Inovasi Pembelajaran Agama Islam: Pendekatan Diferensiasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Irmayanti Irmayanti STAI AL-HAUDL KETAPANG

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v4i2.1008

Keywords:

Inovasi pembelajaran, pendekatan berdiferensiasi, anak berkebutuhan khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Pendekatan diferensiasi merupakan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, gaya belajar, dan kemampuan individual siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di tiga sekolah inklusi di Makassar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran PAI untuk ABK memerlukan modifikasi kurikulum, penggunaan media pembelajaran adaptif, dan strategi penilaian yang fleksibel. Temuan utama menunjukkan peningkatan motivasi belajar ABK sebesar 78%, pemahaman materi PAI meningkat 65%, dan partisipasi aktif dalam kegiatan keagamaan meningkat 82%. Inovasi pembelajaran meliputi penggunaan teknologi assistive, pembelajaran berbasis sensori, dan pendekatan multisensori. Kesimpulan penelitian menekankan pentingnya pelatihan guru PAI dalam memahami karakteristik ABK dan penerapan strategi diferensiasi yang efektif untuk menciptakan pembelajaran PAI yang inklusif dan bermakna.

References

Arifin, Z., & Muslimah, S. (2020). Differentiated instruction in Islamic education: Challenges and opportunities in inclusive classrooms. International Journal of Islamic Education, 8(2), 145-162. https://doi.org/10.15575/ijie.v8i2.8456

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.

Diva Hanifah Salma, Haer, A. B., Widuri, S., & Santoso, M. B. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 473–483.

Fatimah, N., Rahman, A., & Sari, D. P. (2021). Inclusive Islamic education: Implementing differentiated learning strategies for students with special needs. Journal of Islamic Educational Research, 6(1), 78-95. https://doi.org/10.21580/jier.2021.6.1.7234

Fauziah, Z., & Khoiriyah, S. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi: Analisis Kritis terhadap Konsepsi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Praktiknya di Indonesia. PAKAR Pendidikan, 22(2), 177–185. https://doi.org/10.24036/pakar.v22i2.612

Florian, L., & Kershner, R. (2020). Inclusive pedagogy and disability studies in education: Developing a research agenda. International Journal of Inclusive Education, 24(12), 1298-1311. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1516888

Gardner, H. (2011). Frames of mind: The theory of multiple intelligences (3rd ed.). Basic Books.

Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2020). Exceptional learners: An introduction to special education (14th ed.). Pearson.

Hidayat, M. S., & Sari, R. K. (2022). Assessment of Islamic religious education achievement among students with special needs in inclusive schools. Asian Journal of Special Education, 18(3), 234-248. https://doi.org/10.21315/ajse2022.18.3.15

Kemendikbud. (2023). Statistik pendidikan inklusif Indonesia 2022/2023. Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan.

Korat, O., Ronen, T., & Manor-Binyamini, I. (2020). The effect of educational e-books on the language and literacy development of children with hearing impairment and typical hearing. Journal of Special Education Technology, 35(4), 201-215. https://doi.org/10.1177/0162643419896927

Mahmudah, F., & Subhan, M. (2022). The effectiveness of differentiated instruction in Islamic religious education for students with autism spectrum disorder. International Journal of Special Education and Technology, 7(2), 123-139. https://doi.org/10.18178/ijset.2022.7.2.456

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Putri Ery Suwandi, F., Kaulina Rahmaningrum, K., Trie Mulyosari, E., Mulyantoro, P., Ika Sari, Y., & Banun Havifah Cahyo Khosiyono. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Yogyakarta, 26 Agustus 2023 Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten terhadap Minat Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 57–66.

Rahman, F., Noor, A., & Widodo, H. (2019). Challenges in implementing inclusive Islamic education: A systematic review. Educational Review, 71(5), 598-615. https://doi.org/10.1080/00131911.2018.1441808

Ramayulis. (2019). Metodologi pendidikan agama Islam (7th ed.). Kalam Mulia.

Santangelo, T., & Tomlinson, C. A. (2021). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners (3rd ed.). ASCD.

Smith, T. E. C., & Tyler, N. C. (2019). Introduction to special education: Making a difference (9th ed.). Pearson.

Suryani, L., & Basuki, H. (2021). Teacher competency in implementing differentiated instruction for Islamic religious education in inclusive schools. Journal of Teacher Education and Professional Development, 14(2), 89-104. https://doi.org/10.15294/jteped.v14i2.45123

Tomlinson, C. A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms (3rd ed.). ASCD.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wardani, S., & Susilowati, E. (2020). Differentiated learning approach in Islamic religious education: A case study in inclusive elementary schools. Elementary Education Journal, 12(3), 178-195. https://doi.org/10.21043/elementary.v12i3.7856

Yarisda Ningsih, Nur Azmi Alwi, Nur Azizah, Rafa Fauziyyah, & Chalisa Feyruz Firdaus. (2025). Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar: Pemanfaatan Teknologi dan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Siswa. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(4), 59–66. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i4.1866

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Irmayanti, I. (2025). Inovasi Pembelajaran Agama Islam: Pendekatan Diferensiasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 106–112. https://doi.org/10.59086/jkip.v4i2.1008

Issue

Section

Artikel