Penerapan Pendidikan Karakter Dalam kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 1 Biluhu

Authors

  • Hamzah M. Tuma Universitas Negeri Gorontalo
  • Rasid Yunus Universitas Negeri Gorontalo
  • Asmun Wantu Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v4i2.776

Keywords:

Implementation, Character Education, Independent Learning Curriculum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMAN 1 Biluhu. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan informan kunci yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, serta guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter seperti religiusitas, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan toleransi telah diintegrasikan ke dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, serta Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis proyek. Guru berperan sebagai fasilitator dan teladan dalam membimbing siswa melalui pembelajaran yang aktif dan kontekstual. Namun demikian, masih terdapat beberapa tantangan, seperti rendahnya kesadaran siswa akan pentingnya karakter, penggunaan bahasa yang tidak pantas, serta pengaruh negatif dari luar. Untuk mengatasi permasalahan ini, sekolah terus mendorong kebiasaan positif, meningkatkan peran guru, dan memperkuat kolaborasi dengan orang tua siswa.

References

Adhani, Y., Lukum, R., & Nurdin, A. (2023). Kajian Nilai-Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa Sebagai Penguatan Karakter Religius Pada Peserta Didik (Studi Kasus SMP Negeri 1 Kota Gorontalo Dan SMP Negeri 2 Kota Gorontalo). Jambura Journal Civic Education, 226-236.

Aditomo, A. (2022). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Agus, Z. (2023). Pendidikan Karakater Menurut Abdul Majid Dan Dian Andayani Dalam Perspektif Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 36–47.

Aisyah, L. M., Rizqiqa, R. F., Putri, D. R., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At-Ta`lim: Jurnal Pendidikan, 162-172.

Barlian, C. U., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Joel: Journal of Educational and Language Research, 2105-2118.

Budiyanto, M., & Subiyantoro. (2019). Laporan Penelitian Pendidikan Karakter Religuius Calon Perwira Perhubungan Studi Sosiologis Pendidikan Kepribadian Islam Taruna Pada Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh. Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dewantara, K. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 68-74.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan karakter: konsepsi & implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, & masyarakat. Bengkulu: Perpustakaan Universitas Bengkulu.

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 mengatur tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendikbud Ristek Nomor 262/M/2022 adalah Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Rahayu, R., Ali, S., & Hidayah, R. (2022). The Current Digital Financial Literacy and Financial Behavior in Indonesian Millennial Generation. Journal of Accounting and Investment, 78-94.

Soejono, S. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soemardjan, S. (1962). Perubahan Sosial di jogjakarta. New York: Ithaca: Cornell University Press.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Slemen: Deepublish.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter Konsepsinya dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Tuma, H. M., Yunus, R., & Wantu, A. (2025). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 1 Biluhu. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 68–76. https://doi.org/10.59086/jkip.v4i2.776

Issue

Section

Artikel