Pembelajaran Literasi Orientasi Kolaborasi dan Refleksi (LOK-R) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa

Authors

  • Anastasia Anastasia Pendidikan Matematika, Institut Sains Dan Bisnis Internasional
  • Nindy Citroresmi Prihatiningtyas Institut Sains Dan Bisnis Internasional
  • Buyung Buyung Institut Sains Dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v3i1.488

Keywords:

Literasi Orientasi Kolaborasi, Refleksi, Kemampuan Literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematika siswa pada materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singkawang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singkawang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan siswa kelas VII C. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental berupa The Nonequlvalent Pretest Posttest Control Group Design. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dua sampel, ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal, serta persentase keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematika setelah diterapkan pembelajaran LOK-R dengan yang menggunakan Discovery Learning pada materi aritmatika sosial, 2) kemampuan literasi matematika mencapai individu ketuntasan dan ketuntasan klasikal, 3) pembelajaran LOK-R dapat terlaksana dengan baik

 

This research aims to determine differences in improving students' mathematical literacy skills in social arithmetic material for class VII SMP Negeri 3 Singkawang students. This research was carried out at Singkawang 3 Middle School in the even semester of the 2023/2024 academic year. The samples in this research were class VII A students and class VII C students. The type and research design used was quantitative research with a Quasi Experimental design in the form of The Nonequlvalent Pretest Posttest Control Group Design. The data analysis techniques in this research are the N-gain test, normality test, homogeneity test, two-sample t-test, individual completeness and classical completeness, and percentage of learning implementation. Based on the results of data analysis, it can be concluded that: 1) there is a difference in the increase in mathematical literacy skills after implementing LOK-R learning and those using Discovery Learning on social arithmetic material, 2) mathematical literacy skills reach individual completeness and classical completeness, 3) learning LOK-R can be implemented well.

References

Ananda, Ema Rizky, and Rora Rizki Wandini. "Analisis kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari self efficacy siswa." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6.5 (2022).

Bayu, dkk “Penerapan Model Pembelajaran LOK-R (Literasi Orientasi Kolaborasi dan Refleksi) Dalam Meningkatkan Literasi Membaca (Maharah Qiraah) Pada Bacaan Teks Berbahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab (2022).

Dhesita, Syela Joe. "Analisis Penerapan Model Pembelajaran LOK-R terhadap Kemampuan Literasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah." Jurnal Ilmiah WUNY 4.2 (2022).

Efendi, Rinja, and Kiki Fatmawati. "Gerakan Literasi Sekolah: Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa." PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) 5.2 (2021): 10-21.

Effrisanti, Evi. "Model Pembelajaran LOK-R Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital." Indonesian Journal of Action Research 2.2 (2023): 167-175.

Fajriyah, Euis. "Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi." PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol. 1. 2018.

Fatwa, Vika Conie, Ari Septian, and Sarah Inayah. "Kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran problem based instruction." Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8.3 (2019): 389-398.

Ginting, Donny Adiatmana, Ade Evi Fatimah, and Ade Syafirna. "SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN LITERASI ORIENTASI KOLABORASI REFLEKSI (LOK-R) PADA GURU MIN 12 LANGKAT." Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3.2 (2022): 9-14.

HERLAMBANG, F. H. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN LOK-R TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA RAKYAT SISWA KELAS V SDN REJANG LEBONG. 1-14.

Jannah, Misbahul, Rauzatul Jannah, and Fadilah Al Azmi. "Penerapan Model Pembelajaran Lok-R (Literasi, Orientasi, Kolaborasim Dan Refleksi) Dalam Meningkatkan Literasi Membaca (Maharah Qiraah) Pada Bacaan Teks Berbahasa Arab." Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5.1 (2023): 37-48

Kholifasari, Rizqi, Citra Utami, and Mariyam Mariyam. "Analisis kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari karakter kemandirian belajar materi aljabar." Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 7.2 (2020): 117-125.

Lestari, Risna Dwi, and Kiki Nia Sania Effendi. "Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar." Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 8.1 (2022): 63-73.

Makhrus, Muh, et al. "Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terhadap kesiapan guru sebagai “role model” keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA SMP." Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 5.1 (2019).

Oktaviyanthi, Rina, Ria Noviana Agus, and Yani Supriani. "PISA mathematics framework dalam penelusuran mathematical literacy skills mahasiswa." (2017).

Pakpahan, Rogers. "Faktor-faktor yang memengaruhi capaian literasi matematika siswa Indonesia dalam PISA 2012." Jurnal pendidikan dan kebudayaan 1.3 (2016): 331-348.

Pasongli, Hernita Pasongli, et al. "PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI, ORIENTASI, KOLABORASI DAN REFLEKSI (LOC-R) DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI." Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4.5 (2023): 10546-10549.

Pasongli, Hernita, et al. "Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan Pembelajaran Literasi, Orientasi, Colaborasi dan Refleksi (Loc-R) di SMP Negeri 7 Kota Ternate." EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3.3 (2022): 579-588.

Rambe, Laila Hafani, et al. "Literasi Matematika sebagai Kompetensi Utama di Abad 21 dan Implikasinya pada Pendidikan di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1.1 (2023): 10-10.

Sari, Dwi Novita, and Dian Armanto. "Matematika dalam filsafat pendidikan." AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika 10.2 (2022): 202-209

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan . Jakarta: Prenda Media Group.

Syawahid, Muhammad, and Susilahudin Putrawangsa. "Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar." Beta: Jurnal Tadris Matematika 10.2 (2017): 222-240.

Vidiarti, Erni, Zulhaini Zulhaini, and Andrizal Andrizal. "Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Kurikulum 2013." J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5.2 (2019).

Widianti, Wiwik, and Nita Hidayati. "Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat." JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 4.1 (2021): 27-38.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Anastasia, A., Prihatiningtyas, N. C., & Buyung, B. (2024). Pembelajaran Literasi Orientasi Kolaborasi dan Refleksi (LOK-R) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.59086/jkip.v3i1.488

Issue

Section

Artikel