Peran Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Di Desa Mesjid, Kecamatan Batang Kuis

Authors

  • Nel Arianty Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Bima Ghafara Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59086/jpm.v1i3.193

Keywords:

Media Sosial, Peningkatan Pendapatan, UMKM

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat menuntut masyarakat untuk mulai mengenal dan selalu berhubungan dengan internet. Salah satu gaya hidup baru yang lahir adalah belanja melalui media sosial. Media sosial tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar, tetapi juga digunakan oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam menawarkan atau memasarkan produk. Tujuan kegiatan ini dilakukan untuk mengidentifikasi pemanfaatan media sosial dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM di Desa Mesjid, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Dari hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial dapat meningkatkan pendapatan UMKM, produk yang dipasarkan akan lebih mudah dikenal oleh konsumen sehingga memudahkan dalam mendapatkan konsumen. Adapun manfaat penggunaan media sosial dari kegiatan ini dapat menghemat biaya promosi serta meningkatkan proses pertukatan jual beli sehingga pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya saing bagi UMKM di Desa Mesjid, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang

References

Arianty, Nel, & Julita, J. (2021). “The Impact Of Social Media Use On SME Progress.” Journal of International Conference Proceding 4(2).

Arianty, N., & MD Masyhura. (2019). “Strategi Pemasaran Susu Kedelai Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga, Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 1(1):257–64.

Arianty, N., & Affan, G., S. M. (2021). “Benefits of Using Social Media and Product Quality to Consumer Buying Interest in MSME Products in Griya Martubung Large Village Medan Labuhan District During the Covid-19 Pandemic.” Journal of International Conference Proceedings 4(2):207–16.

Brosekhan, Abdul. (2015). “Consumer Buying Behaviour – A Literature Review.” Journal of Business and Management 2(2):08–12.

Dennis, Charles. (2009). “E-Consumer Behaviour. European.” Journal of Marketing Research

(10):1121–39.

Kotler, P., & K. L. College. (2009). Manajemen Pemasaran. Indonesia: Indeks.

Kotler, Philip, & Kevin L. Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition.

Mujiyana, L., Sularto. Sularto, and M. A. Mukhyi. 2012. “Pengaruh Penerapan Periklanan DI Internet Dan Pemasaran Melalui E-Mail Produk UMKM DI Wilayah Depok.” Jurnal TI Undip 3(7):161–68.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi.

Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Reimers, V., C. W., Chao. C., & S. Gorman. (2019). “Permission Email Marketing and Its Influence on Online Shopping.” Journal of Marketing and Logistics 2(28):308–22

Downloads

Published

12/04/2022

How to Cite

Arianty, N., & Ghafara, B. . (2022). Peran Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Di Desa Mesjid, Kecamatan Batang Kuis. Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 110–115. https://doi.org/10.59086/jpm.v1i3.193