Analisis Kerusakan Piston Pada Kompresor Udara Type Hatlapa Hamworthy V-Line 150 Di Kapal MT. Prima Lautan II

Authors

  • Moh. Ainul Yakin POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA
  • Moejiono Moejiono POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA
  • Kuntoro Bayu Ajie POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA
  • Antonius Edy Kristiyono POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA
  • Shofa Dai Robby POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA
  • Azis Nugroho POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.59086/jti.v4i2.963

Keywords:

fishbone, kompresor udara, piston

Abstract

Kompresor udara merupakan mesin bantu yang sangat penting dalam sistem permesinan kapal, khususnya dalam proses starting main engine yang membutuhkan tekanan udara tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kerusakan piston pada kompresor udara type Hatlapa Hamworthy V-Line 150 dan dampak yang ditimbulkan terhadap operasional kapal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung di atas kapal MT. Prima Lautan II, wawancara dengan perwira mesin (KKM, Masinis 2, dan Masinis 3), serta dokumentasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama kerusakan piston adalah tersumbatnya intercooler akibat korosi dan kotoran, kualitas pelumas yang menurun karena melebihi jam kerja (running hours), serta pemakaian material piston yang telah melewati batas jam kerja yang ditentukan. Dampak dari kerusakan ini adalah terganggunya sistem udara, kegagalan start main engine, dan menurunnya efisiensi operasional kapal. Analisis dilakukan menggunakan metode fishbone untuk mengidentifikasi akar permasalahan. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya pemeliharaan rutin, penggantian suku cadang sesuai manual book, dan peningkatan kesadaran kru kapal terhadap pentingnya perawatan sistem udara.
 
The air compressor is a very important auxiliary engine in the ship's engine system, especially in the process of starting the main engine which requires high air pressure. This study aims to analyze the cause of piston damage in the Hatlapa Hamworthy V-Line 150 type air compressor and the impact it has on ship operations. The research method used is qualitative, with data collection techniques through direct observation on board the MT ship. Prima Lautan II, interviews with mechanical officers (KKM, Machinist 2, and Machinis 3), as well as field documentation. The results of the study show that the main cause of piston damage is intercooler clogging due to corrosion and dirt, decreased lubricant quality due to exceeding running hours, and the use of piston materials that have exceeded the specified working hour limit. The impact of this damage is the disruption of the air system, the failure of the main engine start, and the decline in the ship's operational efficiency. The analysis was carried out using the fishbone method to identify the root of the problem. The results of this study emphasized the importance of routine maintenance, replacement of spare parts according to the manual, and increased awareness of the ship's crew on the importance of air system maintenance.
 

References

Arief, Y. (2024). Analisa Perhitungan Tabung Intercooler Pada Kompresor Udara Dua Tingkat. Teknobiz: Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin: 14(2), 132-138. https://journal.univpancasila.ac.id/.

Abdul, R. (2020). Optimalisasi Perawatan Kompresor Udara Guna Menunjang Operasional Mesin Induk di Kapal MT Java Palm. Meteor STIP Marunda, 13(2), 66-70. https://ejournal.stipjakarta.ac.id/

Eka, P. M. (2022). Analisa menurunnya produktivitas udara pada kompresor udara di atas kapal kmp. Portlink III. Jurnal 7 Samudra, 7(2), 31-42. https://ojs.pppm.poltekpel-sby.ac.id/.

Fahmi, F. (2019). Kurangnya tekanan udara start yang berakibat kegagalan start pada mesin induk di km. Armada sejati dengan metode fishbone dan fault tree analysis (Karya Ilmiah Terapan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang). http://www.library.pip-semarang.ac.id.

Harliman, M. S. (2024). Optimalisasi Turunnya Kinerja pada Main air compressor terhadap Kebutuhan Udara dalam Olah Gerak di Kapal MV. Oriental Jade. Indonesian Journal of Marine Engineering, 1(1), 24-31. https://ejurnal.pip-semarang.ac.id.

Minannurochim, A.B. (2024). Patahnya Ring Piston Pada Air Compressor No. 2 Yang Mengakibatkan Terganggunya Proses Pengisian Angin Pada Air Reservoir di MV. Oriental Jade (Karya Ilmiah terapan, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG). https://library.pip-semarang.ac.id.

Margo, S. (2022). Upaya Perawatan Kompresor Udara Dua Tingkat Untuk Menghasilkan Udara Bertekanan Tinggi Di Kapal KM. SK3. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 4(2), 21-27. https://jurnal.akmicirebon.ac.id.

Nurul, A. (2018). Analisis Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Menggunakan Metode Fishbone Diagram. Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 3(2), 127-133.

Paris, S. (2020). Analisis Menurunnya Produksi Udara Bertekanan Yang Dihasilkan Oleh Air Compressor Di Kapal Spob. Cintiana Pratama. Jurnal Venus, 8(2), 30-40.

Rohmad, Q. (2009). Teknik penelusuran analisis data kuantitatif dalam penelitian kependidikan. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(3), 527-539.

Santhi, W. (2022). Identifikasi penyebab tidak optimalnya kinerja kompresor utama terhadap pengisian botol angin di kapal KM. Hari Baru Indonesia. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 4(1),1-6. https://jurnal.akmicirebon.ac.id/

Utama, P. S. (2021). Analisis kerusakan crankpin bearing pada main air compressor di mt. Success dalia xlviii (Karya Ilmiah Terapan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang). https://library.pip-semarang.ac.id

Zuchri, A. H. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press. https://books.google.co.id.

Downloads

Published

2025-07-19

How to Cite

Yakin, M. A., Moejiono, M., Ajie, K. B., Kristiyono, A. E., Robby, S. D., & Nugroho, A. (2025). Analisis Kerusakan Piston Pada Kompresor Udara Type Hatlapa Hamworthy V-Line 150 Di Kapal MT. Prima Lautan II. Impression : Jurnal Teknologi Dan Informasi, 4(2), 176–190. https://doi.org/10.59086/jti.v4i2.963

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)