Analisis Perbandingan Metode Pemasaran Sales Call Dengan Pemasaran Digital di Destinasi Wisata Taman Air Sabda Alam

Authors

  • Visila Mutiara Sekolah Tinggi Pariwisata ARS Internasional
  • Faizal Hamzah Sekolah Tinggi Pariwisata ARS Internasional

DOI:

https://doi.org/10.59086/jam.v4i2.865

Keywords:

Sales Call, Digital Marketing, Taman Air Sabda Alam, Promotion Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan efektivitas metode pemasaran Sales Call dan pemasaran Digital dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Destinasi Wisata Taman Air Sabda Alam di Cipanas, Garut. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Sales Call lebih efektif dalam menghasilkan kunjungan wisatawan secara langsung, terutama dari kelompok institusi melalui kerja sama yang terjadwal. Sebaliknya, pemasaran digital lebih unggul dalam penyebaran informasi dan membangun brand awareness, namun belum optimal dalam konversi kunjungan nyata. Oleh karena itu, metode Sales Call dinilai lebih relevan untuk diterapkan dalam konteks promosi wisata kelompok di Taman Air Sabda Alam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). Strategi Membangun Keunggulan Kompetisi Melalui Komunikasi Digital Marketing. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Cemporaningsih, E., Raharjana, D. T., & Damanik, J. (2020). Ekonomi Kreatif sebagai Poros Pengembangan Pariwisata di Kecamatan Kledung dan Bansari, Kabupaten Temanggung. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(2), 106. https://doi.org/10.22146/jnp.60401

chaerunissa. (2020). Analisis Komponen Pengembangan Pariwisata Desa Wisata Wonopolo Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 9(4), 159–175.

Hamzah, F. (2024). Strategi Pemasaran Paket Wisata Melalui Media Online Pada Belitung Cantik Tour And Travel. Jurnal Sain Manajemen, 6(2), 76–86.

Hamzah, F., Hermawan, H., & Srinatami, D. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Situs Cagar Budaya Gunung Padang Sebagai Destinasi Wisata dan Peninggalan Sejarah Kebudayaan. Media Wisata, 19(1), 57–67. https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.66

Jurnal, J., Mea, I., Keputusan, T., Di, B., & Ra, M. (2024). PENGARUH AMENITAS DAN DAYA TARIK WISATA JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 8(3), 1412–1427.

Rika Widianita, D. (2023). Tranformasi Pemasaran Tradisional Ke E-Marketing:Tinjauan Literatur Tentang Dampak Penggunaan Tekonologi Digital Terhadap Daya Saing Pemasaran Bisnis. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Rulinawaty, R., Risnashari, R., & Lince, R. (2021). “Orang Kampung”, Pemasaran Digital, Dan Kebijakan Publik: Sebuah Tinjauan Dan Agenda Penelitian. Studi Kasus : Pemasaran Tradisional Songko Recca. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 575. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6509

Sudiarta, I. M., Suharsono, N., Tripalupi, L. E., & Irwansyah, M. R. (2021). Analisis Dampak Perkembangan Pariwisata Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat. Business and Accounting Education Journal, 2(1), 22–31. https://doi.org/10.15294/baej.v0i1.42765

Susilawati, W., Maoludin, D. T., Maoludin, A., & Ramdani, R. M. (2020). Evaluasi Kesadaran Wisatawatan Lokal Mengenai Wisata Halal Pemandian Air Panas Garut. Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2), 199–207.

Utarki, S., Pratama, E. A., & Hellyana, C. M. (2020). Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Website Pada Taman Nasional Gunung Ciremai Jawa Barat. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 6(1), 19–32. https://doi.org/10.31294/ijse.v6i1.7950

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Mutiara, V., & Hamzah, F. (2025). Analisis Perbandingan Metode Pemasaran Sales Call Dengan Pemasaran Digital di Destinasi Wisata Taman Air Sabda Alam. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(2), 843–852. https://doi.org/10.59086/jam.v4i2.865