Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Kelas pada Pembelajaran IPS

Authors

  • Dwiga Kurniasari Universitas Negeri Semarang
  • Shinta Puspitasari Universitas Negeri Semarang
  • Siska Sukma Ayu Liatul Fitria Universitas Negeri Semarang
  • Azahratul Firdaussiyah Universitas Negeri Semarang
  • Yosepa Juliana Sihombing Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Puji Astuti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v4i2.740

Keywords:

Class Management, Learning Planning, Teacher

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat SMP. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokus kontekstual di SMP Negeri 41 Semarang, yang merepresentasikan keberagaman karakteristik peserta didik dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru IPS, dan perwakilan siswa. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dipahami sebagai panduan utama yang mendukung efektivitas proses belajar mengajar, meningkatkan kesiapan mengajar guru, serta membantu guru beradaptasi terhadap dinamika kelas. Selain itu, dukungan institusi melalui supervisi berkala, pelatihan internal, dan forum MGMP turut memperkuat pelaksanaan perencanaan di sekolah. Disarankan untuk guru dalam penelitian selanjutnya untuk terus mengembangkan keterampilan reflektif dan adaptif dalam menyusun serta menerapkan perencanaan pembelajaran, termasuk dalam memanfaatkan media digital dan strategi yang inovatif.
 
This study aims to analyze the role of lesson planning in enhancing teachers’ ability to manage classrooms in Social Studies (IPS) instruction at the junior high school level. The novelty of this research lies in its contextual focus at SMP Negeri 41 Semarang, which represents the diversity of student characteristics in the implementation of the Independent Curriculum (Kurikulum Merdeka). This study employs a descriptive qualitative approach, with data collected through in-depth interviews and documentation. The informants in this study consist of the vice principal for curriculum affairs, a Social Studies teacher, and a student representative. Data analysis follows the Miles and Huberman model, which includes data reduction, data display, and conclusion drawing. The findings indicate that lesson planning is understood as a primary guide that supports the effectiveness of the teaching and learning process, enhances teachers’ instructional preparedness, and assists them in adapting to classroom dynamics. In addition, institutional support through regular supervision, internal training, and participation in teacher working groups (MGMP) reinforces the implementation of lesson planning at school. It is recommended for teachers in further research to continue to develop reflective and adaptive skills in compiling and implementing learning plans, including in utilizing digital media and innovative strategies

References

Aini, T. N., Nita, C. I. R., & Sugiarti, A. (2024). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional PPG UNIKAMA, 1, 621–632. https://conference.unikama.ac.id/artikel/

Devian, L., & Darmansyah. (2023). Differentiated Learning and Motivation Mathematic Learning Outcomes of Class V Student At SDN 09 Kampung Melayu. Jurnal CERDAS Proklamator, 11(1), 52–62. https://doi.org/10.37301/cerdas.v11i1.163

Emmer, E., Evertson, C., & Poole, I. (2021). Classroom Management for Middle and High School Teachers (11th ed.). Pearson Education, Inc.

Faradila, Z. P. (2024). Peran Perencanaan dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Aktif dan Menarik. Karimah Tauhid, 3(5), 6046–6053. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13282

Hasanah, M., Sartika, D., Hasugian, A., & Hasanah, A. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Interaktif: Peran Kreativitas Guru dalam Desain Lembar Kerja Peserta Didik. MIND: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i1.434

Kemendikbudristek. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 47 Tahun 2023 Tentang Standar pengelolaan Pendidikan. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 1–16. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20230810_163641_2023pmkemdikbud47.pdf

Kurniawan, T. (2022). Pembelajaran IPS dengan aplikasi Quizizz untuk menciptakan pembelajaran menyenangkan di SMP. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(1), 97–108. https://doi.org/10.37729/jpse.v8i1.2117

Lase, F. (2022). Peran Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 149–157. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.22

Maulida, A., & Lubis, J. P. (2024). Peran Perencanaan Pembelajaran Dalam Pemberdayaan Pendidik. Karimah Tauhid, 3(5), 5646–5654. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13194

Maya, M. D., Rif’an, M., A, S. R. D., Hadi, R. T., Gultom, I., & Ikhlas, M. (2025). Fleksibilitas Dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 060877 Medan. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(2), 208–216. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i2.1673

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (a Methods Sourcebook) (K. Perry, Ed.; Third, Vol. 11, Issue 1). SAGE Publication, Inc.

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327

Nadlir, Maghfiroh, L., Maulidafi, V., & Chusniyatin. (2024). Fungsi Perencanaan Pembelajaran Dalam Mendukung Peningkatan Kompetensi Guru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7046–7052. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27630

Najah, N., Istiqomah, Solihatun, S., Kholis, Z., & Akmalia, R. (2024). Pengaruh Perencanaan Pendidikan terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ihwanul Muslimin II Tembung. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(6). https://edu.ojs.co.id/index.php/jpit/article/view/439

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Apriliana, R. (2021). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Terhadap Peningkatan Kualitas Dan Mutu Pendidik Dalam Kegiatan Mengajar Di SDN Banjar 1. Didaktik : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 7(02), 619–627. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.224

Rahmawati, R., Hazirah, A., Rahmawati, D., Jatiningtyas, R., Larassati, E., Sukardi, R. R., & Yuniarti, Y. (2023). Persepsi Guru terkait Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar. Teaching, Learning and Development, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.62672/telad.v1i1.8

Rani, E. N., Kusuma, F. P. I., Putri, R. D. R., Syahrial, & Universitas, S. N. (2022). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV SDN 55/I Sridadi. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4, 265–276. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384

Saputri, A. M., Nanda, A. F., Imtyaz, A. A., Trihantoyo, S., & Nuphanudin. (2024). Analisis Perencanaan Kebutuhan Guru dan Tu dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMPN 28 Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 143–148. https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.229

Susanti, L., Achyar, N., Gistituati, N., Widiawati, & Ginanjar, S. (2024). Peningkatan Keterampilan Guru Membuat Modul Ajar yang Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif Berbasis Kurikulum Merdeka. Dedikasi PKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 168–177. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i1.36061

Umi, Zahrotul. Mujiyatun. F. M. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa Di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(2), 2013–2015. https://www.journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/106

Wati, S. F., Saputra, A. A., & Efriliyanti, L. (2024). Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Menciptakan Lingkungan Positif. Journal of Education Management Research, 2(1), 38–46. https://journal.cahyaedu.com/index.php/jemr/article/view/42

Wau, Y. (2022). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMA Swasta Katolik Bintang Laut. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.3

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Yusnaldi, E., Aulia, D., Handayani, N., Suhaila, N., Sari, I., & Sukma, D. P. (2023). Strategi Guru dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Keefektifan Belajar pada Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30127–30132. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11865

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Kurniasari, D., Puspitasari, S., Fitria, S. S. A. L., Firdaussiyah, A., Sihombing, Y. J., & Astuti, D. P. (2025). Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Kelas pada Pembelajaran IPS. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 87–97. https://doi.org/10.59086/jkip.v4i2.740

Issue

Section

Artikel