Hubungan Antara Pola Asuh, Harga Diri Dan Konsep Diri Dengan Kecemasan Sosial Pada Remaja

Authors

  • Ansuraratul Hultayah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor
  • Hasaniah Zulfiani Institute Agama Islam Hamzanwadi Pancor
  • M. Zuhdi Zainul Majdi Institute Agama Islam Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v4i3.1112

Keywords:

Social Anxiety, Parenting Style, Self-Esteem, Self-Concept

Abstract

Kecemasan sosial merupakan salah satu permasalahan psikologis yang sering dialami oleh remaja akibat ketidaknyamanan dalam berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Individu dengan kecemasan sosial cenderung memiliki persepsi negatif terhadap penilaian orang lain, sehingga memunculkan perasaan cemas dan rendah diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua, harga diri, dan konsep diri dengan tingkat kecemasan sosial pada remaja di MA Hamzanwadi NWDI Pancor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian berjumlah 100 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi skala pola asuh, harga diri, konsep diri, dan kecemasan sosial. Data dianalisis menggunakan uji korelasi dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua, harga diri, dan konsep diri masing-masing memiliki hubungan yang signifikan dengan kecemasan sosial (p < 0,05). Secara simultan, ketiga variabel tersebut berkontribusi signifikan terhadap tingkat kecemasan sosial remaja. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin positif pola asuh, harga diri, dan konsep diri remaja, maka semakin rendah tingkat kecemasan sosial yang mereka alami.
 
Social anxiety is one of the psychological problems commonly experienced by adolescents due to discomfort in interacting with their social environment. Individuals with social anxiety tend to have negative perceptions of others’ judgments toward them, which lead to feelings of fear and insecurity. This study aims to analyze the relationship between parenting style, self-esteem, and self-concept with social anxiety among adolescents at MA Hamzanwadi NWDI Pancor. This research employed a quantitative approach with a correlational method. The sample consisted of 100 students selected through purposive sampling. The instruments used included scales of parenting style, self-esteem, self-concept, and social anxiety. Data were analyzed using correlation tests and multiple regression analysis. The results show that parenting style, self-esteem, and self-concept each have a significant relationship with social anxiety (p < 0.05). Simultaneously, these three variables significantly contribute to adolescents’ levels of social anxiety. The findings indicate that the more positive the parenting style, self-esteem, and self-concept, the lower the level of social anxiety experienced by adolescents.

References

Amananti, W. (2024). PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PENERIMAAN DIRI REMAJA DI PANTI ASUHAN. 4(02), 7823–7830. http://etheses.uin-malang.ac.id/67215/2/200401110260.pdf

Diri, K., Pola, D. A. N., Othoriter, A., Empat, N. S., & Jannah, M. A. (2017). SIKAP REMAJA TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOBA SISW A / SISWI SMA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MEDAN AREA Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Psikologi pada. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/19524/2/151804042 - Miftahul Jannah - Fulltext.pdf

Dunn, A. M., Hofmann, O. S., Waters, B., & Witchel, E. (2011). Cloaking malware with the trusted platform module. In Proceedings of the 20th USENIX Security Symposium (pp. 395–410).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 44. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Firdausi, N. I. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkan Self Control Siswa Kelas VIII SMPN 05 Bengkulu Utara. In Kaos GL Dergisi (Vol. 8, Issue 75). https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%250Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%25

Hidayat, F., Nurbaya, S., Darmawan, S., Nani Hasanuddin, S., Perintis Kemerdekaan VIII, J., & Makassar, K. (2024). Hubungan Konsep Diri Terhadap Kecemasan Menyeluruh Siswa Smp Negeri 12 Makassar. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 4, 2024. https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jimpk/article/download/1420/988

Hilalludin;Hilalludin. (2025). Anak Muda, Media Sosial, Dan Agama Yang Cair: Fenomenologi Hijrah Digital Di Indonesia. 5(1), 1–23. https://doi.org/10.20885/millah.vol22.iss1.art6.1

Hilalludin, H. (2025). Upaya Guru PAI dalam Mengembangakan Self Control Siswa Slafiyah Ulya ICBB. 1–23.

Hilalludin, H., Alfi, L., & Nisa, Z. (2025). PENERAPAN PRAKTIK ANTI RIBA DALAM KEUANGAN ISLAM : STUDI KASUS DI PT . KREDIT TANPA RIBA ( KRTABA ) LOMBOK TIMUR. 2(1), 8–17.

Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 37–44. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652

Kurniawati, H. D. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kecemasan Sosial Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(1), 21–30. https://repository.unair.ac.id/105954/4/BAB I.pdf

Listyo, A., & Nastiti, D. (2024). Hubungan Konsep Diri Dan Harga Diri Pada Perilaku Asertif Remaja Kelas Xi Sma Antartika Sidoarjo. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 7(3), 865–884. https://jurnal.pabki.org/index.php/alisyraq/article/download/769/277

Manurung, K. (2022). Mencermati Penggunaan Metode Kualitatif Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi. FILADELFIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 285–300. https://doi.org/10.55772/filadelfia.v3i1.48

Masruroh, L. (2016). Pengaruh pola asuh dan harga diri terhadap penyesuaian sosial mahasiswa baru UIN Maliki Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/2822/

Mendoza, S. D., Nieweglowska, E. S., Govindarajan, S., Leon, L. M., Berry, J. D., Tiwari, A., Chaikeeratisak, V., Pogliano, J., Agard, D. A., Bondy-Denomy, J., Chatterjee, P., Jakimo, N., Lee, J., Amrani, N., Rodríguez, T., Koseki, S. R. T., Tysinger, E., Qing, R., Hao, S., … Wang, H. (2020). Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasa Sosial. Nature Microbiology, 3(1), 641. http://dx.doi.org/10.1038/s41421-020-0164-0%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-15507-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41587-020-05

Misnani, J. (2022). Hubungan Perilaku Asertif dan Kesepian dengan Kecemasan Sosial Korban Bullying Pada Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 513–521. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4237

Muhammad Fikri Hidayat, Hilalludin Hilalludin, & Adi Haironi. (2024). Implementasi Nilai Solidaritas pada Mahasiswa Semester 6 Prodi Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta. Student Scientific Creativity Journal, 2(4), 222–228. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i4.3673

Najich, M. A., Rahman, D. H., & Atmoko, A. (2024). Analisis Faktor yang Berkontribusi terhadap Kecemasan Sosial pada Siswa: A Systematic Literature Review. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1653–1662. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1182

Nugroho Dwi Yunianto, Mutia, Putri Raudhah Heros, & Dase Erwin Juansah. (2023). Studi Pendahuluan atau Kajian Relevan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6092–6098.

Nurfadilah, N. (2020). Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasan Narapidana Pada Rutan Kelas Ii B Majene. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 38. https://doi.org/10.35329/jkesmas.v6i1.651

Pokhrel, S. (2024). Peran Guru Sebagai Fasilitator pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Karakter Religius di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Αγαη, 15(1), 37–48.

Ramadhita, V., Fitriani, N., Hasanah, P. N., & Faozi, B. F. (2023). JIKSA-Jurnal Ilmu Keperawatan Sebelas April HUBUNGAN HARGA DIRI DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA REMAJA. 5(1), 47–54. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jiksa

Ruhansih, D. S. (2017). EFEKTIVITAS STRATEGI BIMBINGAN TEISTIK UNTUK PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS REMAJA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Sholikhah, A. (2023). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764

Studi, P., Fakultas, P., & Maret, U. S. (2023). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA REMAJA KELAS XI SMA KRISTEN 2 SURAKARTA. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/13542/MjgyMDY=/HUBUNGAN-ANTARA-KONSEP-DIRI-DE-NGAN-KECEMASAN-SOSIAL-PADA-REMAJ-A-KEL-AS-XI-SMA-KRISTEN-2-SURAKARTA-abstrak.pdf

Viony Rahmawati. (2025). Hubungan Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Sosial pada Siswa Kelas VII A dan VII B SMP Negeri 20 Surakarta Tahun Ajaran 2024 / 2025. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 60–80. https://doi.org/10.58192/sidu.v4i1.3025

Wiresti, R. D., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Yogyakarta, M., Hilalludin, H., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Yogyakarta, M. (2025). Peningkatan Kemampuan Berpikir Anak Usia Dini melalui Media Game Gambar dan Huruf di RA Bunayya Bin Baz Yogyakarta. 5(1), 547–554.

Yusuf, M. (2017). Sabar dalam Perspektif Islam dan Barat. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 4(2), 233–245. https://doi.org/10.53627/jam.v4i2.3225

Downloads

Published

2025-10-26

How to Cite

Ansuraratul Hultayah, Zulfiani, H., & Majdi, M. Z. Z. (2025). Hubungan Antara Pola Asuh, Harga Diri Dan Konsep Diri Dengan Kecemasan Sosial Pada Remaja. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 134–143. https://doi.org/10.59086/jkip.v4i3.1112