Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Al- Qur’an Hadits Terhadap Metakognisi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v2i3.226Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Guru, MetakognisiAbstract
Permasalahan adalah masih relatif rendah. hal ini dibuktikan dari hasil observasi di MTS AL-Mu’min Dogang bahwa masih banyak siswa yang tidak bisa mengatur strategi belajar yang tepat dalam memahami pembelajaran Al-qur’an Hadits terutama dalam cara menghafal ayat-ayat Al-qur’an dengan baik dan benar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. sampel total yang digunakan dari populasi adalah 56 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket, Angket disusun berdasarkan indikator kompetensi pedagogik guru al-Qur’an Hadits dan metakognisi siswa. Hasil penelitian ini memperoleh data kompetensi pedagogik guru dengan nilai rata-rata hitung sebesar 35,08 dan metakognisi siswa dengan nilai rata-rata hitung sebesar 34,76. Uji normalitas pada variabel X dengan nilai Kolmogorov Smirnov 0,200 > probabilitas 0,05 dan variabel Y dengan nilai Kolmogorov Smirnov 0,056 > probabilitas 0,05. dengan demikian data tersebut normal. Selanjutnya uji Homogenitas nilai signifikan (deviation from linearity) menunjukkan lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,245. Maka homogen, Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana yang telah dilakukan, maka didapat pada nilai signifikansi 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Maka dilihat dari dasar pengambilan keputusan uji t yaitu jika nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka H???? diterima yang berarti terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y. maka dapat disimpulka bahwa terdapat pengaruh positif antara kompetensi pedagogik guru terhadap metakognisi siswa dengan kontribusi sebesar 65% dan sisanya sebesar 35% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti media dan sumber belajar.
References
Amrullah, D. d. (2017). Pendidikan Islam . Malang: UIN-Malang Press.
Azzet, A. M. (2017). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia . Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Daradjat, Z. (2018). Metodologi Pengajaran Agama Islam . Jakarta : PT Bumi..Aksara.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Syarifudin, T. (2016). Landasan Pendidikan Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.
Wahyuni, B. d. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wibowo, T. (2017). Psikologi Pendidikan pada Metakognisi siswa. Jakarta: Kencana.
Yamin, M. (2018). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi Publising.
Febriyanni, R., Wiguna, S., Arafah, N., & Akmalia, R. (2021). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP Di MAS Al-Ikhwan Serapuh. 5(2), 211–222.
Febriyanni, R., Wiguna, S., & Esa, M. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ( Ptk ) Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Di Sdn 050734 Tanjung Pura LangkaT. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4).
satria wiguna. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling Islam (1st ed.). CV Pustaka Media Guru Indonesia.
Wiguna, S. (2021). Aplikasi anates dalam evaluasi pembelajaran. CV. Pena Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizki Abdillah, Satria Wiguna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.