Pelatihan Manajemen Usaha Dalam Meningkatkan Usaha UMKM Kuliner
DOI:
https://doi.org/10.59086/jpm.v1i1.87Keywords:
digital marketing, keuangan, perencanaan, UMKMAbstract
Jumlah Usaha Mikro Kecil serta Menengah (UMKM) ialah bagian yang besar dari pelaksana ekonomi secara totalitas. Tetapi pertumbuhan UMKM yang berkaitan dengan kemajuan teknologi masih belum sesuai harapan. Proporsi UMKM yang memakai penjualan online masih rendah. Perihal itu diakibatkan oleh masih banyak UMKM yang belum memahami secara teknis tatacara penjualan online. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan keahlian UMKM dalam manajemen secara universal, pemasaran digital dan pencatatan keuangan. Pengembangan dan peningkatan yang dilakukan berupa pengembangan ketrampilan pembuatan perencanaan pemasaran, pemasaran digital dan pemahaman pencatatan keuangan sehingga dapat berguna dalam mengembangkan usaha yang akan dijalankan di kemudian hari. Partisipan pelatihan sebanyak 34 usaha mikro, sebagian besar merupakan usaha kuliner yang diberi pelatihan manajemen yang mereka butuhkan. Hasil yang diperoleh dari aktivitas ini merupakan terjadinya mitra binaan kuliner yang lebih maju dalam pengelolaan serta penjualan produk secara online.
References
J. Ahmad, A. ul Hasan, T. Naqvi, and T. Mubeen, “A Review on Software Testing and Its Methodology,” Manag. J. Softw. Eng., vol. 13, no. 1, pp. 32–38, 2019, doi: 10.26634/jse.13.3.15515.
E. A. Shams and A. Rizaner, “A novel support vector machine based intrusion detection system for mobile ad hoc networks,” Wirel. Networks, vol. 24, no. 5, pp. 1821–1829, 2018, doi: 10.1007/s11276-016-1439-0.
Indonesia, K. K. dan U. K. M. Tantangan Dan Strategi Transformasi Umkm Masa Depan, 2021.
Kotler, P., & Keller, K. L. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 2 (Edisi 12 J). PT Indeks, Jakarta, 2008.
BN, Marbun, Kamus Manajemen, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2003.
Hardana, Ali, dkk. Pengaruh Rasio Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia. doi: 10.37253/gfa.v6i1.6452.
Eva, indah, dkk. Determinants Of Customer Loyalty. doi: 10.24952/jsb.v2i1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Medani Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Medani Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.