Pengaruh Beasiswa Pendidikan Pada Program Indonesia Pintar (PIP) Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlak
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v2i3.217Keywords:
Beasiswa Pendidikan, PIP, Minat BelajarAbstract
aat ini banyak anak yang usia sekolah tidak lagi berada pada lingkup sekolah, kebanyakan mereka bekerja karena ketidak mampuan orang tua dalam membiayai sekolah, sehingga mereka terpaksa bekerja di usia muda. Oleh karena itu pemerintah kabupaten Langkat melalui programnya memberikan peluang bagi masyarakat kurang mampu untuk meneruskan cita-citanya melaui sekolah. Seperti pada umunya dapat dibantu membiayai melalui Kartu Indonesia Pintar atau program Indonesia Pintar dan sejenisnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuatitatif. Populasi 28 orang siswa dan mengambil sampling total (100%) berjumlah 28 orang siswa. Metode pengumpulan data dengan mengguakan instrumen angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian bahwa Beasiswa Pendidikan Pada Program Indonesia Pintar (PIP) terhadap minat belajar Akidah Akhlak di MTS Alwashliyah Kecamatan Babalan dari hasil perhitungan korelasi korelasi variabel X terhadap Variabel Y diperoleh nilai sebesar 0,709. Sedangkan nilai yang ada pada tabel nilai product moment pada df 26 (28) dengan tingkat signifikan 5 % (0,05) menunjukkan 0,374. Nilai dari perhitungan lebih besar dari nilai baku pada df 26. Berdasarkan hipotesis alternatif ( dalam penelitian ini bahwa Beasiswa Pendidikan Pada Program Indonesia Pintar (PIP) berkontribusi positif terhadap Minat belajar Akidah Akhlak siswa yang beragama Islam di MTS Alwashliyah Kecamatan Babalan memiliki korelasi yang kuat atau tinggi
Currently, many children of school age are no longer in school, most of them work because their parents are unable to pay for school, so they are forced to work at a young age. Therefore, the Langkat district government, through its program, provides opportunities for underprivileged communities to continue their dreams through schools. As in general, financial assistance can be helped through the Smart Indonesia Card or the Smart Indonesia program and the like. The type of research used is quantitative research. The population was 28 students and the total sampling (100%) was 28 students. The data collection method uses questionnaire instruments, observation, interviews and documentation. The data analysis technique uses simple linear regression analysis. The results of the research show that the Education Scholarship for the Smart Indonesia Program (PIP) on interest in learning Aqidah Akhlak at MTS Alwashliyah, Babalan District, from the results of calculating the correlation between variable Meanwhile, the r_xy value in the table of r_xy product moment values at df 26 (28) with a significance level of 5% (0.05) shows 0.374. The r_xy value from the calculation is greater than the standard r_xy value at df 26. Based on the alternative hypothesis (H_a) in this study, the Educational Scholarship in the Smart Indonesia Program (PIP) contributes positively to the interest in learning the Aqidah Akhlak of Muslim students at MTS Alwashliyah, Babalan District. strong or high correlation
References
Martha. (2018). Beasiswa Program Indonesia Pintar Dalam negeri. Jakarta: Media Publisling.
Sudirman. (2018). Program Beasiswa Pendidikan Indonesia. Bandung: Media Guru.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Febriyanni, R., Wiguna, S., Arafah, N., & Akmalia, R. (2021). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP Di MAS Al-Ikhwan Serapuh. 5(2), 211–222.
Wiguna, S. (2019). Implementasi Methodbuzz Group Dalam Hasil Belajarluring Akidah Akhlak Di Kelas Viii Mtsmiftahul Jannah Tanjung Pura. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1, 150–161. https://doi.org/10.47476/reslaj.v1i2.373
Wiguna, S. (2021). Aplikasi anates dalam evaluasi pembelajaran. CV. Pena Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abdul Razak, Satria Wiguna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.