Perawatan Injector Akibat Penyumbatan Bahan Bakar Pada Mesin Disel Di Kapal Km Logistik Nusantara 4

Authors

  • Dwi Cahyo Maryandi Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Agus Prawoto Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Trisnowati Rahayu Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Antonius Edy Kristiyono Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Shofa Dai Robbi Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Azis Nugroho Politeknik Pelayaran Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59086/jti.v4i1.730

Keywords:

injector, penyumbatan bahan bakar, perawatan berkala, hasil kinerja injector

Abstract

Injector adalah suatu alat untuk menyemprotkan bahan bakar minyak menjadi kabut halus atau gas yang akan mempermudah gas tersebut terbakar di dalam ruang bakar mesin. Proses pengabutan ini bertujuan agar bahan bakar mudah bercampur dengan udara dan terbakar secara sempurna di dalam ruang bakar mesin. Dengan lancarnya sirkulasi bahan bakar di dalam mesin maka akan berdampak pada efisiennya kinerja injector. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penyebab masalah injector pembakaran pada mesin diesel kapal KM Logistik Nusantara 4 dan merumuskan strategi pemeliharaan yang dapat menyelesaikan masalah tersebut secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode reduksi data untuk menghilangkan materi-materi yang tidak perlu dan mengorganisasikan data sehingga dapat ditarik kesimpulan akhir, hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa penyebab kerusakan injector disebabkan oleh terkontaminasi partikel asing dalam bahan bakar. Dengan itu diperlukan perawatan rutin seperti pembersihan injector dan filter secara berkala. Sehingga untuk mempertahankan kualitas injector bahan bakar di kapal, memperpanjang usia mesin kapal, dan meningkatkan efisiensi operasional kapal
An injector is a device to spray fuel oil into a fine mist or gas that will make it easier for the gas to burn in the combustion chamber of the engine. This fogging process aims to make the fuel easily mix with the air and burn perfectly in the engine's combustion chamber. With the smooth circulation of fuel in the engine, it will have an impact on the efficiency of the injector performance. This study aims to investigate the cause of the combustion injector problem in the diesel engine of the KM Logistik Nusantara 4 ship and formulate a maintenance strategy that can solve the problem effectively. This study uses a data reduction method to eliminate unnecessary materials and organize the data so that a final conclusion can be drawn, the final results of the study show that the cause of the damage to the injector is caused by contamination of foreign particles in the fuel. With that, regular maintenance is required such as regular cleaning of injectors and filters. So as to maintain the quality of the fuel injector on the ship, extend the life of the ship's engine, and improve the operational efficiency of the ship
 

References

Achmad. (2015). Teori Dasar Mesin Diesel.

Ashar. (2021). Study Eksperimen Pengaruh Kotornya Bahan Bakar Terhadap RPM (Revolution Per Minute) DI MT. ROYAL CRYSTAL 7.

Atsna. (2024). Marine Diesel Oil: Karakteristik, Manfaat, & Perbedaannya. https://solarindustri.com/blog/marine-diesel-oil/

Baso. (2024). Mekanisme Kinerja dan Kualitas Perawatan Injector Mesin Induk di Kapal KMP. Merak PT. ASDP Indonesia Ferry (PERSERO). Hengkara Majaya, 5(1), 5–12. https://doi.org/10.61759/hmj.v5i1.80

Benyamin. (2024). Analisis Kinerja Injector Dalam Proses Pembakaran Mesin Induk Di Kapal Mv.Aishakamilah.

Dzahab, I. S. (2019). Analisa Eksperimen Pengaruh Gas Split Injection Pada Mesin Bahan Bakar Ganda Terhadap Emisi Gas Buang.

Febriyanto. (2019). Pengaruh Injektor Terhadap Meningkatnya Suhu Gas Buang Mesin Induk Di Atas Kapal MV.MARA.

Firdaus, D. (2020). Kajian Performansi Mesin Diesel 1 Silinder Menggunakan Bahan Bakar Campuran Solar Dan Biodiesel Minyak Kanola Dengan Hi-Cester. Jurnal Dinamis, 8(1).

Geraioto. (2023). Nosel Yang Memiliki Lubang Banyak Pada Ujungnya & Cara Kerja. https://www.geraioto.com/nosel-yang-memiliki-lubang-banyak-pada-ujungnya-disebut/

Herwati, I. (2016). Modul PKB Teknik Produksi Migas Grade H.

Hidayat, A. (2024). Jenis Injektor yang Biasa Digunakan Pada Mesin Kendaraan. https://otomotif.katadata.co.id/otopedia/jenis-injektor-yang-biasa-digunakan-pada-mesin-kendaraan-9179

Marinu. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). 7.

Menteri Perhubungan. (2001). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : KM. 21 TAHUN 2007.

Mutia. (2023). Analisa Dampak Turunnya Tekanan Injektor Pada Mesin Diesel Penggerak Utama Jenis 2 Tak Tipe DUSULZER 6RTA58T Di Kapal MV. URMILA.

Niaga. (2020). Komponen Dan Tipe Nozzle Pada Mesin Diesel. https://niagakita.id/2020/07/18/komponen-dan-tipe-nozzle-pada-mesin-diesel/

Nugroho, A. P., & Wahyuni, D. O. (2018). Pengaruh Pengabutan Bahan Bakar Terhadap Kualitas Pembakaran Pada Mesin Induk Di MT. Bauhinia. In Jurnal Dinamika Bahari (Vol. 9, Issue 1).

Nurcahyo. (2024). Peningkatan Efisiensi Injeksi Bahan Bakar Pada Mesin Utama Dikapal MT. STRAIT ENERGY.

Nurdyansah. (2025). Biografi Rudolf Diesel, Kisah Penemu Mesin Diesel Yang Meninggal Secara Misterius . https://www.biografiku.com/biografi-rudolf-diesel/

Pratama, H. (2024). Konsep Perencanaan Transportasi (Andi Asari, Ed.).

Salma. (2022). Reduksi Data: Pengertian, Tujuan, Langkah-Langkah, dan Contohnya. https://penerbitdeepublish.com/reduksi-data-adalah/

Sharma. (2024). Jenis-jenis Sistem Injeksi Bahan Bakar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RND (1st ed.). Alfabeta.

Suyono. (2020). Trasportasi. 1–2.

Wahyudin. (2010). Sistem Bahan Bakar Kapal (heavy fuel oil system). https://kapal-cargo.blogspot.com/2010/07/sistem-bahan-bakar-kapal-heavy-fuel-oil.html

Downloads

Published

2025-06-08

How to Cite

Maryandi, D. C., Prawoto, A., Rahayu, T., Kristiyono, A. E., Robbi, S. D., & Nugroho, A. (2025). Perawatan Injector Akibat Penyumbatan Bahan Bakar Pada Mesin Disel Di Kapal Km Logistik Nusantara 4. Impression : Jurnal Teknologi Dan Informasi, 4(1), 15–25. https://doi.org/10.59086/jti.v4i1.730

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)