Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Eko Kurniawanto Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v4i2.1072

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, implementasi pendidikan karakter

Abstract

Di era globalisasi, pendidikan karakter menjadi perhatian utama dalam mencetak generasi berkualitas, terutama bagi calon guru sekolah dasar yang bertanggung jawab atas perkembangan siswa. Namun, Pendidikan Agama Islam (PAI) sering belum sepenuhnya diintegrasikan dalam pembentukan karakter calon guru. Penelitian ini bertujuan mengungkap implementasi PAI dalam membentuk karakter mahasiswa calon guru sekolah dasar serta kontribusinya bagi pendidikan karakter. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis literatur relevan terkait pendidikan agama dan pengembangan karakter. Hasil kajian menunjukkan bahwa PAI berperan signifikan dalam menanamkan nilai moral dan etika, memperkuat karakter mahasiswa, mendorong sikap tanggung jawab, dan mempersiapkan mereka sebagai teladan bagi siswa. Implikasi praktis penelitian ini menegaskan bahwa integrasi PAI dalam kurikulum pendidikan guru penting untuk membentuk identitas moral sekaligus memberikan pemahaman akademis. Penelitian ini diharapkan berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran holistik di perguruan tinggi dan menjadi rujukan bagi penelitian selanjutnya.
 
In the globalization era, character education is a key concern in preparing quality generations, especially for prospective primary school teachers. However, Islamic Religious Education (IRE) is often not fully integrated into teacher character formation. This study aims to examine the implementation of IRE in shaping the character of prospective primary school teachers and its contribution to character education. The method employed is library research, analyzing relevant literature on religious education and character development. Findings show that IRE plays a crucial role in instilling moral and ethical values, strengthening students’ character, fostering responsibility, and preparing them as role models for pupils. The practical implication emphasizes the importance of integrating IRE into teacher education curricula to form moral identity alongside academic competence. This study contributes to developing holistic learning methods in higher education and serves as a reference for future research.
 

References

Adha, M. K., & Darmiyanti, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 917–924. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2008

Amriani. (2021). Penguatan Karakter Religius Mahasiswa Melalui Pendidikan Al Islam Kemuhammadiyahan (Studi Kasus Di Universitas Muhammadiyah Palopo). Ed-Humanistics Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 759–765. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1458

Dahuri, D., & Wantini, W. (2023). Learning Islamic Religious Education Based on Ta’dib Perspective of Islamic Education Psychology at Muhammadiyah Pakel Elementary School. Journal of Islamic Education and Ethics, 1(2), 95–108. https://doi.org/10.18196/jiee.v1i2.9

Fadliah, I. R. (2022). Perspektif Pemikiran Pendidikan Islam Internasional Ismail Raji Al Faruqi. Jurnal Tahsinia, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.327

Gunawan, I., Kusumaningrum, D. E., Triwiyanto, T., Zulkarnain, W., & Nurabadi, A. (2018). Hidden Curriculum and Its Relationship With the Student Character Building. https://doi.org/10.2991/coema-18.2018.3

Hanifa, H., & Maksum, M. N. R. (2022). Relevansi Konsep Fitrah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Iseedu Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 6(2), 182–195. https://doi.org/10.23917/iseedu.v6i2.22120

Hidayat, M. W., & Janan, M. (2023). Enhancing Moral Integrity: Islamic Education’s Role in Fostering Superior Character Within Islamic Boarding School Management. Managere Indonesian Journal of Educational Management, 5(2), 155–164. https://doi.org/10.52627/managere.v5i2.334

Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno, S. (2020). Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education Among Indonesian Higher Education Students. International Journal of Instruction, 13(2), 179–198. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a

Mulyadi, D. S. R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Sarana Membentuk Identitas Keagamaan Dalam Masyarakat Multikultural. Khazanah, 90–99. https://doi.org/10.51178/khazanah.v2i3.1554

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif Tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas). Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Rahmah, S., & Fadhli, M. (2021). CHARACTER EDUCATION IN ISLAMIC EDUCATION INSTITUTIONS: A Study on the Impact of Lecturer Competence at IAIN Lhokseumawe. Miqot Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 45(1), 87. https://doi.org/10.30821/miqot.v45i1.771

Susilowati, N., Aeni, I. N., & Wijaya, A. P. (2022). Examining Religiosity to Determine Student Ethical Behavior Intention. International Journal of Evaluation and Research in Education (Ijere), 11(3), 1107. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22185

Syahputra, A. K., Afandi, A. M., Sari, P. W., & Intan, S. N. (2024). Workshop : Menguasai Penggunaan Google Slides Untuk Pembuatan Materi Pembelajaran Bagi Guru SD Islam Imam Syafi’i Kisaran. Journal of Indonesian Social Society (Jiss), 2(1), 11–16. https://doi.org/10.59435/jiss.v2i1.212

Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. Sapa - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68

Yuniarti, N., Siskandar, S., Shunhaji, A., & Suwandana, E. (2021). Memahami Konsep Pembentukan Dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Agama Islam, Pakar Pendidikan, Dan Negara. Al-Athfaal Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 263–280. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.10171

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Kurniawanto, E. (2025). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 119–124. https://doi.org/10.59086/jkip.v4i2.1072

Issue

Section

Artikel