Pengaruh Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Di SMA Swasta Tamansiswa Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v1i4.179Keywords:
Hasil belajar, , Media Macromedia flash 8, Respon siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dan kelayakan media serta respon siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Untuk uji kelayakan media macromedia flash 8 mendapat persentase rata-rata 92,25% termasuk kriteria sangat layak digunakan untuk uji respon siswa mendapat persentase rata-rata 86,2% termasuk kriteria sangat baik. Analisis data tes untuk melihat pengaruh media macromedia flash 8 dilakukan dengan uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikan sig. (2-tailed) adalah 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05 membuktikan bahwa terdapat pengaruh media macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa. Jika dijabarkan maka Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 37,73 dan post-test sebesar 77,73 sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 26,93 dan post-test sebesar 31,86
References
Afriyanti, M., Sodikin, S., & Jadmiko, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 Materi Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3). https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3594
Aji, & Suparman. (2013). Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Pokok Bahasan Internet Pada Mata Pelajaran Tik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sma N 6 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika.
Aliyah, M., Koto, S., Jasmanto, A., & Putra, B. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA. 4, 66–71.
Arianti, I., Sri Winar, S. W., & Fajri, R. (2021). Media Pembelajaran Sistem Reproduksi Hewan Dengan Multimedia Berbasis Cooperative Learning. JURNAL TIKA. https://doi.org/10.51179/tika.v6i02.458
Isnaini, M. (2017). PENGARUH METODE PETA KONSEP ( Menggunakan Macromedia Flash ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA THE EFFECT OF MAP CONCEPT METHOD ( Using Macromedia Flash ). 1, 55–60.
khairani, majidah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk Smp Kelas Ix. Jurnal Iptek Terapan, 10(2), 95–102. https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422
Kusuma, P. S., Chamisijatin, L., & Nurwidodo. (2015). Pengaruh macromedia flash terhadap hasil belajar siswa Kelas X IPA SMA Negeri 4 Pasuruan. Peran Biologi Dan Pendidikan Biologi Dalam Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berdaya Saing Global.
Liline, S., Kubangun, M. T., & Heremba, W. N. M. J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Ekologi Hewan Berbasis Macromedia Flash 8 Materi Adaptasi Hewan. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan.
Marpaung, I. Y. O., & Siagian, S. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFFESIONAL 8 KELAS V SD SWASTA NAMIRA. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN. https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i1.5003
Muwaffaq, A., & Mawartiningsih, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 Berbasis Pendekatan Konsep Development of Macromedia Flash 8 Learning Media Based Concept Approach. Proceeding Biology Education Conference.
Nur, I., Mukti, C., & Nurcahyo, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik * Corresponding Author . Email : intanncmukti1@gmail.com Developing Computer- Based Biology Learning Media to Improve the Students ’ Learning Outcomes. 3(2), 137–149.
Nurdin, F., Sulastri, T., & . H. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR (STUDY PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI). Chemistry Education Review (CER), 1. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5607
Nurrohmah, I. R. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Bantarbolang. … : Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Sari, E. I., Huda, N., & Syamsurizal, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme pada Materi Segitiga Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.601
Setioko, D. B., Endramawan, P., & Hariwibowo, A. (2017). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF VISUAL MACROMEDIA FLASH SEBAGAI MODULPERKULIAHAN MOTOR LISTRIK ARUS BOLAK BALIK. JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO). https://doi.org/10.25273/jupiter.v1i2.1020
Studi, P., Teknik, P., Teknik, F., & Kejuruan, D. (2019). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHASIS SISWA KELAS XI TBSM DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. 7(2).
Syahrani, J. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG BUNYI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP. GRAVITY EDU ( JURNAL PENDIDIKAN FISIKA ). https://doi.org/10.33627/ge.v2i2.241
Yuniasti, A., & Wulandari, R. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ANIMASI KOMPUTER MENGGUNAKAN PROGRAM MACROMEDIA FLASH 8. Jurnal Pena Sains.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.