Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Sebagai Intervening Di Klinik Fast Medika Center
DOI:
https://doi.org/10.59086/jeb.v2i1.211Keywords:
Service quality , Facilities , Patient Satisfaction , Patient loyaltyAbstract
The purpose of this study is to influence service quality and facilities on loyalty with patient satisfaction as an intervening variable at the Klinik Fast Medika Center. The data used in this study are primary data obtained from the results of questionnaires. The sample in this study is 73 outpatients, with the sampling technique using purposive sampling. The data analysis technique used in this study is path analysis and the Sobel test using SPSS 25.0. The results show that service quality has a significant effect on patient satisfaction, facilities have a significant effect on patient satisfaction, there is an effect of patient satisfaction on loyalty, there is an influence of service quality on satisfaction, there is an influence of facilities on patient satisfaction, service quality influences loyalty through patient satisfaction and facilities influences loyalty through patient satisfaction.
References
Daradjat, Z. (2012). Ilmu Pendidikan Islam (10th ed.). PT Bumi Aksara.
Fadhila, N. A., & Diansyah. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Pasien sebagai Variabel Intervening. Media Studi Ekonomi, 21(1).
Girman, Edris, M., & Sutono. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada RSI Sunan Kudus. Jurnal Studi Manajemen Bisnis, 2(1).
Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV Alfabeta.
Indra, D. P., Ramadhan, Y., & Ruswanti, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Yang Dimediasi Oleh Pemasaran Relasional dan Kepuasan Pasien. Jurnal Health Sains, 3(2).
Jill Griffin. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran: Jilid 1 (12th ed.). PT Indeks Jakarta.
Kurniawan, Y., Tj, H. W., & Fushen. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Pasien BPJS Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pasien Pengguna BPJS Kesehatan di RSIA Bunda Sejahtera). Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 6(1).
Lovelock, C. H., & Wright, L. K. (2005). Pemasaran Jasa (Terjemahan). Gramedia Pustaka Utama.
Ratminto, & Winarsih, A. S. (2005). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Pustaka Pelajar.
Sanosra, A., Nursaid, & Sugroho, A. S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen, 14(1), 119–131.
Sari, S. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien (Studi Pada Rumah Sakit Bhayangkara Tk II Sartika Asih Bandung). Jurnal Economix, 9(1).
Suryaningrat, D. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan sebagai Variabel Intervening dalam Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus di Rumah Sakit Yarsi Pontianak). Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 3(1), 115–125.
Tamonsang, M., & Apriliyanto, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Poliklinik Jantung Rsud Bakti Dharma Husada Surabaya). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 72–80.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2005). Service, Quality & Satisfaction. CV. Andi Offset.
Wijaya, P. S. M., & Lomi, R. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Loyalitas di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Aktual, 16(2). https://jurnal.stieieu.ac.id/index.php/opt/article/view/147
Winata, A., & Prabowo, B. (2022). Pengaruh Harga, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada London Beauty Center (LBC) Sidoarjo. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 805–815
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bursa : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are permitted to adapt and share scientific works in this journal as well as
Commercial use
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.