Media Audiovisual sebagai Sarana Peningkat Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fiqh
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v4i1.680Keywords:
Audiovisual media , Learning motivation , Learning FiqhAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru Fiqh dan siswa kelas III di MI Mubadiul Ihsan Lobuk Bluto. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih aktif, termotivasi, dan mudah memahami materi ajar, terutama pada pembelajaran yang sebelumnya dianggap sulit dan kurang menarik. Selain itu, media audiovisual juga berperan dalam meningkatkan retensi dan pemahaman konsep Fiqh serta mendorong guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi. Dengan demikian, media audiovisual terbukti efektif sebagai sarana pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendukung pembelajaran Fiqh yang lebih kontekstual dan adaptif.
This study aims to analyze the effectiveness of audiovisual media in increasing students' learning motivation in the subject of Fiqh. This research employed a qualitative approach with a descriptive method. The research subjects were Fiqh teachers and third-grade students at MI Mubadiul Ihsan Lobuk Bluto. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation. Data analysis was conducted using the Miles and Huberman model, which consists of data reduction, data display, and conclusion drawing. The findings indicate that the use of audiovisual media creates a more engaging, interactive, and enjoyable learning environment. Students became more active, motivated, and better able to understand the subject matter, especially in Fiqh learning which is often perceived as difficult and less appealing. Furthermore, audiovisual media also contributes to improved retention and understanding of Fiqh concepts, and encourages teachers to be more creative in delivering lessons. Therefore, audiovisual media has proven to be an effective learning tool in enhancing students’ learning motivation and supporting a more contextual and adaptive approach to Fiqh education.
References
Agustin, N., Sunaryo, U., & Sugiran. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ogan Komering Ulu Tahun Pelajaran 2022/2023. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 2(4).
Badruttamam, C. A., & Kholidah, D. R. (2023). Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh. Elementary Journal of Primary Education, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55210/elementary.v1i1.268
Emzir. (2012). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers.
Gusmana, Ii., & Syamzaimar. (2025). Tantangan dan Solusi dalam Peningkatan Kualitas Guru Madrasah Ibtidaiyahdi Era Digital. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 2(2).
Harahap, E. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pembelajaran Fiqh di Min 2 Padangsidimpuan. Dirasatul Ibtidaiyah, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i2.12947
Hasanah, U., Sukari, & Sugiyat. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Fiqh Berbasis Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII A MTs Negeri 2 Wonogiri. Al ’Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.54090/alulum.442
Istianah, W., Apriani, W., Asmini, W., Wilastuningsih, & Wijiarti. (2024). Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV dalam Pelajaran Fiqh pada Materi Shalat Jumat di MI Baitur Rohman Asemrowo Surabaya. The Elementary Journal, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.56404/tej.v2i2.102
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pembelajaran Fiqh di Madrasah Ibtidaiyah. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.
Marliani, L. P. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.802
Mayer, R. E. (2014). Cognitive Theory of Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Rais, M., Risdawati, R., & Andriani, A. (2025). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol4.Iss1.1329
Rohmani, A. H., & Febriana, E. V. (2025). Evektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Darussalam Kumalasa. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.54437/ilmuna
Rukin. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.
Schunk, D. H., Meece, J. R., & Pintrich, P. R. (2021). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications (4th Editiona). Pearson.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Sofiya Yustiani Suryandari (ed.); ke-3). Alfabeta.
Sulistio, A. C., & Mustofa, T. A. (2024). Efektivitas Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pembelajaran Fiqih di SMPMuhammadiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2).
Sulistyo, A. C., & Mustofa, T. A. (2024). Efektivitas Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pembelajaran Fiqih di SMP Muhammadiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.608
Utaminingsih, S., Machfud, Santosa, & Kassymova, G. K. (2024). Development of Learning Management with Animated Video to Increase Motivation and Learning Outcomes. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 41(2).
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Woolfolk, A., & Hoy, A. W. (2020). Educational Psychology. Pearson.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Luthfatul Qibtiyah, Jauharotul Makniyah, Vica Miftahul Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.