Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MAS Ar-Rahman Bubun
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v2i4.165Keywords:
Inquiry Learning, Student UnderstandingAbstract
Permasalahan pembelajaran fiqh pada guru yang dilaksanakan terhadap siswa tidak dapat membangun kesadaran kritis siswa dalam pembelajaran. Guru cenderung menjejalkan ilmu ke dalam otak siswa atau mentransfer ilmu tanpa mengetahui apakah ilmu yang diberikan terserap dengan baik atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana keefektifan model pembelajaran Inquiry Learning dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqh kelas X MAS Ar-Rahman Bubun. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian tindakan berbentuk spiral dan satu siklus ke siklus berikutnya. Hasil penelitian ini adalah : bahwa keefektifan penggunaan model pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas X MAS Ar-Rahman Bubun. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning mengalami peningkatan. Pada analisis hasil tes siklus I dan II terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus II siswa yang nilai tuntas hanya 20 siswa atau 60,61% dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa atau 90,91%.
The problem of learning fiqh on teachers which is carried out for students cannot build students' critical awareness in learning. Teachers tend to cram knowledge into students' brains or transfer knowledge without knowing whether the knowledge provided is well absorbed or not. The objectives of this research are: To find out how the effectiveness of the Inquiry Learning learning model in improving students' understanding of the subject of fiqh class X MAS Ar-Rahman Bubun. This type of research is a Classroom Action Research (PTK) using an action research model in the form of a spiral and one cycle to the next. The results of this study are: that the effectiveness of the use of the Inquiry Learning learning model can improve students' understanding of the subject of Fiqh class X MAS Ar-Rahman Bubun. Student learning outcomes after using the Inquiry Learning learning model have increased. In the analysis of test results in cycles I and II, it can be seen that there is an increase in student learning outcomes, namely in cycle one students who have a complete score of only 20 students or 60.61% and in the second cycle students who completed 30 students or 90.91%.
References
Agama, D. (2018). UU RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Serta UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Dilengkapi Permendiknas No. 11 Tahun 2005 Tentang Buku Teks Pelajaran dan PP RI No.19 Tahun 2005 Tentang SNP. Jakarta: Departemen Agama .
Dzazuli. ( 2020). Ilmu Fiqh. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hamzah, U. (2019). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Utama.
Koto, A. ( 2004). Ilmu Fiqih dan Ushul Fiqih. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Schoenherr, P. (2018). Strategi Pembelajaran Sains. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Senjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenanda Media Grup.
Syarifuddin, A. (2019). Ushul Fiqh. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.
Salim dan Syahrum. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Satria Wiguna. (2019). Implementasi Method Buzz Group Dalam Hasil Belajar Luring Akidah Akhlak di Kelas VIII MTS Miftahul Jannah Tanjung Pura. Religion Education Social Laa Roiba Journal, Vol No 1 N(Oktober), 150–161.
Satria Wiguna. (2021). Fikih Ibadah. Pena Persada.
Wiguna, S. (2021). Pengaruh Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Luring di Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat). Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(1), 61–71. https://doi.org/10.51178/ce.v2i1.187
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Fahmi, Satria Wiguna, Hasbullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.