Efektivitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Kliring Pajak Pada Kantor Bersama Samsat Dompu

Authors

  • Hesti Darmawati putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Dompu
  • Irwansyah Irwansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Dompu
  • Sumarni Sumarni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Dompu

Keywords:

Efektivitas , Pelayanan , Pajak Kendaraan Bermotor , Samsat

Abstract

Efektivitas adalah seberapa jauh tercapainya suatu target yang telah ditentukan sebelumnya, efektivitas menunjukkan keberhasilan atau kegagalan dalam mencapai tujuan serta berpengaruh dengan pengeluaran atau hasil akhir sebuah penilaian. Sedangkan, pelayanan adalah suatu kegiatan untuk membantu melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar sesuai hak-hak setiap warga Negara dengan menggunakan standar yang ditentukan. Penelitian pajak kendaraan bermotor dilakukan pada kantor SAMSAT Dompu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu. Pelaksanaan pembayaran pajak kendaraan bermotor dilaksanakan oleh 3 (tiga) instansi terkait yaitu Badan Pendapatan Daerah, Kepolisian, dan Jasa Raharja (persero). Dalam penelitian ini ada beberapa teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 5 Aspek pelayanan publik yaitu Tangibles (bukti langsung), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (empati) dan menggunakan faktor pendukung pelayanan serta faktor penghambat pelayanan. Key informan penelitian terdiri dari 10 (sepuluh) orang yaitu 5 (lima) dari pegawai yang memberikan pelayanan dan 5 (lima) dari wajib pajak yang membayar pajak kendaraan bermotor.
 
Effectiveness is how far a predetermined target is achieved, effectiveness shows success or failure in achieving goals and influences expenditure or the final result of an assessment. Meanwhile, service is an activity to help serve the community in meeting basic needs according to the rights of every citizen by using predetermined standards. Motor vehicle tax research was carried out at the SAMSAT office in Dompu Village, Dompu District, Dompu Regency. The type of this research is descriptive qualitative research, namely data collection research by interviewing and written data using descriptive qualitative methods. Data collection techniques used were observation, interviews with a number of informants, and from certain documents related to research. In this study there were several data collection techniques carried out by the author, namely observation, interviews, and documentation. This study uses 5 aspects of public service, namely Tangibles (direct evidence), Reliability (reliability), Responsiveness (responsiveness), Assurance (guarantee), and Empathy (empathy) and uses service supporting factors and service inhibiting factors. The research key informants consisted of 10 (ten) people, namely 5 (five) from employees who provided services and 5 (five) from taxpayers who paid motor vehicle taxes.
 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bastian. (2012). Pengertian Efektivitas. Dalam Efektivitas Penerapan Genose C19 Sebagai Syarat Menggunakan Transportasi Kereta Api. Jawa Timur: Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

Hasan. (2009). Pengertian Data dan Variabel Penelitian. Dalam Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kotler. (2018). Pelayanan. Dalam Manajemen Pemasaran (Edisi ketiga belas, Bahasa Indonesia, Jilid 1 dan 2). Jakarta: Erlangga.

Moenir. (2007). Faktor Pendukung Pelayanan. Dalam Pengertian Pelayanan Publik Menurut Para Ahli. Jakarta: Bumi Aksara.

Moenir. (2015). Pelayanan Publik. Dalam Pengertian Pelayanan Publik Menurut Para Ahli. Jakarta: Bumi Aksara.

Monir. (2003). Pelayanan. Dalam Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustaqiem, D. (2017). Hukum Pajak. Dalam Buku Perpajakan dalam Konteks Teori dan Hukum Pajak di Indonesia. Yogyakarta: Buku Litera.

Nathania, S. (2017). Perspektif Keefektifan. Dalam Komunikasi Efektif dalam Praktek Kolaborasi Interprofesi sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan, Journal of Health Studies, 1(1), 65–71.

Riftiasari. (2019). Definisi Pajak. Dalam Teori Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.

Sinambela, L. P. (2011). Pelayanan. Dalam Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Informan Penelitian. Dalam Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumaryadi, I. N. (2010). Pelayanan Publik. Dalam Sosiologi Pemerintahan dari Perspektif Pelayanan, Pemberdayaan, Interaksi, dan Sistem Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wijayanto, M., & dkk. (2007). Faktor Pendukung Pelayanan. Dalam Kualitas Pelayanan Publik di Kantor. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

putri, H. D., Irwansyah, I., & Sumarni, S. (2025). Efektivitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Kliring Pajak Pada Kantor Bersama Samsat Dompu. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(2), 1256–1264. Retrieved from https://jurnal.risetilmiah.ac.id/index.php/JAM/article/view/1031