Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v1i4.182Keywords:
Discovery Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI SMA Negeri 1 Pematang Siantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA yang masing-masing tiap kelasnya berjumlah 36 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu berupa soal pre test dan post test. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata pada hasil belajar kelas eksperimen 80,2 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol yaitu 75,8. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang diperoleh dari hasil belajar thitung> ttabel atau 2,204 > 1,667. Kesimpulan dari penelian ini yaitu terdapat pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar pada siswa
References
Bil Tumeak, M. S. 2017. Penerapan ModelPembelajaranDiscovery Learning.
Vol 5 No 1 (Jan – Feb 2017) , 76-79
Dahar, Ratna Willis. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit. Erlangga
Indri Dwi Salsabila1, A. T. 2019. Pengaruh Penerapan Model Discovery
Learning . Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI , 336-344
Oktarina, Opi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi. Batusangkar: Institut Agama Islam Negeri
Sanjaya, S. K. 2019, Februari-Juli. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran. pp. 1-12
Sani, R. A. 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.