Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Dan Peningkatan Kualitas Interaksi Pada Pembelajaran Daring Bagi Guru SD Dan SMP Di YPI Amir Hamzah Kota Medan

Authors

  • Ratih Baiduri Universitas Negeri Medan
  • Sulian Ekomila Universitas Negeri Medan
  • Utami Nurhafsari Universitas Negeri Medan
  • Shofia Mawaddah Universitas Negeri Medan
  • Andalucia Andalucia Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59086/jpm.v1i2.127

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Kualitas, Interaksi

Abstract

Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama YPI Amir Hamzah adalah sekolah yang menjadi sasaran program pengabdian dan pemberdayaan yang dilandasi oleh permasalahan dalam bidang pendidikan di era pandemi covid-19. Kompetensi pedagogik guru dan menurunnya kualitas interaksi pembelajaran menjadi suatu masalah. Perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka ke sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan daring (online) berdampak pada perubahan efisiensi dan efektifitas dalam proses transfer materi pembelajaran. Ketidakmampuan pendidik (guru) dalam membentuk kualitas interaksi pembelajaran yang ideal sehingga proses yang seharusnya mendukung anak belajar dan mengkonstruk pengetahuannya menjadi terabaikan. Metode pengabdian dan pemberdayaan ini dilakukan dalam 2 tahap, yaitu 1) sosialisasi tentang pemberdayaan lompetensi pedagogik guru dan peningkatan kualitas interaksi pada pembelajaran daring dan 2) pelatihan pelatihan dan pendampingan yang melalui 3 (tiga) langkah simulasi, yaitu: Simulasi Kemampuan Reflektif, Simulasi Kompetensi Pedagogik, Simulasi Pengkondisian Interaksi Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring (Online) yang Efektif dan Efisien. Hasil dari pengabdian dan pemberdayaan ini ialah tercapainya kompetensi yang diharapkan bagi para guru di SD dan SMP YPI Amir Hamzah dalam pemberdayaan kompetensi pedagogik dan meningkatnya kualitas interaksi selama proses pembelajaran daring (dalam jaringan).

References

Bilfaqih, Y. 2015, Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring, Deepublish.

Darmawan, D. Toto, R. 2020, Pembelajaran Jarak Jauh Pendekatan & Implementasi VCDLN, Teknologi Televisi dan E-Learning Blended, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri. "Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000." Strategi Belajar Mengajar (2010).

https://raharja.ac.id/2020/11/17/apa-itu-pembelajaran-jarak-jauh (accessed July, 2021)

Mas’udi, W. Winanti, Poppy, S. 2020, New Normal : Perubahan Sosial Ekonomi dan Politik Akibat COVID-19, Yogyakarta, Gajah Mada University Press.

Sarwa, S. 2021, Pembelajaran Jarak Jauh : Konsep, Masalah dan Solusi, Indramayu, CV. Adanu Abimata.

Setyosari, P. 2016, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta, Prenadamedia Group.

Sudaryono, 2016, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta, Prenadamedia Group.

Yamin, Martinis. "Profesionalisasi guru dan implementasi KTSP." (2007): 5-7.

Downloads

Published

08/16/2022

How to Cite

Baiduri, R., Ekomila, S. ., Nurhafsari, U. ., Mawaddah, S. ., & Andalucia, A. (2022). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Dan Peningkatan Kualitas Interaksi Pada Pembelajaran Daring Bagi Guru SD Dan SMP Di YPI Amir Hamzah Kota Medan. Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.59086/jpm.v1i2.127