Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Keputusan Konsumen

Authors

  • Edward Daniel Saputra Universitas Prima Indonesia
  • Noveria Purba Universitas Prima Indonesia
  • Ricky Rafii Ritonga Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59086/jak.v2i3.626

Keywords:

kualitas produk, kualitas layanan, harga, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada PT. Indomarco. Pristama Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan simple random sampling sebanyak 100 responden atau sampel dalam penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi pengolahan data SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Indomarco Pristama Medan. Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Indomarco Pristama Medan. Harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Indomarco Pristama Medan. Secara simultan menunjukkan kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Indomarco. Koefisien R Square yang disesuaikan sebesar 92,9 % menunjukkan bahwa variasi variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, layanan, kualitas, dan harga. Sedangkan sisanya sebesar 7,1% dipengaruhi oleh variabel independen lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini

This study aims to analyze and determine the effect of product quality, service quality, and price on consumer decisions in making purchases at PT. Indomarco Pristama Medan. Data collection by simple random sampling of 100 respondents or samples in this study. This research method uses multiple linear regression assisted by the application of SPSS 23 data processing. The results show that product quality has a positive and significant influence on consumer purchasing decisions at PT Indomarco Pristama Medan. Service quality has a negative and significant impact on consumer purchasing decisions at PT Indomarco Pristama Medan. Price has a positive and significant influence on consumer purchasing decisions at PT Indomarco Pristama Medan. Simultaneously shows product quality, service quality,y, and price have a positive and significant influence on consumer purchasing decisions at PT Indomarco Pristama Medan The adjusted R Square coefficient is 92.9% which shows that the variation of the purchasing decision variables can be explained by the variables of product quality, service, quality, and price. While the remaining 7.1% is influenced by other independent variables that cannot be explained in this study.

 

References

Algifari. (2015). Statistik Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Berman, B., & Evans, J. R. (2013). Retail Management: A Strategic Approach (12th ed.). Pearson.

Daga, A. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Gowa: Global Research and Consulting Institute.

Desiana, L., Lie, D., Efendi, E., & Sherly, S. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT Indomarco Prismatama (Indomarco) (Studi Kasus pada Mahasiswa Semester VIII Program S1 Manajemen STIE Sultan Agung Pematangsiantar). Jurnal Manajemen, 4(2), 62–71.

Desiana, N. (2018). Perilaku Konsumen: Teori dan Aplikasi dalam Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Ghozali, I., & Chariri, A. (2017). Teori Akuntansi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Grewal, D., Roggeveen, A. L., & Nordfält, J. (2017). The Future of Retailing. Journal of Retailing, 93(1), 1–6. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2016.12.008

Indrasari, M. (2019). Manajemen Pemasaran. Surabaya: Zifatama Publishing.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing (15th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing (18th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Levy, M., & Weitz, B. A. (2012). Retailing Management (8th ed.). McGraw-Hill.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior (12th ed.). Pearson.

Setiawan, H., & Sayuti, A. J. (2017). Effects of Service Quality, Customer Trust and Corporate Image on Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(4), 72–76.

Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Yogyakarta: Andi.

Vargo, S. L., & Lusch, R. F. (2004). Evolving to a New Dominant Logic for Marketing. Journal of Marketing, 68(1), 1–17. https://doi.org/10.1509/jmkg.68.1.1.24036

Wulandari, R. (2019). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Dalam Meithana Indrasari (Ed.), Manajemen Bisnis dan Pemasaran (hlm. 42–49). Surabaya: Zifatama Publishing.

Yoo, B., & Donthu, N. (2001). Developing and Validating a Multidimensional Consumer-Based Brand Equity Scale. Journal of Business Research, 52(1), 1–14. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00098-3

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Saputra, E. D., Purba, N., & Ritonga, R. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Keputusan Konsumen. Mandiri : Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 136–147. https://doi.org/10.59086/jak.v2i3.626