Dampak Pergaulan Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Di Sekolah SMP Negeri 2 Bokat Kabupaten Buol

Authors

  • Novia Klaudia I. Marhum Universitas Negeri Gorontalo
  • Lucyane Djaafar Universitas Negeri Gorontalo
  • Asmun Wantu Universitas Negeri Gorontalo
  • Nopiana Mozin Universitas Negeri Gorontalo
  • Ariyanto Nggilu Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v4i2.908

Keywords:

Socializing, Students, Deviant Behavior

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh perilaku menyimpang siswa yang dipicu oleh pola pergaulan dan lingkungan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pergaulan yang kurang tepat saat ini berpengaruh terhadap perkembangan pribadi siswa. perilaku menyimpang siswa yang dipicu oleh pola pergaulan dan lingkungan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pergaulan yang kurang tepat saat ini berpengaruh terhadap perkembangan pribadi siswa. Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui dan menganalisis bagaimana dampak pergaulan terhadap perilaku menyimpang siswa di sekolah SMP Negeri 2 bokat serta bentuk upaya yang telah dilakukan pihak sekolah dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena bertujuan untuk mengetahui dampak pergaulan terhadap perilaku menyimpang siswa di SMP Negeri 2 Bokat. Sumber data dalam penelitian ini yaitu hasil wawancara yang akan dilaksanakan oleh peneliti terhadap Informan atau Narasumber dari Sekolah SMP Negeri 2 Bokat. Berdasarkan Hasil penelitian ditemukan bahwa pergaulan memberikan dampak terhadap perilaku menyimpang siswa di SMP Negeri 2 Bokat. Sebagaimana ditemukan bahwa banyak siswa yang melakukan perilaku menyimpang disekolah sebagian besar adalah akibat dari pergaulan yang mereka jalani, baik dirumah ataupun pada lingkungan masyarakat. Kondisi siswa di SMP Negeri 2 Bokat kerap kali melakukan pembulian, bolos dan kenakalan hingga ada yang merusak fasilitas sekolah. Hal ini sebagian besar diakibatkan oleh apa yang mereka dapatkan dari pergaulan mereka. Dalam hal upaya yang telah dilaksanakan oleh pihak sekolah dalam mengtasi perilaku menyimpang siswa, di SMP Negeri 2 Bokat, ditemukan bahwa upaya yang telah dilaksanakan oleh pihak sekolah meliputi beberapa upaya pelaksnaannya, diantaranya melalui tata tertib, proses pembelajaran dikelas dan juga komunikasi dengan pihak orang tua dan pemberian sanksi sebagai efek jera kepada siswa.
 
The background of this research is deviant behavior of students triggered by social patterns and the environment of students in everyday life. Inappropriate social interactions currently affect students' personal development. Deviant behavior of students triggered by social patterns and the environment of students in everyday life. Inappropriate social interactions currently affect students' personal development. The purpose of this study is to determine and analyze the impact of social interactions on deviant behavior of students at SMP Negeri 2 Bokat and the forms of efforts that have been made by the school in overcoming deviant behavior of students. This study uses a qualitative approach because it aims to determine the impact of social interactions on deviant behavior of students at SMP Negeri 2 Bokat. The data source in this study is the results of interviews that will be conducted by researchers with Informants or Resource Persons from SMP Negeri 2 Bokat. Based on the results of the study, it was found that socializing has an impact on deviant behavior of students at SMP Negeri 2 Bokat. As found that many students who engage in deviant behavior at school are mostly the result of the socializing they do, both at home and in the community. The condition of students at SMP Negeri 2 Bokat often bullies, skips school and misbehaves to the point that some damage school facilities. This is mostly caused by what they get from their socializing. In terms of efforts that have been implemented by the school in overcoming deviant behavior of students, at SMP Negeri 2 Bokat, it was found that the efforts that have been implemented by the school include several implementation efforts, including through regulations, learning processes in class and also communication with parents and giving sanctions as a deterrent effect to students.
 

References

Aini, N. (2018). Pengaruh Pergaulan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 1 Kecamatan Terusan Nunyai. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

Anggita, A. D., Purnamasari, I., & Rais, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Menyimpang Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di SD Negeri Pleburan 03 Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 1-5.

Budijarto, A. (2020). Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila. Jurnal Lemhannas RI, 5-21.

Firdaus, F. (2022). Pengaruh Lingkungan Pergaulan dan Disiplin Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak MA Yapmi Dumai. JURNAL TAFIDU: Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai, 125-133.

Fitriyah, L. (2016). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Hartono, D. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan: Psikologi. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Leksana, J. C. (2023). Mengembangkan Kesadaran Sosial : “Kunci Mengatasi Masalah Pergaulan di Sekolah”. Binus University.

Magdalena, M. (2010). Melindungi anak dari seks bebas. Jakarta: Grasindo.

Mukhlis, A. (2015). Perilaku sosial anak remaja korban broken home dalam berbagai perspektif (Suatu penelitian di SMPN 18 kota Banda Aceh). Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 30-50.

Rosyanti, L., & Hadi, I. (2016). Konsep Manusia Sehat Atau Sakit. Health Information, 39-52.

Salim, P., & Salim, Y. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Modern EnglishPress.

Sari, A. K., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2016). Sari, Anggun Kumayang, Nina Kurniah, and Anni Suprapti. "Upaya guru untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini di gugus hiporbia.". Jurnal Ilmiah Potensia, 1-6.

Septiawati, F. H. (2018). Perilaku Menyimpang Siswa Sebagai Representasi Diri Pada Usia Transisi Menuju Dewasa (Studi Kasus: Di Smp Negeri 2 Mojoanyar). Paradigma, 1-8.

Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zulkhairi, Arneliwati, & Nurchayati, S. (2018). Studi Deskriptif Kualitatif: Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Menyimpang. Jurnal Ners Indonesia, 147-157.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Klaudia I. Marhum, N., Djaafar, L., Wantu, A., Mozin, N., & Nggilu, A. (2025). Dampak Pergaulan Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Di Sekolah SMP Negeri 2 Bokat Kabupaten Buol. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 98–105. https://doi.org/10.59086/jkip.v4i2.908

Issue

Section

Artikel