Pengaruh Media KOKAMI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia

Authors

  • Vani Lastiur Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Masni Veronika Situmorang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Winarto Silaban Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Gunaria Siagian Universitas HKBP Nomensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v2i1.274

Keywords:

Media , KOKAMI , Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Media KOKAMI Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas XI SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pematangsiantar sebanyak 175 siswa. Teknik pengambilan sampel purposive sampling yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda, dengan jenis penelitian  Quasi Exsperimen dengan desain  Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu media pembelajaran KOKAMI  dan variabel terikat adalah hasil belajar. Hasil data siswa dibandingkan berdasarkan kriteria dan data hasil belajar dianalisis dengan uji N-Gain dan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran KOKAMI berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pematangsiantar pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak pada manusia. Hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai karakteristik baik dan kelas kontrol hanya mencapai pada karakteristik cukup. Mean post-test kelompok eksperimen 83,14 dan mean post-test kelas kontrol 76,57. Hal ini menunjukkan indeks N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,599 (sedang) sedangkan N-Gain kelas kontrol sebesar 0,510 (sedang). Hasil uji Independet Sample T-Test menunjukkan nilai thitung (3,116) > ttabel (1,995) yang berarti bahwa media pembelajaran KOKAMI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia, dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,003. Simpulannya adalah media pembelajaran KOKAMI berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa.

Kata Kunci: Media KOKAMI, Hasil Belajar

References

Aqib, Zainal. (2002). Tujuan Pembelajaran. Bandung: Kaifa.

Arsyad. (2006). Pengertian Manfaat Jenis Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad Azhar.(2014). Media Pembelajaran.Jakarta: PT.Rajawali.

Gerlach dan Ely. 2006. Pengertian Media. Jakarta: Dirjen Dikti.

Hakim. 2011.Media Pengajaran KOKAMI kotak kartu misterius. [serial online].

Hamalik, O. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Imas, K. & Berlin, S. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena.

Kartikasari, A. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Kokami (Kotak Kartu Misterius) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 20 Semarang. Digilib UNNES.

Kadir, Abdul.2008. Tuntunan Praktis Belajar Database. Yogyakarta: Andi Offset

Marita, M., & Ismayani, A. (2017). Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa yang Belajar Menggunakan Media Kotak Kartu Misterius ( Kokami ) dengan Roda Impian pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(3), 145–154.

Mulyani, S. 2006. Anatomi Tumbuhan. Yogyakarta.

Nurprikawati, Triliana. (2010). Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Bahasa Pengantar dan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X Imersi SMA Negeri 4 Surakarta. Surakarta: UNS Press.

Paisah, Neneng, dkk 2013. Penerapan Media Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI)untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Skripsi.

Rahmawati, A. M., & Kurniawan, R. Y. (2017). Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis , Aktivitas Belajar Dan Ketuntasan Belajar SMP-SMA Afifah Miftah Rahmawati Riza Yonisa Kurniawan Abstrak. Urnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).

Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Septiadi, R. (2011). Commit To User Commit To User. Febriani Setyaningrum, 6.

Series, W. (2020). Digital Repository Universitas Jember HIPOSPADIA Digital Repository Universitas Jember (Vol. 5, Issue 9).

Sudijo, A. 2009. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.

Sufairoh 2016. Pembelajaran Saintifik dan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Profesional, Vol 5(3): 116-125.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta. Rineka Cipta.

Sardiman AM. (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Utami. (2014). Pengembangan Media Permainan KOKAMI. Jurnal Pendidikan Fisika.

Wahidmurni, D. 2013. Evaluasi Pembelajaran (Kompetensi dan Praktik). Yogyakarta: Nuha Litera.

Widyasari, Apriliana. 2011. Inovasi Permainan Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) pada Materi Gerak Lurus. Surakarta: UNS Press.

Wiraatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yulaelawati, Ella. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Siahaan, V. L., Situmorang, M. V., Silaban, W., & Siagian, G. (2023). Pengaruh Media KOKAMI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia . Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i1.274

Issue

Section

Artikel