Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Di SMA Negeri 1 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v1i4.181Keywords:
Model Learning Cycle, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa pada Keanekaragaman hayati dan tidak mengunakan model Learning Cycle. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data digunakan tes untuk mengukur hasil belajar mampu mengkaji permasalahan tersebut dan mampu menemukan konsep melalui beberapa proses pembelajaran ini mampu membantu peserta didik dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh model Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle yang digunakan mendapat hasil belajar pada post test kelas eksperimen memiliki persentase rata-rata 72 % dan termasuk kriteria sangat baik, post test kelas kontrol memilki nilai rata-rata 44% dan termasuk kriteria tidak baik menggunakan model Learning Cycle . Analisis data tes untuk melihat pengaruh model Learning Cycle dilakukan uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis ddapatkan thitung dan ttabel (3,298 > 2,386). Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh model Learning Cycle
References
Andini, O., Saputra, R., & Putri, S. R. (2021). Pengaruh Model Learning Cycle “5E” Terhadap Hasil Belajar Ipa Tema I Sub Tema I Siswa Kelas VI di SDN 17 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Dharmas Education Journal, 02(02), 295–300.
Andriawan, Y., & B, I. G. P. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 67–71. https://core.ac.uk/download/pdf/230725746.pdf
Asriyadin, Yus’iran, & Fikri, H. N. (2016). Pengaruh Model Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 63–67. http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/34/25
Belajar, H., & Siswa, F. (2018). Relativitas, Vol. 1, No. 1, Oktober 2018. 1(1), 1–8.
Faizan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Materi Tatanama SMAN 1 Kuantan Mudik. Jom Ftk Uniks, 1(2), 302–313.
Farhati, Z. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Sistem Endokrin. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34374
Hadi, K., & Putriani, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Bionatural, VIII(2), 18–30.
Jatmiko, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Ipa. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 53–65. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1263
Mabsuthoh, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Massa Jenis. Economica, 6(1), 72–86.
N.W. Pastini, I.N. Jampel, & N.K. Widiartini. (2022). PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DENGAN PENGENDALIAN MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 14–24. https://doi.org/10.23887/jpepi.v12i1.854
Nur, S. S., & Noviardila, I. (2021). Kajian Literatur Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu. Journal of Education Research, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.38
Pratama, A. R., Sesmiarni, Z., Barat, S., & Barat, S. (2022). PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMA NEGERI 4 KOTA BUKITTINGGI Andyrezky24@gmail.com Pendahuluan. 1(1), 383–392.
Rosidi, A., & Muslim, S. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Memasang Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 161–169. http://journal.unnes.ac.id/
Sakdiah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 1. https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1192
Senindra, H., Muslim, M., & Fathurohman, A. (2013). Pengaruh Modelpembelajaran Learning Cycle 5E. 1–7.
Septian, D. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 6–16. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/64
Sugiantara, I. P., Kusmariyatni, N., & Margunayasa, I. G. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Gugus Vii Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/673
Utami, Z. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Sendangadi 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (1), 267.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.