Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fashion di Tiktok Shop pada Pengguna Aplikasi Tiktok

Authors

  • Zihan Andriani Universitas muhammadiyah Sumatera Utara
  • Satria Mirsya Affandy Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59086/jeb.v2i2.300

Keywords:

Service quality, Price, Promotion , Purchasing Decisions

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian fashion di tiktok shop pada pengguna aplikasi tiktok di lingkungan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan, harga dan promosi berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian fashion di tiktok shop pada pengguna aplikasi tiktok pada seluruh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Populasi penelitian pada seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang sudah pernah berbelanja di tiktok shop, sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data melalui angket (kuesioner) dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda serta pengolahan data menggunakan software SPSS versi 23.00. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian fashion di tiktok shop, ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian fashion di tiktok shop, tidak ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian fashion di tiktok shop. Nilai R-Square sebesar 0,308 atau 30,8% menunjukkan kontribusi kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap keputusan keputusan pembelian fashion di tiktok shop dan sisanya 69,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian: secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian fashion di tiktok shop, promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan keputusan pembelian fashion di tiktok shop, harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan keputusan pembelian fashion di tiktok shop.

 

This study aims to determine the effect of service quality, price and promotion on fashion purchasing decisions at the tiktok shop on users of the tiktok application in the student environment, Muhammadiyah University of North Sumatra. The problem in this study is whether the quality of service, price and promotion affect fashion purchasing decisions at the tiktok shop for users of the tiktok application at students, Muhammadiyah University of North Sumatra. The population of this study was all students of the Muhammadiyah University of North Sumatra who had shopped at the tiktok shop, the sample of this study was 100 respondents. Data collection techniques through questionnaires (questionnaires) and data analysis using multiple linear regression analysis and data processing using SPSS version 23.00 software. The results of multiple linear regression analysis show that there is an influence of service quality on fashion purchasing decisions at tiktok shop, there is an influence of price on fashion purchasing decisions at tiktok shop, there is no influence of promotion on fashion purchasing decisions at tiktok shop. The R-Square value of 0.308 or 30.8% shows the contribution of service quality, price and promotion to fashion purchasing decisions at tiktok shop and the remaining 69.2% is influenced by other variables not examined. Research conclusions: partially service quality has a significant effect on fashion purchasing decisions at tiktok shop, promotion has no significant effect on fashion purchasing decisions at tiktok shop, price has a significant effect on fashion purchasing decisions at tiktok shop.

References

Adi, D. O., Fathoni, A., & Hasiolan, L. B. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang. Journal of Management, 4(4), 1–22.

Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi ManajemenBisnis,1(02),133–140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73

Arif, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Fastfood Indonesia Store Kfc Raja Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 12–19,

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50.

Arif, M., & Sari, S. M. (2020). Pengaruh Country Of Origin, Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Pada Aplikasi Grab Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar Of Social Sciences Engineering & Humaniora, 19–28.

Ansari. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ponsel merek samsung. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242.

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume 4, 1–15.

Daulay, R., Handayani, S., & Ningsih, I. P. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmospheredan Sales Promotionterhadap Impulse Buying Konsumen Department Store Di Kota Medan. Journal Homepage, 1-14.

Fauzihah, N. (2017). 19. Pengaruh Potongan Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Mestika M.

Fadhilah, M. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Permen Milkita Pada PT UNITED FAMILY FOOD MEDAN. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Prosiding The National Conference On Management And Business (Ncmab), 690–705.

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa transportasi online di kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3 (1), 148–159.

Fahmi, M. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Tribun Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 65–72.

Gultom, D. K. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(1), 81–94

Jackson, R. S. W. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jackson R.S. Weenas - 1(4), 607–618. https://doi.org/2303-1174

Kodu, S. (2007). Harga, Kualitias, Produk dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Journal of Polymer Science, Part A: Polymer Chemistry, 45(8), 1432–1445. https://doi.org/10.1002/pola.21914

Lestari, N. K. D., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1), 137–145.

Lestari, S. (2015). Pengaruh Brand Equity Terhadap Customer Value Pada Pengguna Telepon Seluler Nokia Di Surabaya.

Lily, H., & Yurike, V. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika, 1(2338–7807), 11.

Murya, T. P., & Wulandari, A. (2016). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kandang Bandung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 229–236.

Nasution, S. M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Faktor Emosional Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. 2(1), 142–155.

Nasution, S. M. A., & Hendrawan, W. F. (2021). Pengaruh Harga , Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Piaggio Di Kecamatan Medan Marelan. 2, 83–92

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pada alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(1), 83–88.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga , Promosi , Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. 1(1), 165–173.

Nasution, R. K. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online (Studi Kasus pada Konsumen Shopee di Universitas Muhammadiah …. Umsu, 43. http://repositori.umsu.ac.id/xmlui/handle/123456789/6686

Pratama, Y. S. A., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Pelayanan,Harga Dan Promosi Tehadap Kepuasaan Pelanggan Grabfood. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(09), 77–90.

Riyono, & Budiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, 8(2), 92–121.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan : (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta. 115.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta. 11.

Tusanputri, A. V. (2021). Pengaruh Iklan dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-commerce Tiktok Shop The effect of advertising and free shipping programs on purchase decision on the tiktok shop e-commerce platform. 23(4), 632–639.

Yulia, R. R. (2016). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Rental ATIKA DVD Dan VCD KEDIRI. Ekonomi Akuntansi, 01(08), 1–13.

Downloads

Published

2023-06-17

How to Cite

Andriani, Z., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fashion di Tiktok Shop pada Pengguna Aplikasi Tiktok . Bursa : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 209–220. https://doi.org/10.59086/jeb.v2i2.300