Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Awas Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Pada Murid Tunanetra Low Vision Kelas V Di SLB A-Yapti Makassar
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v1i3.83Keywords:
the ability to read letters, embossed word card media, low visionAbstract
Abstrak
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca huruf awas pada murid Tunanetra Low Vision. Adapun rumusan masalahnya yaitu “bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca huruf awas melalui penggunaan media huruf pada murid Tunanetra low vision di SLB A-YAPTI Makassar?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan membaca huruf awas sebelum penerapan media kartu kata pada Murid Tunanetra low vision kelas V, 2) kemampuan membaca huruf awas selama penerapan media kartu kata pada Murid Tunanetra low vision kelas V, 3) kemampuan Membaca huruf awas setelah penerapan media kartu kata pada Murid Tunanetra low vision kelas V, 4) peningkatan kemampuan membaca huruf awas melalui penerapan media kartu kata berdasarkan hasil analisis antar kondisi pada murid Tunanetra low vision kelas V. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah seorang Murid Tunanetra Low Vision kelas V yang berinisial MAZ. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan hasil penelitian ini: 1) kemampuan membaca huruf awas subjek MAZ pada kondisi awal sangat rendah berdasarkan hasil analisis baseline 1/(A1), 2) kemampuan membaca huruf awas subjek MAZ pada saat diberikan intervensi meningkat ke kategori sangat tinggi dilihat dari analisis dalam kondisi (B), 3) kemampuan membaca huruf awas subjek MAZ setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategori tinggi, 4) kemampuan membaca huruf awas subjek MAZ berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu dari kategori kemampuan sangat rendah, meningkat ke kategori sangat tinggi pada saat diberikan intervensi, dan tetap berada pada kategori sangat tinggi setelah intervensi dihentikan.
References
Elsa Efrina. 2013. “Bahan Ajar Mata Kuliah Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus.” Universitas Negeri Padang: 1–99.
Hadi, Purwaka. 2005. Kemandirian Tunanetra. Jakarta: DIKTI.
Hosni, Irham. “Membaca Dan Menulis Bagi Anak Low Vision.”
Rahman, Arif. 2021. “Pengaruh Penggunaan Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 4 Kuranji Tahun Pelajaran 2020/2021.” https://repository.ummat.ac.id/2366/: 6.
Sumanto, Juang, Koji Takeuchi, and Hideo Nakata. 2005. “Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal.” CRICED University of Tsukuba: 1–150.
Surayya. 2021. “Tinjauan Media Pembelajaran.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: 8–27.
Widyastuti, Ana. 2017. “Anak Gemar Baca Tulis.” Jakarta: PT. Elex Komputindo: 5–14.
Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Nawawi, A. 2010. Pendidikan Inklusif bagi Anak Low Vision. Bandung: UPI
Ratih Ratnasari, 2016 Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Huruf Awas Peserta Didik Low Vision
Hidayat, Asep A.S. dan Ate Suwandi. 2016. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta: PT. Luxima Metro Media
Utomo dan Nadya Muniroh. 2019. Pendidikan Anak Dengan Hambatan Penglihatan. Banjarbaru: Prodi. PJ PJOK FKIP ULM Press.
Sinring, Abdullah., dkk. 2016. Panduan Penulisan Skripsi FIP UNM.Makassar.FIP UNM
Santosa, Paulus Insap. 2021. Metodologi Penelitian. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.