Pengaruh Beban Kerja Dan Work Life Balance Terhadap Kinerja Akademik Mahasiswa Paruh Waktu di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Authors

  • Adelia Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Praja Hadi Saputra Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yulia Tri Kusumawat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.59086/jam.v4i2.853

Keywords:

Work-Life Balance, Workload, Kinerja Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja dan work life balance terhadap kinerja akademik mahasiswa paruh waktu di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Mahasiswa yang menjalani pekerjaan paruh waktu menghadapi tantangan dalam mengatur waktu antara kuliah dan pekerjaan, yang berpotensi memengaruhi prestasi akademik mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling yang melibatkan 110 responden mahasiswa aktif Program Studi S1 Manajemen yang bekerja paruh waktu. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja dan work life balance secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja akademik mahasiswa. Beban kerja yang sesuai dan keseimbangan antara kehidupan kerja dan studi mampu meningkatkan kinerja akademik mahasiswa paruh waktu. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi mahasiswa dan institusi pendidikan dalam menyusun strategi untuk mendukung keseimbangan peran mahasiswa pekerja.
 
This study aims to analyze the effect of workload and work-life balance on the academic performance of part-time students at the Muhammadiyah University of East Kalimantan. Students who work part-time face challenges in managing their time between study and work, which has the potential to affect their academic achievement. This study uses a quantitative approach with a purposive sampling method involving 110 respondents of active Management Study Program students who work part-time. Data were collected through online questionnaires and analyzed using multiple linear regression. The results showed that workload and work-life balance simultaneously and partially had a significant effect on students' academic performance. Appropriate workload and balance between work life and study can improve the academic performance of part-time students. These findings provide important implications for students and educational institutions in developing strategies to support the balance of student-worker roles.
 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., & Setyawati, D. (2021). Pengaruh beban kerja terhadap prestasi belajar mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(2), 102–110. https://doi.org/10.21009/JPPK.072.10

Anisa, R., & Handayani, S. (2022). Manajemen waktu sebagai mediasi hubungan beban kerja dan prestasi akademik mahasiswa pekerja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 33–42.

Astuti, D. N., & Widyastuti, R. (2021). Pengaruh beban kerja terhadap prestasi belajar mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 9(1), 45–53.

Hidayat, M., & Putri, A. P. (2022). Work-life balance dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik mahasiswa: Studi kasus pada mahasiswa pekerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Psikologi, 5(2), 113–122.

Huda, M. N., Firdaus, A., & Rahman, F. (2023). Konflik peran dan prestasi belajar mahasiswa paruh waktu. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 34–41.

Kahn, R. L., Wolfe, D. M., Quinn, R. P., Snoek, J. D., & Rosenthal, R. A. (1964). Organizational stress: Studies in role conflict and ambiguity. New York: Wiley.

Kim, H., & Jeong, H. (2021). The effects of part-time employment on college students’ academic achievement: Evidence from South Korea. Higher Education Quarterly, 75(4), 695–714. https://doi.org/10.1111/hequ.12293

Kurniawan, A., & Wahyuni, L. (2020). Work-life balance dan hubungan dengan stres akademik pada mahasiswa pekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 157–166.

Kusumawati, D. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja akademik mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 15–24.

Mahmudah, U., Rahayu, F., & Pratiwi, T. (2022). Hubungan antara work-life balance dan motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa pekerja. Jurnal Psikologi Udayana, 9(1), 47–56.

Nugroho, F. A., Prasetyo, H., & Wulandari, A. (2023). Tren mahasiswa bekerja dan tantangannya dalam pendidikan tinggi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 87–99.

Prasetyo, A., & Rahmawati, N. (2019). Hubungan antara work-life balance dan prestasi akademik mahasiswa pekerja. Jurnal Psikologi Terapan, 7(2), 66–72.

Putri, R. D., Hamid, A., & Dewi, S. (2022). Peran work-life balance dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 3(1), 25–33.

QS Global Student Survey. (2022). Student part-time working trends in Southeast Asia. Retrieved from https://www.qs.com/research/global-student-survey-2022

Rachmawati, R., & Nurhidayati, E. (2021). Pengaruh pekerjaan paruh waktu terhadap hasil studi mahasiswa: Studi pada universitas swasta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(3), 78–87.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, L., & Suryani, E. (2021). Konflik peran dan stres akademik pada mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Jurnal Konseling Indonesia, 3(1), 10–18.

Vroom, V. H. (1964). Work and motivation. New York: Wiley.

Wijayanti, D., & Setiawan, R. (2020). Pengaruh beban kerja terhadap kinerja akademik mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 10(1), 52–60.

Yulianti, D., & Wardani, D. K. (2020). Beban kerja dan pengaruhnya terhadap efektivitas belajar mahasiswa pekerja. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 18–27.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Adelia, Saputra, P. H., & Kusumawat, Y. T. (2025). Pengaruh Beban Kerja Dan Work Life Balance Terhadap Kinerja Akademik Mahasiswa Paruh Waktu di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(2), 583–593. https://doi.org/10.59086/jam.v4i2.853