Penerapan Digital Printing dan Pemasaran Online pada Karangtaruna Bhakti Utama Lamperkidul

Authors

  • Rani Raharjanti Politeknik Negeri Semarang
  • Afiat Sadida Politeknik Negeri Semarang
  • Sri Murtini Politeknik Negeri Semarang
  • Budhi Adhiani Christina Politeknik Negeri Semarang
  • Mardinawati Mardinawati Politeknik Negeri Semarang
  • Sarana Sarana Politeknik Negeri Semarang
  • Eka Murtiasri Politeknik Negeri Semarang
  • Muhammad Noor Ardiansah Politeknik Negeri Semarang
  • Ulfah Hidayati Politeknik Negeri Semarang
  • Agus Suwondo Politeknik Negeri Semarang
  • Ahmad Wafa Mansur Politeknik Negeri Semarang
  • Prima Ayundyayasti Politeknik Negeri Semarang
  • Rangga Permana Politeknik Negeri Semarang
  • Humam Rosyadi Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59086/jpm.v4i1.1034

Keywords:

Tchnology, Packaging design, Online marketing

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu mitra untuk memecahkan kendala dan permasalahan dalam proses produksi dan pemasaran. Karang Taruna "Bhakti Utomo" Desa LAMPERKIDUL merupakan salah satu Karangtaruna di daerah Lamper Kidul dengan 30 anggota dan bergerak di bidang Kerajinan Tangan, Sablon Kaos, Oleh-oleh Semarang. Sablon kaos belum memenuhi pangsa pasar karena masih banyak kekurangan, dan hasilnya kurang menarik. Masalah lainnya adalah kurangnya pengalaman dan pengetahuan tentang teknologi digital printing untuk sablon T-shirt yang semakin maju dan tidak lagi manual. Masih menggunakan alat sablon manual, dan belum memiliki media sosial sebagai pemasaran produk anak muda sebagai media untuk meningkatkan pendapatan anak muda Hasil pengabdian masyarakat ini adalah desain sablon kaos yang telah dirancang oleh tim pengabdian masyarakat dan media sosial untuk pemasaran online
 
The purpose of this community service is to help partners to solve obstacles and problems in the production and marketing process. Karang Taruna “Bhakti Utomo” LAMPERKIDUL Village is one of the Karangtaruna in the Lamper Kidul area with 30 members and is engaged in Handicraft, T-shirt Screen Printing, Semarang souvenirs. T-shirt screen printing has not met the market share because there are still many shortcomings, and the results are less attractive. Another problem is the lack of experience and knowledge about digital printing technology for T-shirt screen printing which is increasingly advanced and no longer manual. Still using manual screen printing tools, and do not yet have social media as marketing for youth products as a medium to increase youth income The results of this community service are t-shirt screen printing designs that have been designed by the community service team and social media for online marketing
 

References

A. Santoso, R. Fitriani, and P. Wicaksono, ‘Pelatihan Digital Printing untuk Peningkatan Kualitas Produk UMKM’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), vol. 7, no. 2, pp. 123–130, 2022.

A. H. Putra and F. Mulyono, ‘Pemanfaatan Teknologi Digital Printing dalam Industri Kreatif’, Jurnal Teknologi dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 78–85, 2021.

M. R. Yuliana and N. Astuti, ‘Pelatihan Pembuatan Desain Kaos menggunakan Aplikasi Canva dan Teknik Sablon’, Jurnal Abdi Kreatif, vol. 2, no. 1, pp. 67–73, 2023.

D. S. Prabowo and H. Kurniawan, ‘Pemberdayaan Karang Taruna dalam Meningkatkan Kewirausahaan Berbasis Digital’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 4, no. 3, pp. 198–205, 2020.

N. Hasanah, E. Widodo, and L. M. Sari, ‘Pelatihan Sablon Kaos Digital untuk Meningkatkan Kreativitas Remaja Karang Taruna’, Jurnal Mitra Pengabdian Masyarakat (JMPM), vol. 1, no. 2, pp. 90–96, 2023.

A. Rachman, ‘Transformasi UMKM di Era Digital: Peran Komunitas Pemuda’, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 155–162, 2021.

L. S. Wulandari and M. R. Hidayat, ‘Peningkatan Daya Saing UMKM melalui Digital Marketing’, Jurnal Abdi Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 45–52, 2021.

S. N. Dewi and R. P. Lestari, ‘Digital Marketing untuk Pemula: Pendampingan UMKM melalui Instagram dan Marketplace’, Jurnal ABDIMAS, vol. 6, no. 1, pp. 134–141, 2022.

Downloads

Published

08/13/2025

How to Cite

Raharjanti, R., Sadida, A., Murtini, S., Christina, B. A., Mardinawati, M., Sarana, S., Murtiasri, E., Ardiansah, M. N., Hidayati, U., Suwondo, A., Mansur, A. W., Ayundyayasti, P., Permana, R., & Rosyadi, H. (2025). Penerapan Digital Printing dan Pemasaran Online pada Karangtaruna Bhakti Utama Lamperkidul. Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 24–29. https://doi.org/10.59086/jpm.v4i1.1034

Issue

Section

Articles