Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v1i4.167Keywords:
Cooperative learning, Learning creativity, studentsAbstract
References
Ahmad, M. Y., & Mawarni, I. (2021). Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pengaruh Lingkungan Sekolah dalam Pengajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 222–243. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7382
Bukit, S. (2013). MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI KELAS V SDN 105309 SIBOLANGITT. A 2012/2013. Skripsi Tidak dipublikasikan. Universtias Negeri Medan.
Bukit, S. (2022). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PPKn dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning di Sekolah Dasar. Tutwurihandayani Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–10.
Griyanti, H. E., & Herimanto, N. S. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. 13(June), 90–106.
Isjoni, M. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Belajar.
Kamarudin, K., & Yana, Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Start A Question di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 213–219. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.284
Kenedi. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas II SMP Nergeri 3 Rokan IV Koto. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 329–348.
Kusmijati, N. (2014). Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Imu Pengetahuan Soaial Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di SMP Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Geoedukasi, III(2), 103–110.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGRI BOJONG 3 PINANG. Bintang: JUrnal Pendidikan Dan Sains, 2(Desember), 97–104. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Mardhatilla, N., Witarsa, R., & Nurhaswinda, N. (2021). Kajian Literatur Tentang Kreativitas Belajar Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together. Palapa, 9(2), 199–209. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i2.937
Menanti, A., & Murad, A. (2022). Pembelajaran Kreatif. USU Press.
Mulyati. (2019). Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan 23. Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 6(1), 23–39.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rin.
Oci, M. (2016). Kreativitas Belajar. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.46495/sdjt.v4i2.26
Rifky. (2020). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(April), 85–92.
Sayoga, S. (2017). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Mdde Melalui Model Pembelajaran STAD. Jurnal VARIDIKA, 29(1), 75–86. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i1.5151
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Sitohang, R. (2016). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas V SDN 105309 Sibolangit T . A 2012 / 2013. Elementary School Journal, 5(2), 75–83.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. In Alfabeta Bandung (Issue April).
Sunarti. (2016). MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MENULIS KARANGAN BEBAS KELAS III SDN 2 METRO BARAT KOTA METRO T.P 2010/2011. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 159–168.
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Servista Bukit, Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PPKn dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning di Sekolah Dasar , Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): Maret 2022
- Servista Bukit, Ernawati Ernawati, Rini Ramadhani, Analisis Nilai Karakter Pada Lagu Anak Dalam Buku Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar , Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): Maret 2023