Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Life Skills Santri Pondok Di Pesantren Bustanul Ulum Al- Ghozali Jember
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v1i4.191Keywords:
Islamic Boarding Chool Education System, Life Skills, StudentsAbstract
References
Agus Hasbi Noor, Pendidikan Kecakapan Hidup di Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kemandirian Santri. Jurnal Empowerment, Vol. 3 No.1 (Pebruari 2015), 06.
Ali Mukti, Pondok Pesantren dalam Sistem Pendidikan Nasional, (IAIN Sunan Ampel Surabaya: Pusat Studi Inter disipliner Tentang Islam, 1986), 16.
Arief Armai, Pengantar Ilmu Pendidikan Islam , (Jakarta: Ciputat Pers, 2002).
Arifin Muzayyin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).
Arifin Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012).
Darmadi Hamid, Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi, (Tangerang: AN1MAGE, 2019).
Daulay, Haidar Putra , Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasiona di Indonesial,(Jakarta: Kencana Pernada Media Group, 2012).
Departemen Agama RI, “Pedoman Integrasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) dalam Pembelajaran, (Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2005).
Hanif Al Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, ( Yogyakarta: CV Andi Ofset, 2017), 6.
Hardjana, Agus M., Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal, (Yogyakarta: Kasinus, 2003).
Hidayanto, Belajar Keterampilan Berbasis Keterampilan Belajar, dalam Jurnal Pendidikan Kebudayaan, No. 037, (Jakarta: Balitbang Diknas, 2002).
Kurnia,Septiawan Santana, Quantum Learning bagi Pendidikan Jurnallistik (Studi Pembelajaran Jurnalistik yang Berorientasi pada Life Skill), dalam Jurnal Pendidikan Kebudayaan, (Jakarta: Balitbang Diknas, 2003).
Lexy J.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2015).
Liyudza Naftalia, Wawancara, 13 Januari 2020, Pondok Pesantren Bustanul Ulum Al-Ghazali, Dukuh Dempok, Wuluhan, Jember.
Madjid Nurcholish, Bilik- bilik Pesantren, (Jakarta: Dian Rakyat, 1997).
Mikkelsen Brita, Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya Pemberdayaan Panduan Bagi Praktisi Lapangan, (Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2011),7.
Nasir Ridlwan, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).
Qomar Mujamil, Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, (Jakarta: Erlangga, 2006).
Soebahar Abd. Halim, Modernisasi Pesantren Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai dan Sistem Pendidikan Pesantren, (Yogyakarta: LKIS, 2013).
Suharto Babun, Pondok Pesantren Dan Perubahan Sosial Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai Pesantren,(Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu, 2018).
Wahjoetomo, perguruan tinggi pesantren, (Jakarta: Gema Insani Press, 1997).
Widiasworo Widiasworo, Inovasi Pembelajaran Berbasis Life skills & Entrepreneurship, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017).
Yasid Abu, Paradigma Baru Pesantren Menuju Pendidikan Islam Transformatif, (Yogyakarta: IRCiSoD,2018).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Firda Sari, Fatikh Inayahtur Rahma, Pendidikan Agama Islam Dan Paham Keagamaan Aktual (Fundamentalisme, Radikalisme, Sekularisme Dan Liberalisme) , Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Vol. 2 No. 3 (2023): September 2023