Nilai Religius Pada Media Sosial Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat

Authors

  • Nurul Umam Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Hamdanah Hamdanah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Saiful Lutfi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v4i1.621

Keywords:

nilai religius, puasa, media social, instagram, MAN Kobar

Abstract

Era digital seperti sekarang ini, media sosial memiliki peran penting dalam penguatan nilai-nilai religious di kalangan pelajar. Karenanya penelitian ini penting untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai religius, khususnya yang berkaitan dengan ibadah puasa, disampaikan dan disebarluaskan melalui media sosial resmi dalam platform istagram Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat yang platform Instagram bernama mankobar. official. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, yang digali datanya menggunakan Teknik observasi yang dilakukan secara langsung terhadap akun instagram madrasahnya selama bulan Ramadan 1446 H/2025 M. Hasil apenelitian didapatkan bahwa konten-konten yang diunggah, seperti ajakan memanfaatkan berpuasa, tampilan ayat Al-Quran dan hadis, serta dokumentasi kegiatan keagamaan seperti Pesantren Kilat, buka Bersama dan kajian keislaman selama puasa, dirasakan oleh siswa memberikan kontribusi positif terhadap semangat religius mereka. Keterlibatan aktif pihak madrasah, khususnya kepala madrasah sebagai top leader dan wakil kepala madrasah bidang Hubungan Masyarakat adalah orang penting yang berperan menyajikan pesan-pesan islami secara menarik yang dapat menggugah siswa dalam menontonnya

 

In today's digital era, social media plays an important role in strengthening religious values among students. Therefore, this research is essential to understand how religious values, particularly those related to the practice of fasting, are conveyed and disseminated through the official social media of Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat, specifically via its Instagram platform under the handle mankobar.official. This study employs a qualitative approach with a field research design, collecting data through direct observation of the madrasah’s Instagram account during the month of Ramadan 1446 H / 2025 AD. The research findings indicate that the uploaded content—such as invitations to make the most of fasting, verses from the Qur'an and hadith, as well as documentation of religious activities like talk shows, Pesantren Kilat (intensive religious camp), distribution of takjil to the community, communal iftar, and Islamic studies during the fasting period—has positively contributed to students’ religious enthusiasm. The active involvement of the school, particularly the head of the madrasah as the top leader and the vice principal of public relations, plays a significant role in presenting Islamic messages in an engaging way that captures students’ interest.

References

Ahmad, A., & Muslimah, M. (2021). Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1).

Arliansyah, A. (2016). Implementasi Nilai Enterpreneurship dalam Manajemen Pendidikan di SMK Negeri 1 dan SMK Muhammadiyah Pangkalan Bun (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Ariyanto, M. D., Mahmud, A., & Wijayanti, T. Y. (2012). Konsep Puasa Dalam Agama Protestan. Suhuf, 24(2), 99–119.

Effendi, H. R., Siminto, & Muslimah. (2023). Peran orang tua dan pendidik dalam pendampingan anak di era gedget. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(1).

Fitri. S. (2020). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak: Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–123.

Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). Fasting According To Islam and Catholicism. Unknown Journal, 2(1), 113–126.

Hatiah, H., & Muslimah, M. (2024). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.642

Hikmah, N., Surawan, S., Ansari, M. R., Endah, E., & Muslimah, M. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT di SMP Muhammadiyah Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 652–663.

Islam, S. A. (2023). Persepsi Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam terhadap Program Dakwah Shihab & Shihab di Narasi TV. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 6(1), 1–17.

Kulsum, U., & Muslimah. (2024). The Nature and Mission of Islamic Educational Institutions (Madrasah) at Indonesia. Attractive : Innovative Education Journal, 6(1).

Muhajir, A., Muslimah, M., & Muzakki, M. (2022). Kompetensi Profesional Guru PAI dalam Memanfaatkan Google Classroom. PARAMUROBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 68–76.

Munir, M., Syar’i, A., & Muslimah, M. (2021). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Tengah Arus Perkembangan Teknologi Digital. Prosiding Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1), 487–504.

Muslimah. (2016). Nilai Religious culture Di Lembaga Pendidikan. Aswaja Pressindo, 186.

Muslimah, Laksono, H., Saini, M., Sardi, Nurviana, L., Wardiyanto, P. W., Azizah, N., Fatimah, Marlinawati, R., Iqlima, Rosyadi, A., Marhamah, & Sya’idun, A. (2020). Cara Mudah Membuat Proposal Penelitian. CV. Narasi Nara.

Muslimah, Musthofa, I., Yahya, M. D., Musthan, Z., & Wahyuni, A. (2022). Desain Pembelajaran Akhlak Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1149–1162.

Nurhasanah, N., & Shidqi, R. (2024). Efektivitas Dakwah Digital Melalui Platform Media Sosial Instagram @masjid. imaduddin Terhadap Pengetahuan Keagamaan Dan Perubahan Sikap Beragama Pada Jama’ah. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(5), 1140-1148.

Riany, H., Muslimah, M., & Khalfiah, Y. (2023). Dampak Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Self Regulated Learning Siswa. TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 106–117.

Ridla, F., & Muslimah. (2021). Identifikasi Pendidikan Moral Generasi Z di Masa Pandemi. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1), 115–130.

Sarni, S., & Muslimah, M. (2021). The Commendable Leadership in Islamic Perspective. Bulletin of Pedagogical Research, 1(2), 163.

Setiawan, A., Al Fawaz, A. H. S., & Ilmi, R. M. (2024). Instagram Sebagai Sarana Dakwah Kreatif untuk Merangkul Generasi Muda di Madrasah. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 403-411.

Sidiq, S. M., & Muslimah. (2024). Problematika Yang Dihadapi Guru di Sekolah Dalam Konteks Supervisi Pendidikan. Berajah Journal, 4(2).

Syaifuddin, S., & Muhid, A. (2021). Efektivitas pesan dakwah di media sosial terhadap religiusitas masyarakat muslim: analisis literature review. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(1), 17–28.

Syukur, E. (2007). Pelaksanaan dan Makna Puasa (Uposatha) dalam Agama Buddha: Studi Kasus di Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya Sunter Jakarta Utara.

Tang S, M., Muslimah, M., Riadi, A., & Mukmin, M. (2021). Implikasi pedagogis al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 45-48 mengenai tugas dan fungsi guru sebagai pendidik. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 13.

Zalfa, A., Esmali, A. M., Pane, N. L., & Septiyani, N. T. (2022). Dampak Konten Dakwah Media Sosial Terhadap Perkembangan Religiusitas Mahasiswa PAI UNJ. AL-IDZA’AH: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 1–13.

Downloads

Published

2025-04-19

How to Cite

Umam, N., Hamdanah, H., & Lutfi, S. (2025). Nilai Religius Pada Media Sosial Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.59086/jkip.v4i1.621

Issue

Section

Artikel