Identifikasi Penyebab Tidak Optimalnya Kinerja Kompresor Terhadap Pengisian Botol Angin Di Kapal MV. HL Dalrymple Bay

Authors

  • Hasdan Fahrizal Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Rama Syahputra Simatupang Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Prima Yudha Yudianto Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Antonius Edy Kristiyono Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Monika Retno Gunarti Politeknik Pelayaran Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59086/jti.v4i2.936

Keywords:

botol angin, cylinder head, kinerja kompresor, piston ring, sistem pelumasan

Abstract

Pengisian botol angin pada kapal merupakan proses vital untuk mendukung sistem air starting mesin utama dan bantu. Namun, pada kapal MV. HL Dalrymple Bay ditemukan indikasi penurunan kinerja kompresor, khususnya saat manuver, ditandai dengan lamanya waktu pengisian dan tekanan udara yang tidak mencapai standar. Permasalahan ini berisiko mengganggu operasional kapal secara keseluruhan. Penelitian ini difokuskan pada faktor yang menyebabkan turunnya kinerja kompresor pada proses pengisian botol angin, dan apa dampak dari penurunan kinerja tersebut terhadap efisiensi dan keselamatan operasional kapal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung selama praktik laut selama 12 bulan, serta dokumentasi teknis lapangan. Data dianalisis untuk mengidentifikasi gejala, akar permasalahan, serta solusi teknis yang relevan. Ditemukan bahwa penyebab utama turunnya performa kompresor adalah sistem pelumasan yang tidak optimal, kebocoran pada cylinder head, serta keausan pada piston dan ring piston. Dampaknya adalah waktu pengisian botol angin menjadi lebih lama dari standar, serta munculnya potensi gangguan pada manuver kapal. Rekomendasi meliputi pelaksanaan perawatan berkala, penggantian komponen aus, serta peningkatan keterampilan kru melalui pelatihan teknis.
 
Filling the air bottle on the ship is a vital process to support the main and auxiliary engine air starting system. However, on the MV. HL Dalrymple Bay was found to indicate a decrease in compressor performance, particularly during maneuvering, characterized by long charging times and air pressure that did not reach the standard. This problem risks disrupting the overall operation of the ship. This study focuses on the factors that cause the decline in compressor performance in the process of filling air bottles, and what is the impact of this decrease in performance on the efficiency and operational safety of the ship. This study uses a descriptive qualitative approach. Data collection was carried out through direct observation during marine practice for 12 months, as well as technical field documentation. The data is analyzed to identify symptoms, root causes, and relevant technical solutions. It was found that the main causes of the decline in compressor performance were suboptimal lubrication systems, leaks in the cylinder head, and wear on the pistons and piston rings. The impact is that the time to fill the air bottle becomes longer than standard, as well as the appearance of potential interference with the ship's maneuvers. Recommendations include the implementation of periodic maintenance, replacement of worn components, and improvement of crew skills through technical training
 

References

Barasa, L., Togatorop, A. L., & Szesze, M. (2021). Meteor Stip Marunda. Jurnal Ilmiah Nasional Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, 14(2), 100–129.

Harliman Saleh, M., Susanto, H., & Kurniasih, P. (2024). Indonesian Journal of Marine Engineering Optimalisasi Turunnya Kinerja pada Main air compressor terhadap Kebutuhan Udara dalam Olah Gerak di Kapal MV. Oriental Jade Optimizing The Decrease in The Performance of Main Air Compressor Regarding Air Requirements. I, 1–8.

Jafar, M., Hasiah, H., & Rakhman Muthalib, A. (2022). Analisis Menurunnya Produksi Udara Bertekanan Yang Dihasilkan Oleh Kompresor di MV. MERATUS KALABAHI. Jurnal Venus, 9(1), 27–38. https://doi.org/10.48192/vns.v9i01.434

Mahendra Eka Perdana, Dirhamsyah, & Hendra Purnomo. (2022). Analisa Menurunnya Produktivitas Udara Pada Kompresor Udara Di Atas Kapal Kmp. Portlink Iii. Jurnal 7 Samudra, 7(2), 31–42. https://doi.org/10.54992/7samudra.v7i2.108

Rafsyan Zani, F., & Supriyanto, H. (2021). Analisis Perbaikan Proses Pengemasan Menggunakan Metode Root Cause Analysis Dan Failure Mode And Effect Analysis Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Pada CV. XYZ. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan IX, 140–146.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta (Issue January).

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, K. dan P. J. P. F. I. M. (n.d.). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan Penelitian gabungan.

Ruhansih, D. S. (2017). EFEKTIVITAS STRATEGI BIMBINGAN TEISTIK UNTUK PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS REMAJA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Downloads

Published

2025-07-13

How to Cite

Fahrizal, H., Simatupang, R. S., Yudianto, P. Y., Kristiyono, A. E., & Gunarti, M. R. (2025). Identifikasi Penyebab Tidak Optimalnya Kinerja Kompresor Terhadap Pengisian Botol Angin Di Kapal MV. HL Dalrymple Bay. Impression : Jurnal Teknologi Dan Informasi, 4(2), 125–135. https://doi.org/10.59086/jti.v4i2.936

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)