Focus and Scope
Fokus dan Ruang Lingkup
Fokus
Tut Wuri Handayani: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada publikasi hasil penelitian dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan. Jurnal ini menjadi wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi pendidikan untuk menyebarluaskan temuan penelitian yang berkontribusi pada pengembangan teori dan praktik pendidikan. Tut Wuri Handayani mendorong artikel yang menonjolkan inovasi, pendekatan ilmiah, serta solusi terhadap permasalahan pendidikan di berbagai jenjang.
Ruang Lingkup
Tut Wuri Handayani mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan pada bidang-bidang berikut:
1 Media Pembelajaran
- Pengembangan media pembelajaran inovatif
- Media pembelajaran berbasis teknologi
- Media pembelajaran konvensional
- Evaluasi efektivitas media pembelajaran
- Media pembelajaran untuk pendidikan inklusif
2 Model Pembelajaran
- Pengembangan model pembelajaran
- Implementasi model pembelajaran inovatif
- Model pembelajaran kooperatif
- Model pembelajaran berbasis masalah
- Model pembelajaran kontekstual
3 Pendekatan Pembelajaran
- Pendekatan saintifik dalam pembelajaran
- Pendekatan konstruktivis
- Pendekatan behavioristik
- Pendekatan humanistik
- Pendekatan kognitif
4 Strategi Pembelajaran
- Strategi pembelajaran langsung
- Strategi pembelajaran tidak langsung
- Strategi pembelajaran interaktif
- Strategi pembelajaran mandiri
- Strategi pembelajaran melalui pengalaman
5 Metode Pembelajaran
- Metode ceramah dan diskusi
- Metode demonstrasi dan eksperimen
- Metode penemuan dan inkuiri
- Metode proyek dan simulasi
- Metode pembelajaran kolaboratif
6 Teknik Mengajar
- Teknik bertanya efektif
- Teknik pemberian umpan balik
- Teknik pengelolaan kelas
- Teknik presentasi dan penjelasan
- Teknik evaluasi proses pembelajaran
7 Taktik Mengajar
- Taktik memotivasi siswa
- Taktik mengatasi kesulitan belajar
- Taktik pengelolaan waktu pembelajaran
- Taktik penanganan siswa berkebutuhan khusus
- Taktik penguatan karakter siswa
8 Pendidikan Anak Usia Dini
- Pengembangan kurikulum PAUD
- Metode pembelajaran anak usia dini
- Perkembangan kognitif dan motorik anak
- Pendidikan karakter pada anak usia dini
- Manajemen lembaga PAUD
9 Pendidikan Agama Islam dan Sosial Humaniora
- Pendidikan agama Islam
- Pendidikan IPS dan sejarah
- Pendidikan kewarganegaraan
- Pendidikan bahasa dan sastra
- Pendidikan seni dan budaya
10 Pendidikan Matematika dan Sains
- Pendidikan matematika
- Pendidikan IPA (Fisika, Kimia, Biologi)
- Pendidikan teknologi dan rekayasa
- Pembelajaran STEM/STEAM
- Pengembangan literasi sains
11 Bimbingan dan Konseling Pendidikan
- Layanan bimbingan belajar
- Layanan bimbingan karir
- Layanan bimbingan pribadi-sosial
- Konseling individual dan kelompok
- Assesmen dalam bimbingan konseling
12 Teknologi Pendidikan
- Pembelajaran berbasis digital
- E-learning dan blended learning
- Media pembelajaran berbasis TIK
- Game-based learning
- Pengembangan platform pembelajaran
13 Pendidikan Karakter
- Pengintegrasian pendidikan karakter dalam kurikulum
- Model pendidikan karakter
- Pendidikan moral dan etika
- Pembentukan karakter melalui pembelajaran
- Evaluasi pendidikan karakter
14 Pendidikan Kebutuhan Khusus
- Pendidikan inklusif
- Strategi pembelajaran untuk ABK
- Pengembangan media pembelajaran inklusif
- Assesmen dan evaluasi untuk ABK
- Kebijakan dan manajemen pendidikan inklusif
Catatan: Tut Wuri Handayani mendorong naskah yang menunjukkan kontribusi nyata terhadap pengembangan teori dan praktik pendidikan, inovasi pembelajaran, serta integrasi nilai-nilai pendidikan dalam membangun karakter peserta didik.