Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Siti Aisyah Purti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Satria Mirsya Affandy Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera utara

DOI:

https://doi.org/10.59086/jeb.v2i3.351

Keywords:

Relationship Marketing, Customer Loyalty, Customer Satisfaction

Abstract

The main objective of this research is to examine the impact of Relationship Marketing on customer loyalty, with customer happiness as a mediating factor, in the context of PT. Multidaya Teknologi Nusantara is a company operating in the technology sector in Indonesia. Both directly and indirectly. This research uses quantitative methodology and statistical analysis, namely the use of partial least squares structural equation models (PLS-SEM) to carry out route analysis, including latent variables. Research findings show that Relationship Marketing has a statistically significant and beneficial impact on customer loyalty in the PT industry. Multidaya Teknologi Nusantara The impact of Relationship Marketing on PT customer satisfaction Multidaya Teknologi Nusantara is profitable and statistically significant. The impact of customer satisfaction on customer loyalty among PT customers Multidaya Teknologi Nusantara is positive and strong. There is no visible mediating or moderating effect of customer satisfaction on the relationship between Relationship Marketing and customer loyalty. The resulting corrected R-square value for the customer satisfaction variable is 0.375. This means that Relationship Marketing accounts for 52.5% of the variation in client loyalty. Therefore, the model is categorized as moderate.

 

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak pemasaran relasional terhadap loyalitas pelanggan, dengan kebahagiaan pelanggan sebagai faktor mediasi, dalam konteks PT. Multidaya Teknologi Nusantara adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi di Indonesia. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan menggunakan analisis statistik, yaitu penggunaan model persamaan struktural kuadrat terkecil parsial (PLS-SEM) untuk melakukan analisis rute termasuk variabel laten. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemasaran relasional memiliki dampak yang signifikan dan menguntungkan secara statistik terhadap loyalitas pelanggan di industri PT. Multidaya Teknologi Nusantara. Dampak pemasaran relasional terhadap kepuasan pelanggan PT. Multidaya Teknologi Nusantara menguntungkan dan signifikan secara statistik. Dampak kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di kalangan pelanggan PT. Multidaya Teknologi Nusantara adalah positif dan kuat. Tidak terlihat adanya pengaruh mediasi atau moderasi kepuasan pelanggan terhadap hubungan antara pemasaran relasional dan loyalitas pelanggan. Nilai Corrected R-Square yang dihasilkan untuk variabel kepuasan pelanggan sebesar 0,375. Ini berarti bahwa pemasaran relasional menyumbang 52,5% dari variasi dalam loyalitas klien. Oleh karena itu, model tersebut dikategorikan moderat.

References

Almira, M. D. (2021). Analisis Faktor Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Citra Produk, dan Tempat Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Toko Aini Fashion Kotapinang. Jurnal Manajemen Akuntansi (Jumsi), 1(3), 449–461.

Elvi, E. rahmi, & Nainggolan, N. P. (2023). Pengaruh Relationship Marketing, Perceived Quality dan Servicescape Terhadap Loyalitas Pelanggan De’ Kampung Cafe. ECo-Buss, 5(3), 946–959. https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.632

Fahmi, M., Prayogi, M. A., & Jufrizen. (2018). AQLI Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Jurnal Riset Sains Manajemen. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.1477534

Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metode Penelitian Bisnis : Konsep & Aplikasi.

Momuat, S. F., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Axa Financial Indonesia Kantor Pemasaran Manado. Jurnal Emba, 9(3), 252–260.

Mufidah, W. (2021). Pengaruh kelengkapan produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada toko tugu gede mayong. Jurnal Ekonomi Mahasiswa (JEKMA), 2(3), 1–9. https://books.google.co.id/books?id=MvI3EAAAQBAJ&hl=id

Mulyaningtiyas, R. D., Junaidi, M. A., & Wulandari, D. (2020). Pengaruh Relationship Marketing Dalam Trading Pupuk Urea Terhadap Loyalitas Pelanggan (Kasus Pada Pt Pupuk Kujang, Cikampek, Indonesia). SEIKO : Journal of Management & Business, 3(3), 156–165. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/736

Mutholib. (2016). Pengaruh Marketing Relationship Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Pada Ajb Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Medan Cabang Medan Baru. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(01), 52–65.

Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Raudhah, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.30829/raudhah.v5i2.182

Nasution, S. M. A., & Nasution, A. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional, Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–12.

Nurbakti, R., Beddu, M., & Runtu, M. R. G. (2022). Pengaruh Relationship Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT JNE Express Cabang Makassar. Jurnal Kewirausahaan, 8(3), 234–241. http://www.journal.stieamsir.ac.id/index.php/man/article/view/78

Prabowo, B. (2008). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Astra Surabaya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2), 92–97.

Rismayanti, E. (2021). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Produk terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja di Upmart Universitas PGRI Semarang. Jurnal Spirit Edukasia Special Edition, 19–23.

Santoso, L. R., & Japarianto, E. (2015). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Koran Kompas Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 3(1), 1–11.

Toriman, M., & Asnawati. (2016). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen, 8(1), 66–79. http://journal.feb.unmul.ac.id

Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 146. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i2.712

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Purti, S. A., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Bursa : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(3), 260–268. https://doi.org/10.59086/jeb.v2i3.351