Penerapan Model Pembelajaran Pair Cheks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Kelas X MAS Yaspend Muslim Pematang Tengah
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v1i4.212Keywords:
Model Pembelajaran, Pair Cheks, Hasil Belajar FikihAbstract
Permasalahan menujukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X dalam pembelajaran fikih yang rendah dan jauh dari target KKM 75 yang diterapkan oleh pihak madrasah. Jenis penelitian adalah penelitian tidakan kelas (PTK). Subjek Penelitian berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus ,dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (refleting). Menggunakan teknis analisis deskriftif kualitatif. Sebelum dilakukan penelitian tindakan, diawali dengan tahap pra siklus, pada tahap ini peneliti melakukan observasi tentang hasil evaluasi pembelajaran fikih kelas X. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada pelaksanaan pra siklus diproleh nilai rata-rata siswa 64 dengan nilai ketuntasan belajar 55,62 % kemudian dilaksanakan silus I, menjadi 70 dengan nilai ketuntasan belajar 60 % , tetapi masih banyak sekali siswa yang belum mencapai KKM. Dilanjutkan ketindakan siklus II, pada tindakan ini terjadi peningkatan lagi yaitu menjadi 75 dengan ketuntasan hasil 70 %. belajar hal ini menunjukkan bahwa model Pair Check yang peneliti gunakan mampu meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran fikih kelas X walaupun belum 100%
References
Dananjaya, U. (2017). Media Pembelajaran Aktif . Bandung : PT Penerbit Nuasa.
Nasional, D. P. (2018). UU Sisdiknas No. 20:Tahun 2003 . Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan Balitbang Depdiknas.
Sani, I. k. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.
Salim dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
satria wiguna. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling Islam (1st ed.). CV Pustaka Media Guru Indonesia.
Wiguna, S. (2019). Implementasi Methodbuzz Group Dalam Hasil Belajarluring Akidah Akhlak Di Kelas Viii Mtsmiftahul Jannah Tanjung Pura. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1, 150–161. https://doi.org/10.47476/reslaj.v1i2.373
Wiguna, S. (2021). Pengaruh Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Luring di Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat). Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(1), 61–71. https://doi.org/10.51178/ce.v2i1.187
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.