Pelatihan Manajemen Usaha Dalam Meningkatkan Usaha UMKM Kuliner

Authors

  • Ali Hardana IAIN Padangsidimpuan
  • Ja’far Nasution IAIN Padangsidimpuan
  • Arti Damisa IAIN Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.59086/jpm.v1i1.87

Keywords:

digital marketing, keuangan, perencanaan, UMKM

Abstract

Jumlah Usaha Mikro Kecil serta Menengah (UMKM) ialah bagian yang besar dari pelaksana ekonomi secara totalitas. Tetapi pertumbuhan UMKM yang berkaitan dengan kemajuan teknologi masih belum sesuai harapan. Proporsi UMKM yang memakai penjualan online masih rendah. Perihal itu diakibatkan oleh masih banyak UMKM yang belum memahami secara teknis tatacara penjualan online. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan keahlian UMKM dalam manajemen secara universal, pemasaran digital dan pencatatan keuangan. Pengembangan dan peningkatan yang dilakukan berupa pengembangan ketrampilan pembuatan perencanaan pemasaran, pemasaran digital dan pemahaman pencatatan keuangan sehingga dapat berguna dalam mengembangkan usaha yang akan dijalankan di kemudian hari. Partisipan pelatihan sebanyak 34 usaha mikro, sebagian besar merupakan usaha kuliner yang diberi pelatihan manajemen yang mereka butuhkan. Hasil yang diperoleh dari aktivitas ini merupakan terjadinya mitra binaan kuliner yang lebih maju dalam pengelolaan serta penjualan produk secara online.

References

J. Ahmad, A. ul Hasan, T. Naqvi, and T. Mubeen, “A Review on Software Testing and Its Methodology,” Manag. J. Softw. Eng., vol. 13, no. 1, pp. 32–38, 2019, doi: 10.26634/jse.13.3.15515.

E. A. Shams and A. Rizaner, “A novel support vector machine based intrusion detection system for mobile ad hoc networks,” Wirel. Networks, vol. 24, no. 5, pp. 1821–1829, 2018, doi: 10.1007/s11276-016-1439-0.

Indonesia, K. K. dan U. K. M. Tantangan Dan Strategi Transformasi Umkm Masa Depan, 2021.

Kotler, P., & Keller, K. L. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 2 (Edisi 12 J). PT Indeks, Jakarta, 2008.

BN, Marbun, Kamus Manajemen, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2003.

Hardana, Ali, dkk. Pengaruh Rasio Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia. doi: 10.37253/gfa.v6i1.6452.

Eva, indah, dkk. Determinants Of Customer Loyalty. doi: 10.24952/jsb.v2i1.

Downloads

Published

04/01/2022

How to Cite

Hardana, A., Nasution, J. ., & Damisa, A. . (2022). Pelatihan Manajemen Usaha Dalam Meningkatkan Usaha UMKM Kuliner. Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.59086/jpm.v1i1.87

Issue

Section

Articles