Analisis Kinerja Pembakaran Nozzle Burner Pada Auxiliary Boiler Di Mv. Pan Kristine

Authors

  • Muhammad Akmal Dwisaputra Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Rama Syahputra Simatupang Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Wulan Marlia Sandi Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Azis Nugroho Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Shofa Dai Robbi Politeknik Pelayaran Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59086/jti.v4i2.970

Keywords:

Nozzle burner, Auxiliary Boiler, Metode fisbhone

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab dan dampak dari tersumbatnya nozzle burner pada auxiliary steam boiler di kapal MV. Pan Kristine. Permasalahan yang muncul berupa penurunan tekanan uap dan flame failure saat kapal berlabuh, yang diduga disebabkan oleh gangguan pada sistem pembakaran. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan kru mesin, dokumentasi, serta studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyumbatan nozzle burner disebabkan oleh kurangnya perawatan rutin sesuai Planned Maintenance System (PMS), sistem filtrasi bahan bakar yang tidak efisien, nozzle yang aus atau rusak, serta jarak elektroda yang tidak sesuai dengan manual book. Dampak dari kondisi ini meliputi penurunan efisiensi pembakaran, peningkatan akumulasi jelaga dan kerak di ruang bakar, serta gangguan operasi boiler secara keseluruhan. Penelitian ini merekomendasikan penerapan PMS yang ketat, pemeriksaan berkala pada filter dan nozzle, serta pelatihan kru untuk meningkatkan pemahaman terhadap sistem pembakaran guna menjamin keandalan dan efisiensi kerja auxiliary boiler.
 
This study aims to analyze the causes and impacts of nozzle burner clogging in the auxiliary steam boiler aboard the MV. Pan Kristine. The issue arose from steam pressure drops and repeated flame failures while the ship was anchored, suspected to result from malfunction in the combustion system. Data were collected through direct observation, interviews with engine crew, documentation, and literature study. The findings reveal that the clogging of the nozzle burner is caused by insufficient routine maintenance according to the Planned Maintenance System (PMS), inefficient fuel filtration, worn or damaged nozzles, and electrode spacing that does not comply with the instruction manual. These issues lead to reduced combustion efficiency, increased soot and scale accumulation in the combustion chamber, and overall operational disruption of the boiler. The study recommends implementing a strict PMS, regular inspection of fuel filters and nozzles, and improved crew training to ensure the reliability and efficiency of the auxiliary boiler system.
 

References

Alghifari M.F. (2024). Analisis Kinerja Burner Pada Auxiliary Boiler Untuk Produksi Steam Di Kapal MV Pan Optimum. (Skripsi sarjana, STIP). Diakses pada tanggal 06 Januari 2025. https://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=20318487

Boiler, A., Mv, D. I., & Kahayan, M. (2023). Identifikasi kegagalan pembakaran pada auxiliary boiler di mv. meratus kahayan dengan metode hazop skripsi. Diakses pada tanggal 06 Januari 2025.

Djokosetyardjo. (1990). Ketel Uap. Jakarta: Pradnya Paramita, 1990

https://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=20318487

Candra F. (2023). Analisis Pengaruh Perubahan Beban Terhadap Efisiensi Generator Di PLTU Tanjung Jati B Unit 1 Dan 2. In Tesis Magister. Universitas Islam Sultan Agung. Diakses pada tanggal 06 Januari 2025

Hardani, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV Pustaka Ilmu.

https://www.researchgate.net/publication/340021548_Buku_Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif

MUHAMMAD, A. R. (2021). Analisis Penyumbatan Nozzle Burner Pada Auxiliary Steam Boiler Di Mv. Pan Begonia. (Karya Ilmiah Terapan, PIP Makasar) Diakses pada tanggal 18 Desember 2024

Muin. (1998). Pesawat-Pesawat konversi Energi I (ketel uap). Rajawali. https://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=20210224

Noor. (2016). Metodologi Penelitian. Kencana Prenada Media Group.

Sarifuddin, Wisnu Handoko, & Wida Yuliati. (2017). Kurang Optimalnya Pembakaran Pada Auxiliary Boiler Yang Menghambat Proses Bongkar Muatan Di Mt. Enduro. Dinamika Bahari, 8(1), 1930–1944. https://doi.org/10.46484/db.v8i1.68. Diakses pada tanggal 06 Februari 2025

Satori & Komariyah. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sky, M. V, Purnama, M. I., Saifudin, I., Wanto, K., Geerbel, S., & Rakka, A. (2024). Analisis Terjadinya Flame Failure pada Burner Auxiliary Boiler Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara , Indonesia Auxiliary Boiler di Kapal MV . SKY FREE ” . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1 . Marine Fuel Oil ( M . F . O ) penyulingan minyak mentah . Bahan bakar MFO mempunyai tingkat kekentalan. 1. Diakses pada tanggal 11 April 2025

Sugiharto. (2010). Tinjauan teknis pengoperasian dan pemeliharaan boiler. Forum Teknologi, 6(2).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitaif, kualitatif dan R & D. Bandung: alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Alfabeta.

Teori Segitiga Api. (n.d.). https://andiballadho.com/teori-segitiga-api-fire-triangle/

Yohana dan Askhabulyamin. (2009). Perhitungan Efisiensi Dan Konversi Dari Bahan Bakar Solar Ke Gas Pada Boiler Ebara HKL 1800 KA. Rotasi, 11(3), 13–16.

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Dwisaputra, M. A., Simatupang, R. S., Sandi, W. M., Nugroho, A., & Robbi, S. D. (2025). Analisis Kinerja Pembakaran Nozzle Burner Pada Auxiliary Boiler Di Mv. Pan Kristine. Impression : Jurnal Teknologi Dan Informasi, 4(2), 205–215. https://doi.org/10.59086/jti.v4i2.970

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)