Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Sebagai Intervening Di Klinik Fast Medika Center

Penulis

  • Tao Putri Institut Teknologi & Bisnis Asia
  • Theresia Pradiani Institut Teknologi & Bisnis Asia
  • Fathorrahman Institut Teknologi & Bisnis Asia

DOI:

https://doi.org/10.59086/jeb.v2i1.211

Kata Kunci:

Service quality , Facilities , Patient Satisfaction , Patient loyalty

Abstrak

The purpose of this study is to influence service quality and facilities on loyalty with patient satisfaction as an intervening variable at the Klinik Fast Medika Center. The data used in this study are primary data obtained from the results of questionnaires. The sample in this study is 73 outpatients, with the sampling technique using purposive sampling. The data analysis technique used in this study is path analysis and the Sobel test using SPSS 25.0. The results show that service quality has a significant effect on patient satisfaction, facilities have a significant effect on patient satisfaction, there is an effect of patient satisfaction on loyalty, there is an influence of service quality on satisfaction, there is an influence of facilities on patient satisfaction, service quality influences loyalty through patient satisfaction and facilities influences loyalty through patient satisfaction.

Referensi

Daradjat, Z. (2012). Ilmu Pendidikan Islam (10th ed.). PT Bumi Aksara.

Fadhila, N. A., & Diansyah. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Pasien sebagai Variabel Intervening. Media Studi Ekonomi, 21(1).

Girman, Edris, M., & Sutono. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada RSI Sunan Kudus. Jurnal Studi Manajemen Bisnis, 2(1).

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV Alfabeta.

Indra, D. P., Ramadhan, Y., & Ruswanti, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Yang Dimediasi Oleh Pemasaran Relasional dan Kepuasan Pasien. Jurnal Health Sains, 3(2).

Jill Griffin. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran: Jilid 1 (12th ed.). PT Indeks Jakarta.

Kurniawan, Y., Tj, H. W., & Fushen. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Pasien BPJS Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pasien Pengguna BPJS Kesehatan di RSIA Bunda Sejahtera). Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 6(1).

Lovelock, C. H., & Wright, L. K. (2005). Pemasaran Jasa (Terjemahan). Gramedia Pustaka Utama.

Ratminto, & Winarsih, A. S. (2005). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Pustaka Pelajar.

Sanosra, A., Nursaid, & Sugroho, A. S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen, 14(1), 119–131.

Sari, S. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien (Studi Pada Rumah Sakit Bhayangkara Tk II Sartika Asih Bandung). Jurnal Economix, 9(1).

Suryaningrat, D. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan sebagai Variabel Intervening dalam Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus di Rumah Sakit Yarsi Pontianak). Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 3(1), 115–125.

Tamonsang, M., & Apriliyanto, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Poliklinik Jantung Rsud Bakti Dharma Husada Surabaya). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 72–80.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2005). Service, Quality & Satisfaction. CV. Andi Offset.

Wijaya, P. S. M., & Lomi, R. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Loyalitas di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Aktual, 16(2). https://jurnal.stieieu.ac.id/index.php/opt/article/view/147

Winata, A., & Prabowo, B. (2022). Pengaruh Harga, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada London Beauty Center (LBC) Sidoarjo. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 805–815

Diterbitkan

2023-01-04

Cara Mengutip

Putri, T., Pradiani, T. ., & Fathorrahman. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Sebagai Intervening Di Klinik Fast Medika Center. Bursa : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.59086/jeb.v2i1.211

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama