Penerapan Pendidikan Karakter Dalam kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 1 Biluhu
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v4i2.776Keywords:
Implementation, Character Education, Independent Learning CurriculumAbstract
References
Adhani, Y., Lukum, R., & Nurdin, A. (2023). Kajian Nilai-Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa Sebagai Penguatan Karakter Religius Pada Peserta Didik (Studi Kasus SMP Negeri 1 Kota Gorontalo Dan SMP Negeri 2 Kota Gorontalo). Jambura Journal Civic Education, 226-236.
Aditomo, A. (2022). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Agus, Z. (2023). Pendidikan Karakater Menurut Abdul Majid Dan Dian Andayani Dalam Perspektif Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 36–47.
Aisyah, L. M., Rizqiqa, R. F., Putri, D. R., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At-Ta`lim: Jurnal Pendidikan, 162-172.
Barlian, C. U., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Joel: Journal of Educational and Language Research, 2105-2118.
Budiyanto, M., & Subiyantoro. (2019). Laporan Penelitian Pendidikan Karakter Religuius Calon Perwira Perhubungan Studi Sosiologis Pendidikan Kepribadian Islam Taruna Pada Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh. Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Dewantara, K. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.
Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 68-74.
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan karakter: konsepsi & implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, & masyarakat. Bengkulu: Perpustakaan Universitas Bengkulu.
Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 mengatur tentang Standar Nasional Pendidikan.
Permendikbud Ristek Nomor 262/M/2022 adalah Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Rahayu, R., Ali, S., & Hidayah, R. (2022). The Current Digital Financial Literacy and Financial Behavior in Indonesian Millennial Generation. Journal of Accounting and Investment, 78-94.
Soejono, S. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soemardjan, S. (1962). Perubahan Sosial di jogjakarta. New York: Ithaca: Cornell University Press.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Slemen: Deepublish.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter Konsepsinya dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hamzah M. Tuma, Rasid Yunus, Asmun Wantu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Dzulfajar Y Horop, Zulaecha Ngiu, Asmun Wantu, Efektivitas Penegakan Aturan Tata Tertib Sekolah SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo , Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Vol. 4 No. 2 (2025): Juni 2025
- Novia Klaudia I. Marhum, Lucyane Djaafar, Asmun Wantu, Nopiana Mozin, Ariyanto Nggilu, Dampak Pergaulan Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Di Sekolah SMP Negeri 2 Bokat Kabupaten Buol , Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Vol. 4 No. 2 (2025): Juni 2025