Peran Employer Branding Dan Komitmen Organisasi Terhadap Employee Retention Pada Pekerja Generasi Z

Authors

  • Emma Maulidah Syafa’ah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Asmadhini Handayani Rahmah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.59086/jam.v4i2.879

Keywords:

Employer Branding, Komitmen Organisasi, Employee Retention, Generasi Z, Wedding Organizer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh employer branding dan komitmen organisasi terhadap employee retention pada pekerja Generasi Z di industri wedding organizer di Kota Samarinda. Generasi Z dikenal memiliki mobilitas kerja tinggi dan preferensi terhadap lingkungan kerja yang fleksibel serta bermakna, sehingga perusahaan perlu membangun citra yang menarik dan menciptakan ikatan emosional dengan karyawan muda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 100 responden melalui kuesioner, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa employer branding dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee retention, dengan komitmen organisasi memiliki pengaruh yang lebih dominan. Temuan ini menekankan pentingnya penguatan branding internal dan hubungan manajemen-karyawan dalam meningkatkan retensi pekerja muda di industri wedding organizer.

This study aims to examine the role of employer branding and organizational commitment on employee retention among Generation Z workers in the wedding organizer industry in Samarinda City. Generation Z is known for high job mobility and a preference for flexible and meaningful work environments. Therefore, companies must build an attractive employer image and foster strong emotional bonds with young employees. This research adopts a quantitative method with a case study approach, involving 100 respondents through questionnaires and analyzed using multiple linear regression. The results show that employer branding and organizational commitment simultaneously have a positive and significant effect on employee retention, with organizational commitment showing a stronger influence. These findings highlight the importance of strengthening internal branding and improving management–employee relationships to enhance the retention of young workers in the wedding organizer industry

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya Santika, A., Hamonangan Saragih, T., Kartini, D., & Ramadhani, R. (2023). Penerapan Skala Likert Pada Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Agen BRILink Menggunakan Random Forest. 11(3). https://doi.org/10.26418/justin.v11i3

Astuti, D., Si, S., & Ekonomi, F. (2022). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Akutansi Dan Manejemen Bisnis, 2(2), 55–68.

Azizah, R. N., & Wulandari, D. A. (2022). Analisis Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Lama Bekerja sebagai Variabel Moderasi pada Pekerja Generasi Z di Kota Salatiga. Skripsi / Laporan Penelitian Mahasiswa, Analisis pengaruh self efficacy dan motivasi terhadap kinerja karyawan dengan lama bekerja sebagai variabel moderasi pada pekerja Generasi Z di Kota Salatiga (Skripsi), 1–2.

Berthon, P., Ewing, M., & Lian Hah, L. (2005). Captivating company: dimensions of attractiveness in employer branding. www.warc.com

Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., & Panatap Soehaditama, J. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). https://doi.org/10.38035/jim.v3i1

Dwinanda Ilmawan, M., Agil, M., Yafi, B., Rilantiana, R., & Kustyadji, G. (2023). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri The Impact of Employer Branding and Career Development on Employee Retention at Al-Ibrah Foundation. Entrepreneurship, Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (E-BISMA), 464–465. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika

Putri, A. R., & Nugroho, B. S. (2023). Analisis pengaruh self-efficacy dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada pekerja generasi Z di Kota Salatiga. Jurnal Psikologi dan Manajemen Sumber Daya Manusia, 5(2), 101–112. https://doi.org/10.1234/jpsdm.v5i2.1234

Mardiatmoko, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

Miftahul Janna, N., & Pembimbing, D. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Spss.

Rachman, A., & Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D. CV Saba Jaya Publisher.

Ravesangar, K., & Narayanan, S. (2024). Adoption of HR analytics to enhance employee retention in the workplace: A review. Human Resources Management and Services, 6(3), 3481. https://doi.org/10.18282/hrms.v6i3.3481

Ria Purnama, D., & Mayliza Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP, R. (n.d.). Pengaruh Employee Retention Terhadap Turnover Intention Dan Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia Unit Lubuk Buaya Cabang Padang.

Tanwar, K., & Prasad, A. (2016). Exploring the Relationship between Employer Branding and Employee Retention. Global Business Review, 17, 186S-206S. https://doi.org/10.1177/0972150916631214

Vieira, J., & Gomes, C. (2024). Talent Management and Generation Z: A Systematic Literature Review through the Lens of Employer Branding. Administrative Sciences, 4–5. https://doi.org/10.3390/admsci

Downloads

Published

2025-07-07

How to Cite

Syafa’ah , E. M., & Rahmah, A. H. (2025). Peran Employer Branding Dan Komitmen Organisasi Terhadap Employee Retention Pada Pekerja Generasi Z. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(2), 562–572. https://doi.org/10.59086/jam.v4i2.879