Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI Di SMA Swasta Tamansiswa Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v1i4.180Keywords:
Hasil belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching, LearningAbstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Tamansiswa Pematang Siantar dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sel. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian quasi eksperiment dengan desain ialah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini digunakan tes yang berupa pilihan berganda sebagai alat pengumpulan data untuk menguji hasil belajar siswa. Pemanfaatan model pembelajaran contextual teaching and learning dilakukan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam kaitan pencapaian pengetahuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dianalisis adalah 0,000 sedangkan nilai signifikansi adalah 0,05 yang artinya sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sel di SMA Swasta Tamansiswa Pematang Siantar
References
Amalia, Y. dan Rasiman, R. (2019) “Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching Learning) dengan Media Pohon Hitung terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung,” International Journal of Elementary Education, 3(2), hal. 186–193.
Aningsih, A. dan Zahrani, M. (2019) “Peningkatan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model contextual teaching and learning (CTL),” Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), hal. 48–56.
Arikunto, S. (2009) “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).”
Kasmawati, K. (2017) “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA MAN 1 Makassar.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Putri, D.L. dan Ritonga, S. (2021) “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Swasta Kemala Bhayangkari 2 Rantauprapat,” Jurnal Edu-Bio: Education and Biology, 3(2), hal. 1–7.
Sudjana, N. (2002) “Metode Statistika Penerbit Tarsito.” Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.