Perencanaan Lahan Parkir Pada Masjid Agung At-Taqwa Kutacane

Authors

  • Harun Harasid Universitas Gunung Leuser

DOI:

https://doi.org/10.59086/jti.v4i2.1086

Keywords:

Perencanaan Parkir, Kebutuhan Ruang Parkir, Masjid Agung At-Taqwa, Satuan Ruang Parkir

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perencanaan kebutuhan lahan parkir untuk Masjid Agung At-Taqwa di Kutacane. Latar belakang penelitian didasari oleh permasalahan umum kurangnya fasilitas parkir di fasilitas umum, yang dapat menyebabkan parkir liar dan mengganggu kinerja lalu lintas di sekitarnya, terutama pada waktu sholat dan hari besar Islam. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menganalisis data sekunder seperti luas lahan, kapasitas masjid (3.500 jamaah), dan standar Satuan Ruang Parkir (SRP) untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Analisis dilakukan dengan menghitung kapasitas parkir yang dapat diakomodasi pada lahan eksisting di bagian depan dan samping masjid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total kapasitas parkir yang dapat direncanakan pada lahan eksisting adalah 201,1 SRP (terdiri dari 53,8 SRP untuk mobil dan 165,2 SRP untuk motor). Namun, ketika dibandingkan dengan kebutuhan berdasarkan kapasitas jamaah (menggunakan pendekatan standar parkir tempat olahraga), kebutuhan riil masjid ini diperkirakan lebih dari 790 SRP. Dengan demikian, disimpulkan bahwa lahan parkir yang ada belum memadai untuk menampung kendaraan jamaah. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan kepada panitia pembangunan masjid untuk mempertimbangkan penambahan lahan parkir guna memenuhi kebutuhan dan mencegah dampak parkir liar di sekitar kawasan masjid.


This research focuses on planning the need for parking space for the Great Mosque of At-Taqwa in Kutacane. The background of the research is based on the general problem of lack of parking facilities in public facilities, which can cause illegal parking and interfere with the performance of traffic around it, especially during prayer times and Islamic holidays. The research method uses a quantitative approach by analyzing secondary data such as land area, mosque capacity (3,500 worshippers), and Parking Space Unit (SRP) standards for two-wheeled and four-wheeled vehicles. The analysis was carried out by calculating the parking capacity that can be accommodated on the existing land in front and side of the mosque. The results of the study show that the total parking capacity that can be planned on existing land is 201.1 SRP (consisting of 53.8 SRP for cars and 165.2 SRP for motorcycles). However, when compared to the needs based on the capacity of worshippers (using the standard approach of parking sports venues), the real needs of this mosque are estimated to be more than 790 SRP. Thus, it was concluded that the existing parking lot was not adequate to accommodate pilgrims' vehicles. Therefore, this study recommends to mosque construction committees to consider adding parking lots to meet the needs and prevent the impact of illegal parking around the mosque area

References

Andika, R. (2022). Perencanaan fasilitas parkir pada kawasan fasilitas umum perkotaan. Jurnal Transportasi, 24(2), 115–124.

Andriansyah, H. (2020). Metodologi penelitian transportasi dan perencanaan kota. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, S., & Hidayat, R. (2020). Analisis kebutuhan fasilitas umum di kawasan perkotaan padat penduduk. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 18(1), 45–56.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1996). Pedoman teknis penyelenggaraan fasilitas parkir. Jakarta: Departemen Perhubungan.

Fauzan, M. (2021). Studi kebutuhan parkir pada kawasan pusat keagamaan di kota sedang berkembang. Jurnal Rekayasa Sipil dan Perencanaan, 12(3), 201–210.

Firnas, A. A. (n.d.). Perencanaan areal parkir Surabaya Sport Center (SSC). [Tugas akhir].

Hidayat, S. A., Saputra, E. L., Bowoputro, H., & Kusumaningrum, R. (n.d.). Studi perencanaan gedung parkir terpusat Universitas Brawijaya. [Tugas akhir].

Nasir, M., & Putri, A. (2017). Penyediaan lahan parkir pada fasilitas ibadah di kawasan perkotaan. Jurnal Transportasi Multimoda, 9(1), 33–42.

Rahayu, D., Santoso, B., & Lestari, W. (2019). Dampak keterbatasan lahan parkir terhadap kinerja lalu lintas perkotaan. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 7(2), 89–98.

Rullyindo, A. A. (2011). Studi evaluasi kapasitas parkir dan jalan di depan Mall Kota Surabaya dengan menggunakan sistem informasi geografi. [Tugas akhir].

Smith, J. (2018). Urban parking management and transportation planning. London: Routledge.

Widodo, P. (2021). Konsep perencanaan parkir sebagai bagian dari sistem transportasi perkotaan. Jurnal Infrastruktur Kota, 5(1), 71–80.

Zulkifli, H. (2018). Kajian kebutuhan parkir di masjid-masjid utama perkotaan. Jurnal Arsitektur dan Perencanaan Wilayah, 10(2), 145–154.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Harasid , H. (2025). Perencanaan Lahan Parkir Pada Masjid Agung At-Taqwa Kutacane. Impression : Jurnal Teknologi Dan Informasi, 4(2), 385–394. https://doi.org/10.59086/jti.v4i2.1086

Issue

Section

Articles