Analisis Penyebab Ketidaksempurnaan Proses Pengabutan Pada Injector Mesin Induk Type Zichai-Yanmar 6N330-EW Di Kapal MV Spil Rumi

Authors

  • Ach. Harbul Fijar Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Saiful Irfan Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Sri Mulyanto Herlambang Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Azis Nugroho Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Monika Retno Gunarti Politeknik Pelayaran Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59086/jti.v4i2.940

Keywords:

efisiensi pembakaran, injector mesin kapal, pengabutan bahan bakar, perawatan sistem filtrasi, tekanan bahan bakar

Abstract

Proses pengabutan bahan bakar pada Injector mesin induk kapal sangat menentukan efisiensi pembakaran. Ketidaksempurnaan proses ini dapat disebabkan oleh tekanan bahan bakar rendah, penyumbatan nozzle, atau kualitas bahan bakar buruk. Penelitian ini dilakukan di kapal MV. SPIL RUMI untuk menganalisis penyebab dan solusi dari ketidaksempurnaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi selama praktik laut di MV. SPIL RUMI. Teknik analisis menggunakan diagram fishbone untuk menemukan penyebab utama permasalahan pengabutan bahan bakar, dengan mempertimbangkan faktor manusia, material, metode, dan mesin secara sistematis dan mendalam. Ditemukan bahwa ketidaksempurnaan pengabutan disebabkan oleh tekanan bahan bakar rendah, penyumbatan nozzle, filter kotor, kualitas bahan bakar buruk, serta purifier yang tidak optimal. Setelah dilakukan perbaikan dan pengujian tekanan, performa Injector kembali normal. Perawatan rutin dan prosedur sesuai manual book menjadi solusi utama untuk mencegah kerusakan serupa. Ketidaksempurnaan pengabutan terjadi akibat tekanan tidak maksimal, penyumbatan nozzle, kualitas bahan bakar rendah, dan filter atau purifier yang tidak terawat. Pencegahan dilakukan melalui perawatan Injector, pengecekan tekanan, penggunaan bahan bakar standar, serta perawatan sistem filtrasi. Perawatan berkala menjamin pembakaran sempurna dan efisiensi mesin yang optimal.
 
The fuel fogging process in the main ship engine injector greatly determines the combustion efficiency. This process imperfection can be caused by low fuel pressure, nozzle blockage, or poor fuel quality. This research was conducted on the MV. SPIL RUMI to analyze the causes and solutions of such imperfections. This study uses a qualitative approach with direct observation, interviews, and documentation methods during marine practice at MV. SPIL RUMI. The analysis technique uses fishbone diagrams to find the main causes of fuel fogging problems, taking into account human, material, method, and machine factors systematically and deeply. It was found that fogging imperfections were caused by low fuel pressure, nozzle clogging, dirty filters, poor fuel quality, and suboptimal purifiers. After repairs and pressure tests, the Injector's performance returned to normal. Regular maintenance and manual procedures are the main solution to prevent similar damage. Fogging imperfections occur due to suboptimal pressure, nozzle blockage, low fuel quality, and unmaintained filters or purifiers. Prevention is carried out through injector treatment, pressure checking, standard fuel use, and filtration system maintenance. Periodic maintenance guarantees perfect combustion and optimum engine efficiency
 

References

Abdullah, R. (2021). PENGOPERASIAN DAN PERAWATAN MESIN INDUK KAPAL PERIKANAN PADA KM. SUMBER REZEKI.

Adha, A. M. (2023). ANALISIS KURANG OPTIMALNYA PENGABUTAN INJEKTOR PADA MESIN INDUK DI KAPAL AHTS TEMASEK SEPINGGAN.

Aria, Z. (2014). Makalah Motor Diesel Tentang Injector.

Marsudi, S., & Khusniawati, F. (2022). PENGARUH PERFORMA TURBOCHARGER TERHADAP KINERJA MESIN INDUK DI MT. GREEN PARK.

Pujiati. (2024). Kerangka Penelitian dan Tata Cara Membuatnya.

Sariffudin, Widada, H., & A. Hase, M. F. (2021). Analisis Menurunnya Kinerja Injektor terhadap Proses Pembakaran Motor Diesel di Kapal. Journal Marine Inside, 31–42. https://doi.org/10.56943/ejmi.v3i2.32

Situyu, S. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN.

Zahri, A., Mela, H., & Hutagaol, G. R. (2024). Cara Kerja Serta Perawatan Dan Perbaikan Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik (Efi) Pada Mesin Diesel 2.500 CC.

Downloads

Published

2025-07-13

How to Cite

Fijar, A. H., Irfan, S., Herlambang, S. M., Nugroho, A., & Gunarti, M. R. (2025). Analisis Penyebab Ketidaksempurnaan Proses Pengabutan Pada Injector Mesin Induk Type Zichai-Yanmar 6N330-EW Di Kapal MV Spil Rumi. Impression : Jurnal Teknologi Dan Informasi, 4(2), 136–150. https://doi.org/10.59086/jti.v4i2.940

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)