Pendampingan Branding dan Digital Marketing Pada Industri Rumah Tangga: Upaya Menjawab Tantangan di Era Disrupsi
DOI:
https://doi.org/10.59086/jpm.v1i3.186Keywords:
branding, digital marketing, industri rumah tangga, label., strategi pemasaran, era disrupsiAbstract
Disruption era dalam faktanya memberikan ruang terbuka terhadap perubahan sistem dan tatanan masyarakat secara luas dan dalam segala bidang. Fenomena perubahan ini harus direspon serius oleh para pelaku usaha kecil menengah dalam upaya mempersiapkan diri menghadapi persaingan usaha yang semakin terbuka, tidak terkecuali oleh usaha yang dijalani mitra. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan branding dan digital marketing di Industri Rumah Tangga (IRT) budi daya lebah madu hutan akasia, di Dusun Makmur, Desa Lanci Jaya, Dompu, Nusa Tenggara Barat, sebagai upaya menjawab tantangan perubahan di era disrupsi. Kegiatan pendampingan dilakukan secara online baik dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan pendampingan, hingga diskusi terkait evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan pendampingan ini adalah terbentuknya desain label (brand) dari produk yang akan dipasarkan oleh mitra dan juga terbentuknya akun instagram (Al-Mahdu) sebagai media promosi dan pemasaran online. Dampak lain dari kegiatan pendampingan ini yaitu terbentuknya pola pikir (mindset) baru dari mitra terkait brand dan strategi pemasaran, dimana dua hal tersebut saling berkelindan dan merupakan aset yang sangat berharga di dalam keberlangsungan usaha.
References
M. Nastain, “Branding dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding dan Tantangan Eksistensi Produk),” Channel, vol. 5, no. 1, pp. 14–26, 2017.
A. Wardhana, “Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia,” in Prosiding Seminar Nasional Forum Keuangan dan Bisnis IV, 2015, pp. 327–337. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/327069950
D. Amalia and H. Maemunah, “Peningkatan Pendapatan Dan Daya Saing Produk Pada Usaha Mikro Melalui Strategi Packing, Branding, Dan Online Marketing (Peyek Mbak Anna Ponorogo Jawa Timur),” Cendekia Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 30–37, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA
K. D. Wijanarko, Sarwido, M. I. Sugiarti, M. I. Erdiyansyah, and Darnoto, “Pemanfaatan Digital Marketing Dan Penerapan Branding Kemasan Dalam Pengembangan Umkm Kripik Tempe Saginah Desa Suwawal,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 89–94, 2022.
P. Sukmasetya, H. Apriyani, T. Wahyuni, B. S. Wulan, W. Nugroho, and A. H. Ardiyansah, “Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 4, no. 3, 2021.
D. Sasongko, P. M. Yuliawati, R. Nurhidayah, R. G. Utomo, A. Setyawan, and K. Suciati, “Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, vol. 7, no. 1, pp. 68–73, 2021.
N. R. Hanun, H. Fitriyah, A. S. Fitrani, A. P. Hidayat, and H. Handayani, “Optimalisasi Branding Produk dan Digital Marketing pada Karang Taruna Desa Keboan Anom,” Community Empowerment, vol. 6, no. 2, pp. 285–290, Jan. 2021, doi: 10.31603/ce.4402.
D. Sasongko, I. R. Putri, V. N. Alfiani, S. D. Qiranti, R. S. Sari, and P. E. Allafa, “Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung,” Jurnal Ilmiah Pangabdhi, vol. 6, no. 2, pp. 92–96, Oct. 2020, doi: 10.21107/pangabdhi.v6i2.7809.
S. Mas’ula, M. Laviola, and T. Novellita, “Branding dan Digital Marketing untuk Pengembangan Umkm Minuman Sari Buah Stroberi,” in Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SINAPMAS), 2021, pp. 252–257.
D. R. Indika and C. Jovita, “Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen,” Jurnal Bisnis Terapan, vol. 1, no. 1, pp. 25–32, 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Medani Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.