Pendampingan Literasi Pembelajaran Dan Pengemasan Bahan Ajar Berbasis Digital Bagi Guru Di SMA YPI Amir Hamzah Kota Medan

Authors

  • Sulian Ekomila Universitas Negeri Medan
  • Nuraini Universitas Negeri Medan
  • Trisni Andayani Universitas Negeri Medan
  • Payerli Pasaribu Universitas Negeri Medan
  • Waston Malau Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59086/jpm.v1i2.124

Keywords:

Pendampingan Literasi, Pembelajaran Digital, Pengemasan, Bahan Ajar

Abstract

Sekolah Menengah Atas YPI Amir Hamzah adalah sekolah yang menjadi sasaran program pengabdian dan pemberdayaan yang dilandasi oleh permasalahan dalam bidang pendidikan di era pandemi covid-19. Sistem pembelajaran dan pengemasan bahan ajar menjadi salah satunya. Perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka ke sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan daring (online) berdampak pada perubahan efisiensi dan efektifitas dalam proses transfer materi pembelajaran. Pengemasan bahan ajar yang sesuai dan efektif pada PJJ juga menjadi problematika yang dihadapi secara umum oleh tenaga pendidik di sekolah, termasuk bagi guru- guru di SMA YPI Amir Hamzah. Pengabdian dan pemberdayaan ini bertujuan untuk mendampingi guru-guru di SMA YPI Amir Hamzah dalam proses transisi pelaksanaan pembelajaran. Transisi itu dimulai dari metode pembelajaran konvensional dengan pemberian modul sederhana dan Lembar Keja Peserta Didik dengan beralih pada peningkatan literasi pembelajaran digital dan pengemasan bahan ajarnya. Metode pengabdian dan pemberdayaan ini dilakukan dalam 2 tahap, yaitu 1) sosialisasi tentang literasi digital untuk pembelajaran daring dan 2) pelatihan pendampingan (coaching clinic) tentang pengemasan bahan ajar berbasis digital untuk pembelajaran daring. Hasil dari pengabdian dan pemberdayaan ini ialah tercapainya kompetensi yang diharapkan bagi para guru di SMA YPI Amir Hamzah dalam hal sistem pembelajaran dan pengemasan bahan ajar yang sesuai dengan konsep efisiensi dan efektifitas dalam proses transfer materi pada peserta didik.

 

References

Bilfaqih, Y. (2015), Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring, Deepublish.

Darmawan, D. Toto, R. (2020), Pembelajaran Jarak Jauh Pendekatan & Implementasi VCDLN, Teknologi Televisi dan E-Learning Blended, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Mas’udi, W. Winanti, Poppy, S. (2020), New Normal : Perubahan Sosial Ekonomi dan Politik Akibat COVID-19, Yogyakarta, Gajah Mada University Press.

Sarwa, S. (2021), Pembelajaran Jarak Jauh : Konsep, Masalah dan Solusi, Indramayu, CV. Adanu Abimata.

Setyosari, P. (2016), Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta, Prenadamedia Group.

Sholeh, M. (2019), Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung. Jurnal Abdimas BSI, 2(1), 1–9.

Sudaryono, (2016), Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta, Prenadamedia Group.

Zainiyati, H, S. (2017), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT : Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama, Jakarta, Prenadamedia Group.

Downloads

Published

08/16/2022

How to Cite

Ekomila, S., Nuraini, Andayani, T., Pasaribu, P., & Malau, W. (2022). Pendampingan Literasi Pembelajaran Dan Pengemasan Bahan Ajar Berbasis Digital Bagi Guru Di SMA YPI Amir Hamzah Kota Medan. Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.59086/jpm.v1i2.124