indicate the cognitive development of children at the formal operational age stage (12 years - adults) in learning mathematics. Mathematics learning in high school is adjusted to its age stages. This is in accordance with the implementation of Jean Piaget's theory of development. Refers to how people grow, adapt, and change throughout their life's journey through physical development, personality development, socio-emotional development, cognition (thinking) development, and language development. In addition the level of understanding of models and methods as well as the handling used also varies. The results of the research can become the basis for teaching teachers so that learning becomes more effective, efficient, and right on target. Especially to realize the achievement of national education goals.

References

Basri, H. (2018). Kemampuan kognitif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran ilmu sosial bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054.

Biantoro, N. O. P. H., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh penilaian kinerja dan kecerdasan emosional berdasarkan project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(2), 89-102. http://dx.doi.org/10.21580/square.2020.2.2.5257.

Fadhilah, S. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding

Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri

Yogyakarta

Hasanah, Y. M., & Jabar, C. S. A. (2017). Evaluasi program wajib belajar 12 tahun pemerintah daerah kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 228-239. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.8546.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurusan Matematika

FMIPA UM

Manullang, M. (2014). Manajemen pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(2), 208-214

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.

Suherman, Erman dkk. (2003) Common Textbook Strtaegi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Ardiningtyas, M., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Penerapan Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus di Sekolah SMA Negeri 3 Medan. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i2.294

Issue

Section

Artikel