Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI Di SMA Swasta Tamansiswa Pematang Siantar

Authors

  • Reja J Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Mastiur Verawaty Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Srinatalia Silaen Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v1i4.180

Keywords:

Hasil belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching, Learning

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Tamansiswa Pematang Siantar dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sel. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian quasi eksperiment dengan desain ialah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini digunakan tes yang berupa pilihan berganda sebagai alat pengumpulan data untuk menguji hasil belajar siswa. Pemanfaatan model pembelajaran contextual teaching and learning dilakukan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam kaitan pencapaian pengetahuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dianalisis adalah 0,000 sedangkan nilai signifikansi adalah 0,05 yang artinya sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sel di SMA Swasta Tamansiswa Pematang Siantar

References

Amalia, Y. dan Rasiman, R. (2019) “Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching Learning) dengan Media Pohon Hitung terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung,” International Journal of Elementary Education, 3(2), hal. 186–193.

Aningsih, A. dan Zahrani, M. (2019) “Peningkatan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model contextual teaching and learning (CTL),” Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), hal. 48–56.

Arikunto, S. (2009) “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).”

Kasmawati, K. (2017) “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA MAN 1 Makassar.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Putri, D.L. dan Ritonga, S. (2021) “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Swasta Kemala Bhayangkari 2 Rantauprapat,” Jurnal Edu-Bio: Education and Biology, 3(2), hal. 1–7.

Sudjana, N. (2002) “Metode Statistika Penerbit Tarsito.” Bandung.

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Pasaribu, R. J., Silalahi, M. V. ., & Silaen, S. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI Di SMA Swasta Tamansiswa Pematang Siantar. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 182–187. https://doi.org/10.59086/jkip.v1i4.180