Pengaruh Kualitas produk, Inovasi dan Interaksi Pelanggan terhadap Brand Image
DOI:
https://doi.org/10.59086/jam.v2i2.328Keywords:
Kualitas Produk , Inovasi , Interaksi Pelanggan , Brand ImageAbstract
Citra merek menjadi hal yang sangat penting dalam membangun suatu entitas, untuk membangun citra merek yang kuat, perusahaan perlu merancang strategi pemasaran yang berfokus pada konsistensi dalam komunikasi merek, interaksi dengan pelanggan, dan pengalaman produk yang positif semua berperan dalam membentuk dan mempertahankan brand image yang positif dan meyakinkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Inovasi dan Interaksi Pelanggan Terhadap Brand Image. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan data bersumber dari angket/kuesioner yang di sebarkan kepada pelanggan Apotek K-24 yang ada di Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang dipilih secara acak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan Dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Brand Image. Kualitas produk memiliki dampak yang signifikan terhadap brand image. Inovasi berpengaruh signifikan terhadap Brand Image. Inovasi memiliki pengaruh yang kuat terhadap brand image karena dapat memperbarui persepsi konsumen tentang merek dan membedakan merek dari pesaingnya. Interaksi pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand image karena setiap kali pelanggan berinteraksi dengan merek, mereka membentuk persepsi yang lebih dalam tentang merek tersebut.
Brand image is very important in building an entity, to build a strong brand image, companies need to design a marketing strategy that focuses on consistency in brand communication, interaction with customers, and positive product experiences all play a role in forming and maintaining a good brand image. positive and reassuring. This study aims to analyze the influence of Product Quality, Innovation, and Customer Interaction on Brand Image. This research is a type of quantitative research with data sourced from questionnaires that were distributed to customers of the K-24 Pharmacy in Medan City. The sample in this study amounted to 100 people who were randomly selected. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. Based on the results of data analysis and discussion, it can be concluded that product quality has a significant effect on brand image. Product quality has a significant impact on brand image. Innovation has a significant effect on Brand Image. Innovation has a strong influence on the brand image because it can update consumer perceptions about the brand and differentiate the brand from its competitors. Customer interaction has a significant effect on the brand image because every time customers interact with a brand, they form a deeper perception of the brand.
Downloads
References
Anam, C., Istiqomah, I. W., & Husna, P. I. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Konsumen, Kualitas Produk, Ekuitas Merek Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eiger Mojokerto. MARGIN ECO, 6(1). https://doi.org/10.32764/margin.v6i1.2577
Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk , Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra ( Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Salatiga ). Muhammad Syariful Anam., 4(1).
Asydiq, F. (2022). Social Network Analylis Terhadap Interaksi Pelanggan Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Cyber Area, 2(8).
Ayuna, G. A., & Seiawati, C. I. (2022). Pengaruh Corporate Rebranding dan Inovasi Produk Pegadaian Digital Service (PDS) terhadap Brand Image PT Pegadaian di Kota dan Kabupaten Bandung. Economics and Digital Business Review, 3(2).
Baihaky, S., Yogatama Ahmad Nizar, & Mustikowati, R. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokkebi Snacks Malang. Jurnal Ilmu Sosial, 1(1).
Daulay, R., Hafni, R., Mirsya Affandy Nasution, S., & Jufrizen, J. (2022). ANTENCENT OF SATISFACTION AND PASSENGER LOYALTY OF LOW-COST CARRIER AIRLINES IN INDONESIA DURING COVID-19 PANDEMIC. International Journal of Economic, Business, Accounting, Agriculture Management and Sharia Administration (IJEBAS), 2(2). https://doi.org/10.54443/ijebas.v2i2.219
Dika Ardimas Sanjaya, K., & Ardani, I. Gst. A. Kt. S. (2018). PENGARUH BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP NIAT BELI ULANG. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p13
Fillayata, V. E., & Mukaram. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung ). Industrial Research Workshop and National Seminar, 7–8.
Hasna, N. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Proses dan Inovasi Layanan Terhadap Kinerja UMKM. Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology.
Guita, M., Lianto, E., Loni , K., Ritonga, R. R., & Nainggolan, E. P. (2023). Effect of Price, Quality Service and Trust to Customer Satisfaction. International Journal Of Economics Social And Technology, 2(1), 32–39. https://doi.org/10.59086/ijest.v2i1.258
Helen Heliani, Dedy Ansari Harahap, & Septiana Ayu Estri Mahani. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop Work Coffee di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i2.4485
Ismail, A., Rahman, N. A. B. D., & Khalid, S. M. (2018). Menilai kesan kualiti interaksi terhadap kepuasan pelanggan di Kafetaria Kolej Kediaman UKM. Journal of Quality Measurement and Analysis, 14(2).
Kaban, L., & Khong, R. (2022). DAMPAK KUALITAS, PERSEPSI KONSUMEN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ENDORSEMENT. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.667
Mintje, E. R., Maria, E., & Tanaem, P. F. (2021). Desain Model E-CRM Untuk Mengelola Interaksi Pelanggan Di KlikDNA Menggunakan Aplikasi Zoho Saat Covid-19. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 7(2). https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i2.2021.99-107
Munfaqiroh, S., Sandy Agung, A. M., & Priyo Sugiharto, D. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(2). https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v15i2.765
Pasaribu, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Internet Speedy Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Telkom, TBK. Sosek, 3(2).
Pentasani, A., Wuryaningrum, R., & Widjajanti, A. (2021). Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi antara Customer service dengan Pelanggan PT KAI. Nuances of Indonesian Language, 2(1). https://doi.org/10.51817/nila.v2i1.61
Ramadhani, F., Kusumah, A., & Hardilawati, W. L. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar Dan Marketing Digital Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pekanbaru. Economics, Accounting and Business Journal, 2(2).
Ridho, M., & Suharyono. (2017a). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Brand Image dan Dampaknya pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 53(1).
Ridho, M., & Suharyono. (2017b). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Brand Image dan Dampaknya pada Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan Kartu Prabayar Simpati, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 53(1).
Septiani, I., Udayana, I., & Hatmanti, L. T. (2022). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(1). https://doi.org/10.32493/drb.v5i1.17205
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1). https://doi.org/10.33603/jibm.v5i1.4929
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dody Salden Chandra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access journal. All works are published under the Creative Commons license CC-BY which means that all content is freely available at no charge to the user or his/her Institution. Users are allowed to read, download, copy, write, improve, and create derivative creation even for other lawful purposes, this license permits anyone to, as long as they cite and license the derivative creation under similar terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.