Optimalisasi Pembuatan Brownies Untuk Penguatan Ekonomi Dan Media Sosial Pemasaran Pokdawis Kelurahan Lamperkidul Semarang

Authors

  • Afiat Sadida Politeknik Negeri Semarang
  • Sarana Sarana Politeknik Negeri Semarang
  • Agus Suwondo Politeknik Negeri Semarang
  • Sartono Sartono Politeknik Negeri Semarang
  • Manarul Fatati Politeknik Negeri Semarang
  • Edi Widjayanto Politeknik Negeri Semarang
  • Th. Tyas Listyani Politeknik Negeri Semarang
  • Atif Windawati Politeknik Negeri Semarang
  • Prima Ayundyayasti Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59086/jpm.v4i1.1045

Keywords:

Pengolahan makanan kue, Resep kue, Pemasaran online

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah membantu mitra untuk meningkatkan ketrampilan dalam membuat brownies guna meningkatkan penguatan ekonomi pokdawis Kelurahan Lamperkidul serta membuat media sosoal online sebagai sarana pemasarana. Pokdawis Kelurahan Lamperkidul mempunyai kegiatan pengolahan bank sampah, pengolahan limbah minyak goreng serta pengolahan pakaian pantas pakai. Dari pengolahan makanan, pokdawis Lamperkidul masih mengandalkan menu-menu makan tradisional sehingga kalah bersaing dengan makakan yang ada di pasar tradisional. Permasahalan yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan aneka olahan brownies beserta bahan-bahan pendukungnya. Selama ini hanya membuat olahan pangan tradisional serta masalah yang kedua adalah serta belum memiliki media sosial sebagai pemasaran produk sebagai media untuk meingkatkan pendapatan pokdawis. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah alat memaska kue serta resep masakan kue dan media social Instagram sebagai media pemasaran secara online
 
The purpose of this community service is to help partners to improve skills in making brownies to increase the economic strengthening of the Lamperkidul Village pokdawis and create online social media as a means of marketing. Pokdawis of Lamperkidul Village has activities of processing waste banks, processing cooking oil waste and processing appropriate clothing. From food processing, Lamperkidul pokdawis still rely on traditional food menus so that they lose competition with food in traditional markets. The problem faced is the lack of knowledge of various processed brownies and their supporting ingredients. So far, it has only made traditional food preparations and the second problem is that it does not have social media as product marketing as a medium to increase pokdawis income. The result of this community service is a cake making tool as well as cake cooking recipes and Instagram social media as an online marketing medium
 

References

http://lamperkidul.semarangkota.go.id/profilkelurahan

https://www.semarangkota.go.id/p/1391/safari_pembentukan_

https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/197534/gerai-kopi-dan-mi- diharapkan-picu-perkembangan-umkm

repository.petra.ac.id/16590/1/Publikasi1_99015_1276.pdf

eprints.dinus.ac.id/11698/1/abstrak_10378.pdf

jurnal.unej.ac.id/index.php/JAUJ/article/view/1408/1159

digilib.binadarma.ac.id/download.php?id=1494

is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/file/download_file/1393

elib.unikom.ac.id/download.php?id=192879

iltekuim.org/jurnal/jurnal/7.%20Afifah%20(5).pdf

download.portalgaruda.org/article.php?article=67298&val=347

Downloads

Published

08/13/2025

How to Cite

Sadida, A., Sarana, S., Suwondo, A., Sartono, S., Fatati, M., Widjayanto, E., Listyani, T. T., Windawati, A., & Ayundyayasti, P. (2025). Optimalisasi Pembuatan Brownies Untuk Penguatan Ekonomi Dan Media Sosial Pemasaran Pokdawis Kelurahan Lamperkidul Semarang . Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 19–23. https://doi.org/10.59086/jpm.v4i1.1045

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)