Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok Terhadap Keseimbangan Anak Kelompok A Di RA Hidayatul Ihsan NW Tebaban

Authors

  • Samsul Mujtahidin Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Sry Anita Rachman Institut Pendidikan Nusantara Global

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v1i3.159

Keywords:

Keseimbangan, Permainan Tradisional, Egrang Batok

Abstract

Permainan tradisional egrang batok adalah permainan yang dapat digunakan guru dalam melatih keseimbangan tubuh anak, permainan ini tidak hanya dilakukan di sekolah melainakan bisa dilakukan di rumah. Keseimbangan pada nak sangat perlu untuk dilatih, sehingga penguasaan gerak motorik anak akan menghasilkan keseimbangan yang optimal. Untuk itu penelitian ini bertujuan melihat sejauah mana pengaruh permainan tradisional egrang batok terhadap keseimbangan anak.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment, dengan rancangan Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A RA Hidayatul Ihsan NW tebababn dan sampel yang digunakan adalah siswa kelompok A1 dan A2. Pengukuran keseimbangan menggunakan Stork Stand Test. Pemberian latihan permainan tradisional egrang tempurung kelapa pada kelompok perlakuan menghasilkan 30 responden (100%) yang mengalami peningkatan keseimbangan statis dan dinamis yang sangat signifikan.  Ada pengaruh permainan tradisional egrang batok terhadap keseimbangan anak usia dini.

References

Clarck, M. & Luccet, C.S. 2010. NASM’s Performance Training Journal Vol.6 No. 5 : 16-20

Rahmawati, W. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Terhadap Keseimbangan. JURNAL PIKes Vol 1 (1), Agustus 2020, 22 - 27.

Maryanti, E., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Board Games Berbasis Permainan Tradisional Egrang Batok untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4212-4226.

Rita Kurnia. (2011). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendekia Insani.

Utami, K. P. (2021). PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG TEMPURUNG. Jurnal Sport Science, 7-11.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771-778.

Handoko, D., & Gumantan, A. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Olahraga di SMAN 1 Baradatu. Journal Of Physical Education, 2 (1), 1-7.

M. Fadillah. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group

Irwan P. Ratu Bangsawan. (2019). Direktori Permainan Tradisional. Sumatra Selatan: Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata

Sri Mulyani. (2013). Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta :Langensari Publishing

Alamsyah, W. N. C., Sukamti, E. R., & Kurniawan, F. (2021). Pengembangan rocking bike untuk mengoptimalkan keseimbangan tubuh pada anak usia dini. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 17(2), 130-141.

Ashandi, D. A., & Astuti, W. (2021). ANALISIS KEGIATAN STIMULASI KESEIMBANGAN TUBUH ANAK USIA 3-4 TAHUN DI RW 02 KELURAHAN LESANPURO MALANG. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 9-18.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: pendekatak kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Mujtahidin, S., & Rachman, S. A. . (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok Terhadap Keseimbangan Anak Kelompok A Di RA Hidayatul Ihsan NW Tebaban. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 130–135. https://doi.org/10.59086/jkip.v1i3.159