Pengaruh Full Day School Terhadap Peningkatan Pemahaman Religius Siswa Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Adzkia Kecamatan Babalan
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v2i2.185Keywords:
Full Day School, Improvement, Student's Religious UnderstandingAbstract
Sistem full day school merupakan sistem pendidikan yang menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah. Anak-anak biasanya menghabiskan waktu sekitar 8 jam per hari, namun dengan diterapkannya full day school, anak-anak harus berada di sekolah hingga 9 atau 10 jam per hari. Penambahan jam ini banyak digunakan untuk pengembangan karakter anak, karena waktu di sekolah lebih banyak, metode pembelajaran yang digunakan lebih kreatif dan menyenangkan sehingga tidak membuat anak mudah bosan. Tujuan dari sistem full day school ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak, baik dari segi kognitif, psikomotorik, dan afektif menjadi lebih baik karena pendalaman materi dengan waktu yang lebih lama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian berjumlah 110 siswa dan proses pengambilannya secara acak atau menggunakan sistem acak berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menguji hipotesis melalui rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Full Day School dalam meningkatkan peningkatan pemahaman agama siswa SMP Islam Terpadu Adzkia dengan hasil Fhitung = 31,15 dan Ftabel (1,28) (0,01) = 7,56 yang dapat disimpulkan menyimpulkan Fhitung≥Ftabel dengan menerima Ha dan menolak H0 dengan persamaan garis regresi (Y= ) ̇45.57+0.06X. Kemampuan siswa dalam meneladani guru yang mempunyai profesionalisme disiplin yang tinggi dalam bidang pengajarannya mampu memberikan semangat dan keteladanan yang baik serta akhlak dan etika yang baik baik dalam penampilan perlakuannya di sekolah maupun di rumah. itu baik dalam segala hal.
Full day school system is an education system that spends more time at school. Children usually spend about 8 hours per day, but with the implementation of full day school, children must be at school for up to 9 or 10 hours per day. The addition of these hours is widely used for developing children's character, because there is more time at school, the learning methods used are more creative and fun so they don't make children easily bored. The purpose of this full day school system is to improve children's abilities, both in terms of cognitive, psychomotor, and affective to be better because of the deepening of the material with a longer time. The type of research used is qualitative research. The research population consisted of 110 students and the process of taking it randomly or using a random system consisted of 30 students. Methods of data collection by using questionnaires, observations, interviews and documentation. The data analysis technique uses simple linear regression analysis by testing the hypothesis through the Product Moment correlation formula. The results of the study show that there is a significant influence between Full Day School in increasing the increase in the religious understanding of Adzkia Integrated Islamic Middle School students with the results Fcount = 31.15 and Ftable (1.28) (0.01) = 7.56 which can be concluded Fcount≥Ftable by accepting Ha and rejecting H0 with the equation the regression line is (Y= ) ̇45.57+0.06X. The ability of students to imitate teachers who have high disciplinary professionalism in their teaching field is able to provide enthusiasm and good examples as well as good morals and ethics both in terms of appearance of treatment at school and at home. it is good in every way.
References
Aasmani, J. M. (2017). Full Day School. Yogyakarta: Ar Ruzz Media,.
Muamar Al qadri, R. A. (2022). Upaya Meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui metode resitasi Kelas VIIII SMP Negeri 3 Hinai. Jurnal Iqtirahaat, Vol 6 NO 1(Juni ), 45-55.
Satria Wiguna. (2019). Implementasi Method Buzz Group Dalam Hasil Belajar Luring Akidah Akhlak di Kelas VIII MTS Miftahul Jannah Tanjung Pura. Religion Education Social Laa Roiba Journal, Vol No 1 N(Oktober), 150–161.
Satria Wiguna. (2021). Fikih Ibadah. Pena Persada.
Wiguna, S. (2021). Pengaruh Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Luring di Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat). Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(1), 61–71. https://doi.org/10.51178/ce.v2i1.187
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Suyyinah. ( 2019). Full Day Education. Malang: Literasi Nusantara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Veri Adrian, Muamar Al Qadri, Muhizar Muchtar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.